. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Ketika Dia yang Harus Selalu Kujaga, Merasa Tidak Sehat

on 25 January 2009

repair-yuuk

Kata Mang Sani, Hati itu ibarat cermin yang pantulkan cahaya..

Jadi agar ia tetap memantulkan cahaya dengan baik,

Jangan sampai kotor, bersihkan tiap hari…

Tips praktisnya, Dengan TOMBO ATI ….^^

* * * * *

Hari makin larut, dia tak ingin beranjak dari sini.

Di depan layar kelam… Termangu, duduk seorang diri..

Tak ada merdu menemani. Sunyi……

Seperti biasa, dia terus membaca informasi yang beberapa saat lalu ia peroleh dari petualangannya di dunia maya. Buku-buku berserakan di atas karpet dan tempat tidur. Bukan hanya buku pelajaran, tapi segala macam buku. Belum selesai satu bahasan ia baca, ia beralih ke yang lain.. Semua yang ada di situ belum finish dibacanya. Mudah sekali ia beralih, saat menemui jalan buntu. Beberapa hari ini dia terlihat cukup jenuh. Waktu berjalan begitu cepat! Terlalu cepat baginya. Dia sangat terpontang-panting mengejar jejak waktu. Segala yang ia rencanakan banyak yang kandas di tengah perjalanan. Mungkin hanya beberapa kewajiban yang alhamdulillah, berhasil ia jalankan. Mendadak dia terlihat takut, serta kehilangan rasa optimis. Penyakit pesimis serentak menyergapnya dalam kesepian itu. Dia benar-benar tak berdaya.. Entah terjangkit penyakit berbahaya ini mulai kapan. Camkan di lubuk hati paling dalam. Pesimis itu penyakit BERBAHAYA!! Penyakit hati, jangan sampai kena! Waspadalah, waspadalah!!

Tak hanya itu, mungkin saja dia sedang merasa kehilangan. Ia berusaha mencari sahabat setianya, “nurani”. Sudah lama mereka tidak saling berbincang. Mengutarakan masalah… dan mencari solusi…..

Di tengah sepi, dia mulai ingin bangkit dan tersadar. Dia membaca buku imutnya. Optimis Donk,Guys! Karya mbak Afifah Afra. Banyak energi-energi penggugah semangat yang ia rasakan. Huruf-huruf itu mengajaknya bangkit. Beberapa untaian kalimat yang dicetak tebal,miring atau diabadikan dalam kotak makin mudah untuk diingat. Ya, dia harus mengingat dan mengamalkannya.

Yang membuat makin tak bisa ia lupakan adalah tulisan di halaman 47 :

Optimisme itu ternyata merupakan buah dari keimanan yang mendalam…

Terlarutnya dalam rasa bersalah, Astaghfirullahal ‘adziim…..

Faghfir lanaa warhamnaa wa anta khairul ghaafirin.

“Ampunilah kami dan berilah kami rahmat; dan Engkaulah sebaik-baik Pemberi ampun.” (QS. Al-A’raf:155)

Malam makin sempurna, dia tetap belum ingin beranjak,

Mungkin saat ini ia sedang menyapa sahabatnya,

Di ruang sempit ini, ruang panas namun sejuk..

Sejenak ia pandangi apa yang masih terlihat berserakan. Dirapikan dan ditatanya dengan baik. Ia coba menjadikannya bersih dan rapi. Ia tetap ingin terjaga, namun rasa kantuk dan lelah jelas tak bisa berkompromi. Ia rebahkan tubuhnya di atas kasur. Di tengah gelap, ia tetap saja belum bisa memejamkan matanya. Ia terus mengingat, berpikir dan kembali bergulat dalam hatinya. Hati.. ah.. sungguh rumit memang.

00.07 ,lelah pun mengalahkannya,

Terlelap dengan senyum..

Dalam mimpi, angan, dan cita-cita

Luruskan niat, bismillaahirrahmaanirrahiim… Mantabkan persiapan!

OPTIMIS vs PESIMIS — OPTIMIS vs OVERCONFIDENT

“Keindahan dari sebuah kesuksesan bukanlah bagaimana kita tidak pernah gagal, tetapi pada bagaimana kita bangkit kembali saat mengalami kegagalan.” [Anonim]

Akankah, kelabu menjadi cerah…..

Enjoy this live, biarkan semua mengalir indah…

* * * * *

Tombo ati iku limo perkarane…

*Obat hati ada lima perkaranya..*

Kaping pisan, moco qur’an lan maknane…

*Yang pertama, baca qur’an dan maknanya…*

Kaping pindo shalat wengi lakonono..

*Yang kedua shalat malam dirikanlah*

Kaping telu wong kang sholeh kumpulono…

*Yang ketiga berkumpullah dengan orang sholeh*

Kaping papat, kudu weteng ingkang luwe,

*Yang keempat, perbanyaklah berpuasa*

Kaping limo, dzikir wengi ingkang suwe… *

Yang kelima, dzikir malam perpanjanglah*

Salah sijine.. sopo biso ngelakoni… Mugi-mugi, gusti Allah nyembadani..

*Salah satunya, siapa bisa menjalani.. Moga-moga, gusti Allah mencukupi..*


18 responses to “Ketika Dia yang Harus Selalu Kujaga, Merasa Tidak Sehat

  1. Wandi thok says:

    Kok blog-ke ora dijaga jeng?😀 Aku mau dijaga😀 SELAMAT YA JENG, BISA LULUS, AKU IKUT SENANG SEKALI HARI INI, LEGA ATIKU, MAK NYUS RASANE.😀 Tinggal mikirin SNMPTNe

    Like

  2. chiquitte says:

    salam apa aja dweh ma yang mpunya.

    Like

  3. >> kak insan: mwee…. kan kakak sndri tuwh yg ksih wejangan…

    >> mbak cahaya: wuih, bener bgt y mbk.. qt hruz percaya,, ALLAH memberikan yg terbaiik untk qt,,😉 iya, haruz tetep semangat y mbak!? smg qt istiqomah d jalan-Nya, amin.. btw, terima kasih sudah mampir..

    >> kak idham, lam kenal. terima kasih sudah bkenan mampir.. 😉 yak, praktik lbh sulit drpd cm teoriny d0ang.. yuk, qt c0ba amalkan dlm khidupan🙂 !

    Like

  4. idham says:

    mudah ditulis tapi sulit dilaksanakan, karena banyak sekali godaan dan hambatannya. aq juga sedang mencoba

    Like

  5. cahayadihati says:

    keren..keren…indah dik…tetep jaga hati kamu ya…biar tetep optimis…dan berpikir positip. Tuhan akan slalu bekerja dalam setiap perkara kita, meski kadang bagi kita itu gagal…

    Percaya bahwa IA memimpin bahkan menggendong kita. Dengan begitu kita mampu bersyukur, bersuka cita dan tentunya ringan dalam manjalani hidup🙂

    semangat!!!

    Like

  6. insanmuhamadi says:

    keren ya..!
    banyak yg ngasih komen.

    itulah dia…!

    kalo tulisan dari hati
    akan menyentuh hati..

    ckckckck, hebat deh adekku ini!

    Like

  7. >> kak sibaho selamat datang, terima kasih tlah bkunjung kemari, salam kenal yak🙂 iya, pasti adem bener hati kita kalau TOMBO ATI dipraktekkan,,🙂 ayo bjuang!😉 salam damai dari sina,,

    >> hehe, trimakasih jg mas angga mampir lagi,,, salam silaturrahmi kmbli😉

    Like

  8. Makasih atas kunjungannya… di link balik ajaa…

    Salam silaturahim…😉

    Like

  9. sibaho says:

    tombo ati itu, selain enak didengar juga damai jika dipraktekkan. Tetap semangat !

    Like

  10. iya, smangat optimis!
    lam knal jg ya kak cenya95..
    sip,
    ntar kalu k warnet tak check nya,
    sip markusib,

    Like

  11. cenya95 says:

    Optimis… 3x
    Lamnal
    check it out S19

    Like

  12. mwihihih.. monggo pak heri,,, btw, kmarin sy g bhsl DL artikel2ny yg dkrim k ibsn.😦 cuma bhsl dpt sbagian.. kpn2 insyaAllah maw coba lagi,, tadi saya baca keren2 euy,,, demen saya bcnya
    *eh..
    lomba ap pak?
    wez,cuba sy buka dulu dch,
    matur nuwun y pak ats inph0ny,🙂

    Like

  13. hmcahyo says:

    ikutan ini Nis

    http://bugiakso.com/lomba coba-coba aja gpp😀

    Like

  14. hmcahyo says:

    komen dlu:mrgreen: baca ntar di rumah😀

    Like

  15. >> mas angga, ayo qt optimis!🙂 terima kasih sudah mampir mas, salam kenal juga mas,,😉

    >> buat kak insan : terima kasih tipsny. ^^ HATI sungguh rumit… ada campur aduk perasaan d situ.. kata ust. arifin ilham, hati nurani adl partikel terkecil hidayah yg diamanahkan oleh ALLAH kpd makhluk-Nya, manusia.. hati nurani itu akan memberitahukan siapa ‘aku’ sebenarnya…
    oia,kak, maaph dari kmaren bahasaq ancur yak. mulai dari ‘saya’ mpe ‘mang’🙂

    Like

  16. insanmuhamadi says:

    afwan kelewat..

    ko manggilnya jadi mang sih?

    hehe..

    klo di sunda, MANG itu ada dua makna, selain berarti paman, ia juga sering digunakan buat orang yang kerjaannya dagang.
    misal: mang baso, mang siomay dll

    hehe^^

    Like

  17. insanmuhamadi says:

    subhanallah, indah dek..!
    tak ada saat yg paling indah selain saat kita mampu membaca gerak-gerik hati.
    sungguh, indah tak terperi..!
    postingannya sungguh menyentuh hati..!
    kayaknya ditulis dengan hati..!
    dan tak ada yang bisa menyentuh hati kecuali hati..!

    kak harap ni bukan postingan terakhir..

    suarakan terus isi hati
    meski penat mendera
    meski lelah menyiksa
    meski, hanya sepatah kata

    Like

  18. Tetep Optimis…🙂
    Salam kenal…😉

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: