. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Yang Seru !! :: SKAL ~ Studi Tur asHooy…

on 18 November 2008

^^

Alhamdulillah… Sinna back to the real kehidupan. Setelah sekian hari mengikuti kegiatan madrasah yang wajib diikuti seantero murid kelas XII… Kegiatan yang bertajuk SKAL, kepanjangannya Studi Kenal Alam Lingkungan ini intinya kaya studi tur gitu sich… tapi kayaknya banyak ngelencernya daripada studinya… Huff… Sebenernya kami pengen ke Bandung-Jakarta, tapi ternyata gak sesuai ma kalender madrasah, ya wez.. akhirnya, ini jadi perjalananku ke Jogja yang keempat kalinya.. ^^ Semoga banyak manfaat yang bisa diambil, pelajaran yang bisa dipetik, dan kegembiraan yang dirasakan…
Hari Rabu, 12-11-2008… detik-detik keberangkatan kami ke JOGJA…!! TWIZZCOHOLIC udah pada gak sabar… pagi – pagi di kelas pada ngomongin packing n barang bawaan, sibuk juga ama jaket kelas yang baru jadi. Lucu lho, jaketnya… hehehe… Pas waktu dhuhur, sebelum kami pulang sekolah, hujan deras mengguyur dan menggerojok secara tiba-tiba.. Huyuh,, padahal aku pengen cepet-cepet pulang bwad ngelanjutin nyiapin barang bawaan n maw bli jajan n obat-obatan.. gimana neey.. Setelah menunggu sejenak, tinggal gerimis yang setia menemani langkahku. Ya wislah, nekat pulang dech… di rumah langsung shalat,makan,mandi, n finishing touch packingnya… jam 5 kurang aku suda berangkat ke sekul,,kumpul,, setelah melewati tetek bengek dan mulek2, seusai shalat isya, kami pun GO TO JOGJA!! Hurray!! Dapat bis nomor 4, baris ke-3 dari depan, di deret paling kanan.. senangnya… bisa lihat pemandangan!! YaaTTta…!!
Hari Kamis, 13-11-2008… setelah kurang lebih 8,5 jam badanku ketekuk di atas kursi bis, sampai juga di jogja.. abis shalat subuh, kami langsung jujuk PARANGTRITIS, di sana neliti PH air n wawancara… tapi kelompokku gak wawancara i… cuma ngerjain tugas yang PH doangz… hehehe.. ternyata PH air lautnya sedikit asam, n PH air di kamar mandi sekitar situ agak basa,, euh.. gak tau ding. Kayaknya,yang paling seru di situ seyh, pas lari-lari swaktu ombak datang, hehe… kusukses bikin celana n tasku basah separo n penuh dengan pasir, ada juga temenku yang jatuh pas ombak datang, jadi hampir basah semua. Aseek juga seh, twizzcoholic foto-foto buanyak banget di situ… hehe, bareng Pak Rosyad tetunya,,, kayaknya itu yang paling didemenin ma kami.. habis ngerjain tugas seneng-seneng di pantai, kami langsung mandi, pake seragam, n lanjut sarapan. Sekitar jam 9, kami sampai di ISI (Institut Seni Indonesia). Kami yang anak IPA menuju Fakultas Seni Media Rekam. Aku seneng, bisa belajar banyak di situ. Kata Pak Rosyad -wali kelasku-guru fisikaku-ketua panitia skal-, kita gak akan tau apa yang bakal terjadi besok, jadi, walaupun kami anak ipa, sapa taw bisa kuliah di sini. Hohoho… Setelah puas di ISI, kami kembali belajar di tempat lain yaitu Perusahaan Batik. Di sana, dijelaskan cara pembuatan batik (tapi aku gak begitu paham soal ini, jadi binun kalu maw njelasin, muuph..), pukuknya aku langsung liyat proses pembuatannya, ada batik tulis ma batik cetak di situ… seru euy… Harga kerajinan batiknya mahal, yah… sepadan dengan kesulitan dan kerumitan pembuatannya sih..Habis ngerjain tugas mejeng, dulinan, belajar sesuatu yang baru plus bonus jadi arek ilang (di tengah keramaian, aku terpisah ma rombongan, binun…..!!), lanjut lagi perjalananya bwad makan siang,sholat, dan ganti baju di Rumah Makan XXX. Truz, kami belajar banyak juga di KARATUN NGAYUGYOKARTO dan MUSEUM KERETA. Fiuh,, tapi waktu itu gerimis dan aku merasa sangat lelah….. Zzzz… Setelah puas melihat-lihat, kami lanjutkan perjalanan ke KERAJINAN PERAK. Seneng banged, kami bisa lihat kerajinan yang elok nian serta proses pembuatannya (tapi gak keseluruhan, hari sudah sore, pegawainya banyak yang sudah pulang), di tempat perbelanjaan kerajinan perak, aku cuma windows shopping, gak beli sama sekali dan emang gak banyak di antara rombongan yang beli, hehe… walhasil, di situ aku cuma photo2 bareng pasukan super narsist… hehehe… Sebelum check ini di hotel, kami menuju PUSAT OLEH-OLEH BAKPIA, aku mborong banyak jajan di situ… (^^)/. Truz.. check in di Hotel Galuh… kamar 3103. Senangnya……..!! Puas banged di situw…. setelah mandi n melakukan beberapa keo’onan (sempat kegrujuk shower,bajuku basah!), kami istirahat dengan tenang. ZzzzZZzz…
Hari Jumat, 14-11-2008… “bangun sin, udah jam 4!!”, kata temenku. Aku langsung terperanjat! “Eh??” Padahal alarm tak pasang jam setengah 3… Aku bener-bener kecapekan, semalam tidur jam setengah sebelas, bangun wez jam 4, badanku sakit, pegel2 semua.. fiuh… kami berempat bergatian shalat subuh dan mandi plus kembali berseragam abu-abu putih. Kubuka pintu kamar, dan BLAaaRR!! Aku lihat banyak anak masih pada nyantai, blum pake sragam.. (gak nyangka, kerajinenn..). Ya wez, kami berempat (Hala, Rini, Sinna, Ndoro) sarapan dulu,truz photo2, keliling2 plus maen2 sampek puas.. jam 08.00 kami check out… Sayonara Hoteellll…..!! T_T setelah hampir satu jam kami tempuh perjalanan, sampailah kami di UGM.. Universitas Gajah Mada. Kami yang anak IPA jujuk ke Fakultas Geologi. Setelah mendengarkan gambaran umum tentang jurusan di fakultas tersebut, kami berkeliling di gedung 3 lantai tersebut dan menjalajahi sebagian laboratorium yang ada. Hmm… apa yang kulihat di UGM kelihatannya keren.. dan ini hal berbahaya bwadq.. hwa.. jadi pengen kuliah di UGM..!! Gawad,, jelas-jelas gak bisa padahal…. Fiuhh.. Setelah itu, rombongan yang laki ikutan shalat jumat di masjid kampus. Yang perempuan nunggu…. Lalu,kami menuju RM untuk makan siang (so pastee), shalat (bwad yang blum), dan ganti baju (bwad yang blum jujag..). Ternyata, sebelum sampai di RM, hujan lagi2 mengguyur kami dengan paksa. Wah.. wah… seragamku basah!! Fiuh… 3 stel baju wez ngrasain basah semua. Tinggal 1 stel, satu-satunya yang tersisa kupakai. Selesai di RM, kelima bis menuju BOROBUDUR… tetep di tengah hujan yang makin deras. Sesampai di Borobudur, bukannya malah terang, hujan makin deras. Pokok e dueres banget… Payung pun tak banyak menolong. Pakaianku basah kuyub… dingin… Brr… dan aku gak tau kenapa, kug gak ada guide yang njelasin di sini, klu gak gitu…. ada mungkin, tapi karena hujan jadinya semrawut. Aku ma temenku malah nyimak omongan seorang guide yang mendampingi rombongan lain. Walah… rasane yang kulakukan bersama teman-teman cuma berjalan sampai level teringgi truz ujung-ujungnya cuma foto-foto dan sejenak menikmati pemandangan. Tapi karena sudah basah kuyub, kami gak betah dan ingin kembali ke bis sesegera mungkin. Duwh… gimana neeh,, basah-basahan bisa bikin masuk angin… aku mau mengikuti saran temenku juga gak bisa, “ganti baju yang ada di tas aja sin..” kalu gak gitu, “beli pakaian aja, ntar langsung digawe..” . Gimana maw pake yang di tas, wong udah kotor n nyemek2 basah. Gimana maw beli, selain gak tak anggarkan, aku gak bisa kalau bajunya langsung dipake sebelum dicuci, ntar gatel. Mbuh, aku pusing, entah kenapa kupuskan basah-basahan aja dech.. brr… temenan kedinginan.. setelah melewati perjalanan yang cukup lama, sampailah kami di MALIOBORO, tempat maen terakhir. Manfaatkan kesempatan, Ayo beli-beli!! Sambil ngeringin pakaian.. hehe… Beneran dech! Di sini aku beli banyak, bwad oleh-oleh.. seru juga, menjelajahi jalanan di sini, rasanya beneran jogja! (ya emang bener c..) setelah muter-muter dan dwid udah pada melayang, pakaianku lumayan kering euy… kecuali celanaku, masih nyemek2, jaketku juga. Truz, kami kembali ke bis dan go to RM tuk makan malam n shalat.. Fiuh… kayaknya nie udah endingnya petualangan kami di Jogja dech…
Hari Sabtu, 15-11-2008… Sampai di Malang…. ^_^
Ada banyak pelajaran yang bisa dipetik dari apa yang telah kami alami tersebut. Yang jelas, (kata Bu Puspo) apa yang kita peroleh ini jangan berhenti begitu saja dan harus dikembangkan..
Aku juga rasanya berlatih untuk lebih CAK-CEK! Dalam berbuat, gimana enggak, kalu gak cepet-cepet, kan bisa ditinggal ma rombongan. Kalu gak gitu, andai ngapa-ngapain kurang cepet, kasian yang ngantri di belakang kita euy… Hwaah…
Oia. Sepanjang perjalanan kita juga berlatih bersabar…. lebih toleransi kepada semua orang…
Alhamdulillah… aku gak nyangka!! Saat studi tur, rasanya sueneeng… banget… sekali lagi Alhamdulillah, aku cukup bisa menetralisir segala sesuatu yang gak kusuka menjadi hal yang kupaksakan menjadi biasa..
Umm.. masi banyak mungkin yang ingin kuceritakan.. tapi blum muncul nich… hehe… sekian dulu dech. Semoga semua itu bermanfaat bagi kita. Amin.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: