Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah

Bismillah..

Sebelumnya saya haturkan permohonan maaf sebesar-besarnya, karena di postingan sebelumnya, saya menyampaikan perkataan ustadz bahwa puasa tanggal 8 Dzulhijjah masih diragukan hukumnya, tetapi bila menemukan dasar yang kuat, monggo..

Ternyata.. baru saja melalui chat di FB, seorang mbak menyampaikan bahwa di forum yang lain, yaitu BILQIS (Belajar Ilmu Al-Quran dan Hadits) yang juga merupakan program dari IKADI, seorang ustadz di BILQIS yang juga mengajar di Ma’had Umar Bin Khottob, menjelaskan bahwa berpuasa dari hari ke-1 hingga ke-8 bulan Dzulhijjah juga merupakan sebuah amalan sunnah.

Empat hal yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wa sallam: [1] Puasa hari Asyura, [2] Puasa 1-8 zulhijjah, [3] 3 hari tiap bulan dan [4] dua rakaat sebelum fajar. (HR. Ahmad, Abu Daud dan Nasai).

Untuk dasar-dasar hukum yang lain, insyaAllah menyusul ya, saya baru menemukan satu hadits di atas. Jika mbak yang belajar di BILQIS sudah mendapat kiriman email tentang hal ini dari ustadz yang bersangkutan, insyaAllah akan saya share di sini juga. Karena barusan saya cari-cari di syarah Bulughul Maram juga belum ketemu..

Jadi, selagi awal Dzulhijjah masih tersisa.. ^__^ kita perbanyak puasa sunnah yuk, yaitu puasa sunnah pada 1-8 Dzulhijjah dan bagi yang tidak sedang melakukan ibadah haji, disunnahkan juga berpuasa Arafah pada 9 Dzulhijjah. (Kalau tidak salah, sejak maghrib tadi, hari ini sudah memasuki tanggal 6 Dulhijjah, betul tidak?)

Puasa hari Arafah itu menggugurkan dosa setahun sebelumnya dan setahun sesudahnya (HR. Muslim).

Wallahu a’lam.

Mohon dikoreksi apabila ada kekeliruan dalam posting ya kawan-kawan, saya senang kalau ada masukan atau share dari kawan-kawan, karena itu pertanda bahwa saya belajar bersama teman-teman :), dan itulah salah satu harapan dari lahirnya blog ini : Tempatku belajar banyak hal.

Hehe.. udah ah, malah curcol.. Baiklah, ayo Nisa segera belajar besok masih UTS dan materinya bejibun >__<

Selamat merangkul beragam keutamaan di sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah, sahabat! ;)

Imam Ahmad, Rahimahullah, meriwayatkan dari Umar Radhiyallahu ‘Anhuma, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “(Artinya) : Tidak ada hari yang paling agung dan amat dicintai Allah untuk berbuat kebajikan di dalamnya daripada sepuluh hari (DzulHijjah) ini. Maka perbanyaklah pada saat itu tahlil, takbir dan tahmid “.

About these ads

9 thoughts on “Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah

  1. he’em, puasa tanggal 8 ada yg menyebut puasa tarwiyah, insya Allah.

    sayang, tahun ini udzur puasa arofah sepertinya.

    Oiya dhek Nisa, kado anti lucu2, dah kupajang semuanya di kamarku, di rumah kami, di JOGJA. monggo maen lagi, mampir2 :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s