. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Cerita dari Ndoro

on 13 February 2009

Jam istirahat telah berakhir dengan sempurna dan dilanjutkan dengan jam kosong.. Huyuhh.. ada jam kosong di saat genting begini, dan paraahhnya, pakde jam kosong ni datengnya di saat lagi jenuh gini, jadi deehh.. Gak seperti hari sebelumnya, hari ini kami gak malah belajar secara mandiri tapi malah ngelakuin hal yang lain… Yak, waktunya berbagi cerita!!

Hari ini saya memperoleh cerita menarik, pengalaman teman sebangku saya, Ndoro, saat ia menuntut ilmu di pondok beberapa tahun silam.

Teman saya pernah mondok di sebuah pondok di Malang, tepatnya di dekat Kacuk.. pondok nya jauh dari keramaian, antara jalan raya dan gedung pondok dibatasi kebun salak yang sangat luas.. (kereenn..), kalau kangen rumah, dia naik ke jemuran yang letaknya di lantai 3 dan memandang jauh ke arah jalan raya sambil menggumam, di sana dunia luar ya….

Hihii.. kami nyengir sebentar dan ia kembali melanjutkan ceritanya,,

Saat itu, kata dia, ada seorang teman di pondok yang dijauhi oleh teman-teman yang lain, karena menderita penyakit kulit di tangannya. Orang jawa bilang itu gudiken. Ya, gudiken yang sangat parah, katanya. Anak tersebut memakai obat yang baunya sangat tidak sedap, mungkin itulah salah satu alasan mengapa ia dijauhi. Teman saya yang waktu itu masih santri baru, dipengaruhi juga oleh teman-temannya yang lain agar tidak berteman dengan anak tersebut. “Ntar ketularan loh…”, kata teman-temannya. Namun, dia merasa tak mungkin membiarkan anak itu sendiri, teman sebangku saya pun malah berteman dengan anak yang sakit gudiken tersebut, tanpa peduli omongan teman-teman yang lain… Ndoro percaya bahwa sakit apapun yang dialami saat di pondok merupakan salah satu proses masuknya ilmu, dan itu tidak dalam waktu yang singkat tentunya. Teman yang sakit gudiken tadi sangat gembira berteman dengan Ndoro, dan sampai pada suatu hari, Ndoro juga mengalami sakit serupa yang parah pula. Ia berobat ke sana ke mari dan memang benar, butuh kesabaran karena penyakit tersebut tak kunjung sembuh jua.. Sampai akhirnya, setelah sembuh, teman saya merasa bahagia karena merasakan manfaat-manfaat dari apa yang dipelajarinya. Semenjak itu, dia jadi pandai dalam pelajaran Bahasa Arab di sekolah. Padahal, dulunya ia tidak mahir. Ulangan-ulangan yang semula dapat nilai 30 atau 40 berlipat menjadi 100!! Dalam pelajaran-pelajaran ngaji yang lain pun, perlahan ia menjadi mahir dengan sendirinya.

Sejenak kami pun mendiskusikan tentang mondok,,, Teman saya berencana kuliah sambil mondok.. sempat juga ia berkata dengan sedikit nada sesal, mengapa dulu tak dilanjutkan saja mondoknya. Kata Ndoro, belajar di pondok itu enak, waktu kita akan teratur dan ilmu mudah sekali masuk.. Mungkin itulah ilmu laduni, batin saya. Ya,tidak seperti kalau kita belajar sendiri di rumah. Yahh.. Sina hidupnya di rumah siyh, emang kuakui, gak gampang belajar di rumah sendiri. Banyak godaan….!! *Kadang untuk belajar saja, Sina ngungsi ke kos-kosan temen. Wekekkekkk…

Saya sangat senang mendengar ceritanya mengenai dunia yang kata orang nuansanya tak bisa ditemukan di tempat lain, dunia pondok.

Ia pun hendak kembali melanjutkan ceritanya, masih tentang warna-warni kehidupan pondok, sebentar ia mengusap air matanya, mengingat indahnya kehidupan di pondok… Sina jadi pengen ikutan nangis nih Ndor…. karena Sina sama sekali tidak pernah mencicipi kehidupan di pondok, T_T .. Kalo pondok romadhon siyh pernahh.. hehe.. cuma numpang idup 3 hari di sebuah putri pondok di Singosari, kata temen-temen, 3 hari pondok romadhon bagaikan 3 tahun euy.. padahal aslinya seru juga ding.. ^^

Tiba-tiba… Eehhh??? Jam kosong pun berakhir, lanjut dengan pelajaran Fisika…. Hwaahh… padahal masih ada cerita yang lain, insyaAllah di laen kesempatan aja yak,, ntar dikatain kepanjangan lagi..:mrgreen:

Sambil berbisik,, Ssssttt….!! udah, masih aja ngobrol, ada Pak Guru niyh, ntarr ditimpuk ma penghapus papan tulis lohh… =P hehe,,

Apa yang lain juga mau berbagi cerita ma Sina di jam kosong??


21 responses to “Cerita dari Ndoro

  1. Wildan says:

    Wah bwt klian yg pngn mondok,hti2 ma pnykt yg 1 itu.aku aja ni msh mndrta gara2 pnykt tu.emang si bru mondok stngh tahunan.tp walah tetep aja kena sasaran ma yang namanya gudik.pdhl hdp sehari2 dah dicoba dngn sebersh2nya.tp ya ttp aja kena.

    Smua itu trsrh tmn2 jg si yg pngn mondok.aku hanya mo skdr brbgi pnglman pahit ma klian.he3x…

    Like

  2. INDAH REPHI says:

    aku punya adek sepupu, umurnya 8 tahun dan super bandel, ga naek kelas pula😆 pada suatu hari, mbah kung ku ngedaftarin dia di pondok pesantren, dia nya mau. tp pas udah sampe depan pondokan sepupuku itu ngacir balik ke rumah ga jadi mondok, katanya ntar ga bs maen PS sm layangan:mrgreen:

    wakakakk… emang butuh pengorbanan buat ke sana…😛

    Like

  3. rocknoida says:

    negor ajah aha kang…

    diatas ane dah komen right ???

    kang????

    Like

  4. pengendara says:

    salam kenal,
    .
    apa khabar ?

    salm kenal…. minta izin ngeLink yak… ^^

    Like

  5. hmcahyo says:

    lama gak update Nis?

    Pengennya seehhh… update tiap hari…:mrgreen:

    Like

  6. *OOT*
    cuma mau kasih tau kalo sina dapat PR dari blog sederhana Agung Mojosari🙂

    siiippp…. pe er dari blog kerend…😀

    Like

  7. alex says:

    sy pernah jg mondok tapi pondok di tengah sawah…:D hehehe

    thanks ya udah mampir di blogku, salam kenal ja

    heehe… asyik tuwh, sawah… ^^ hehe… salam kenal mas,

    Like

  8. itmam says:

    kabar sina? salam kenal ya!!
    ada jam kosong segala:mrgreen: yang penting pada jam kosong pikirannya ga’ kosong😀
    dlu waktu msih sekolah, kalo jam kosong suka pada tidur… he,,he,, dan sebagian yang lainnya malah sibuk main bola dilapangan😀 keep spirit ^_^

    iyahh… lam kenall… hwee… nie sina lagi bete ma jam kosong… ^^

    Like

  9. samarinda says:

    Dunia mondok,blon pernah. Jgn maen coba2…perlu tekad kuat lho! Makasih ya dah mampir,sinna

    hihiii…. iyahh… ^^

    Like

  10. kahfinyster says:

    apa kabar kak?

    hhe,,salam persahabatan,,

    alhamdulillah,,, tapi makin geje, Fi… ^^
    euuhh… salam persahabatan juga… ^^

    Like

  11. husnun says:

    Dari pondok banyak lahir tokoh-tokoh besar

    iya, keurend ya pak… ^^

    Like

  12. seger euy tampilannya…. selamat menemukan nisa yang lain… hehehe… ditunggu di ym :p

    ^^ iya, ni nisa lagi ngumpet di mana yak..??😛

    Like

  13. Didien® says:

    kunjungan silaturrahmi buat sina…😀

    terima kasih mas didin… ^^

    Like

  14. insanmuhamadi says:

    dah dari kemaren mo ngomen
    tapi kemaren sibuk bgt…
    maklum hari jumat: harinya libur tapi sibuk,
    hm, klo dulu pas lg mondok di pesantren
    hari jumat itu:
    – hari nyuci2. coz libur
    – hari jalan2 ke kota, coz pesantrennya di kampung. persis kaya pesantrennya ndoro.
    – hari gaul2 dengan masyarakat. coz hari2 yg laen dilarang ke mana2
    – harinya buat hibernasi, kaya marmut yg hidup di musim salju: tidur terus. itu kalo 3 kegiatan di atas ga dilakuin. hehe..

    wah jadi inget masa lalu neh..!
    kalo di sunda, penyakit tu disebut: BUDUG
    hii, mengerikan…

    Assyyikkk uyhhh… Mang Sani berpengalaman di bidangnya… ^^

    Like

  15. hmcahyo says:

    wah… blognya lebih seger sekarang:mrgreen: emangnya napa sih suka gelap2 kamu nis?

    Hlahh…. engga suka gelap kug pak…. sukanya ijo… ^^

    Like

  16. septarius says:

    salam kasih dan sayang

    == Salam baliikkk….😀

    Like

  17. misbahul munir says:

    Wah, enak gak ya di mondok sinn??

    W seumur2 lum prnah mondok.
    Tmen w jg ada tuh yg kyak gtu.
    Mondok iya, gudikan juga iya.
    Kata ny sih krn aerny kurang brsih. . .
    It jg katany, w jg gtw. . .

    Tpi bner tuh gra2 gudikan jdi jago bhs. Arab??
    W yg nmany bhs. Arab susah sin. . .
    Klo mw bisa, w kdu gudikan dlu dnk. . .
    Mau sih, tpi smua kdu ikutan gudikan juga, biar ada temen. . .
    Hehe. . .

    == wakakaakkkk… iyoh, mas muniiirr…. tapi bahasa arab nyenengin loh aslinya… ^^
    hLaaahhh… masa mau gudiken berjamaah…. ^^
    q juga gak tau niyh, enak enggaknya…. T_T

    Like

  18. kahfinyster says:

    mondok ntu pesantren?

    ==Iya atuuhh…. pesantrenn…🙂

    Like

  19. idham says:

    enak kali ya mondok, aq kadang 2 pengen juga masuk pondok, jauh dari hiruk pikuknya dunia yg serba materi kali ya…

    == Iya kali… ^^ pengen nyoba mondok mas????

    Like

  20. rocknoida says:

    mondok/ nhekos ???

    cuma negor n ade post baru di blog ane

    == ntu cerita Mondok,,, siiippp…. meluncur ke sanahh….

    Like

  21. Arvenester says:

    wah, saya belum pernah merasakan dunia pondok,
    kalo dunia kost-kostan sering mah.
    Oh ya dunia asrama juga pernah, tapi udah jera. 3 hari 3 malam dikasih makan mie doank? nyiksa ga seh tuh bapak asrama.

    == Hllaaahhh… masi mending tuwh mas,,, sina malah gak pernah sama sekali,,,, T_T di rumah dOang…🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: