. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Ingin Menjadi Pengendara yang Lebih Baik…

on 1 March 2009

Kawan-kawan, akhir-akhir ini muncul banyak sekali tanda tanya yang butuh jawaban di benak saya. Mister tanda tanya itu nangkring dalam benak saya sewaktu Sina disuguhi iklan layanan masyarakat, baik di koran maupun di televisi tentang perilaku berkendara yang membahayakan jiwa dan raga dan tentunya harus kita jauhi.

drizzle0pengendara1

Yang pertama, iklan “bahaya zig-zag”. Wahh… ada gak ya… pengendara yang gak pernah zig- zag?? Ada kali ya… Heheh.. pas lihat iklan ini, saya bergulat dengan diri sendiri, “Sinn,, kamu ngelakuin itu juga kan?? Ati-ati lohh…” Hwaa..!! gawat!! gimana gak zig-zag, nie jalan terasa penuh sesak dimakan ma yang gede-gede, kami yang kecil-kecil ini jadi terpaksa berlika-liku kanan dan kiri oke. Gimana hayo??

Waduhh, yang kedua, iklan “bahaya menyalip kendaraan dari sisi kiri”. Jrengg!! Nie hati nurani terus bicara dengan amat bawel, “Nah loh, Sin.. lu kaya gitu khan biasanya?” Haduh, buk… gimana mau gak nyalip dari kiri, lha kendaraan beroda empat biasanya melaju di ruas jalan yang agak ke kanan gituh, yang sering sih, sisi kiri lebih ada ruas kosongnya daripada sisi kanan kendaraan… jadi dehh.. nyalip dari kiri.. nah, bahayanya itu kalau ada yang tiba-tiba menepi, biasanya mikrolet (angkutan umum), maklum.. kan menurunkan dan menaikkan penumpang. Hmmff… Gimana yak, enaknya??

Selanjutnya, saya baca iklan di koran tentang “laju kecepatan yang aman di dalam kota”, kalau gak salah, 30 kph ya? Hyaatt… Saya dapat serangan dan reaksi pendesakan lagi dari hati kecil yang terus mengintrogasi, “Hayoohh.. lu kok sering ngebut, Sin???” ugghh!! Tertusuk rasanya, iyah.. ada saklar otomatis yang bikin saya menarik tuas itu dalam-dalam. Yak, saklar ngebut itu biasanya menyala mode ON ketika berangkat les!! Begini,, saya pulang sekolah pukul 15.00 (belum termasuk kehimpit di parkiran,arggghh…), dan saya harus hadir di tempat les pada pukul 15.30, padahal jarak dari sekolah ke tempat les lumayan jauh untuk waktu yang sempit itu, sekitar 8 km. Belum termasuk banyaknya titik “pasti macet” dalam perjalanan ke sana (ada jalanan-jalanan sumpek sesak, wajib merayap..:P). Jadi, di setiap inchi yang cukup sepi dari kemacetan, saya manfaatkan sekencang mungkin… (gak sampek 100 kph kok tapi… tenang,sist….):mrgreen: haduwh, dilema… terlebih kalau les yang hari Selasa tuh.. pelajarannya matematika!! Kalau gak ngikutin dikit aja…. gwa udah ditinggal ke Landenn tuwhh… Pak Gurunya naik pesawat… saya ngejarnya marathon…!!😛 Hmm.. gimana dung, temannss???

*****

Ada yang mau bantu saya menemukan penyelesaiannya?? Saya gak mau jadi pengendara yang tidak baik… Fiuhh… maklum yah, saya nie pengendara yang masih newbie…:mrgreen:

saya khawatir terjadi sesuatu yang tidak diinginkan (na’udzubillahi min dzalik) jika saya tidak mematuhi norma dan peraturan yang ada, tiap perbuatan kan ada balasannya… jadi, saya ingin berusaha menjadi pengendara yang lebih baik… mungkin teman-teman yang jauh lebih berpengalaman ini mau berbagi dengan saya.. ^^


86 responses to “Ingin Menjadi Pengendara yang Lebih Baik…

  1. […] postingan saya Maret dua tahun yang lalu juga tentang berkendara lho.. gak sengaja tadi pas lihat-lihat tulisan jaman dulu, […]

    Like

  2. Nug says:

    Wah.. iya nih..
    Aku juga kadang (baca: cukup sering) kalau jalanan kosong, gak ada persimpangan atau gang dan pandangan terbuka, suka ngebut juga.. Kalo terlalu pelan bisa gak nyampe2 repot juga. Tapi kalo (zig zag)2x gak boleh. Itu bahaya.. Nih ada laporan perjalananku ke Jogja terakhir.🙂

    Like

  3. Harsa says:

    haduh saya mohon maaf…saya kasih ke alamat warung yang salah untuk komen saya diatas..

    alamat warung saya ada di :
    http://hganapati.wordpress.com/category/safety-riding/

    mohon maaf lagi ya sebelumnya…🙂

    Like

  4. Harsa says:

    wah kebetulan di warung saya sering dibicarain, silahkan berkunjung ke warung saya aja yah..

    warung saya ada disini http://hganapati.wordpress.com/category/safety-riding/

    Semoga membantu dan salam kenal yah🙂

    Like

  5. kawanlama95 says:

    Wah mas hampir sama nih postingannya.Yang jelas harus berhati hati dan kalo berkendaraan kita harus bisa prediksi.terhadap kendaraan lain.

    Like

  6. ILham Fauzan says:

    aku pernah ngelindes kucing gara2 ngga hati2 and mau nyerempet orang yang lagi nyuci motor di belakang rumah :p

    Like

  7. Asop says:

    30 km/jam? Bukannya 40 km/jam yah??

    Kalo nyalip dari kiri mank ga boleh… Tapi, kalo kamu ke tol Cipularang (tol penguhubung Bandung-Jakarta) di sini, masyaAllah… Banyak truk ama bus yang ga tau diri, udah tau lambat, dia malah NGAMBIL LAJUR TENGAH ato KANAN! Coba bayangin, jadi terpaksa mobil2 yang cepet pada nyusul dari kiri. Bahkan lajur lambat (yang paling kiri) dipake juga buat nyusul! Gile…

    Like

  8. pengendara says:

    mau jadi pengendara yang baik,
    .
    sharing yuuks

    Like

  9. anto84 says:

    goallllllllllllllll

    Like

  10. anto84 says:

    bikin goal ah

    Like

  11. hmcahyo says:

    wah sibuk ya try out😀

    Like

  12. hehehe…
    ngebut gak ngapah sin asal gak nabrak…
    tapi ati2, w pernah kejungkel dari motor…
    motornya ancur parah, eh gw nya gak papah…

    tapi serem lho jatoh dari motor, suer dah…

    Like

    • Waduwhh.. ati-ati mas Munir.. Nisa pernah beberapa kali aja kecelakaan kueciilll aja udah DEG-deg an setengah mati!! Fiuhh… biasanya kalo ada sesuatu apaagitu di jalan, rasanya enggak enak…. apalagi pas udah nyampe rumah, walaupun Nisa gak cerita kalo ada yang gak beres, Ibu Nisa pasti nalurinya bekerja pada anaknya ini… tiba-tiba beliau bilang, “Nis,, kalau sepeda an gak usah kenceng-kenceng ya…”.. glek,, “ehh..?”

      Like

  13. Itmam says:

    kbr sobat…??? ada award buat kamu di
    http://itmam.wordpress.com/2009/03/03/sudah-jatuh-tertimpa-tangga/
    monggo diunduh… [mohon maaf bila kurang berkenan ;)]

    Like

  14. hmcahyo says:

    mau dong😀

    ** tiga sekalian***

    Like

  15. hmcahyo says:

    mau khan😀

    Like

  16. hmcahyo says:

    kalo mau mampir ke http://dcamz.wed.id — ada logo Hiblogikoh kalo mau dipasang😀

    Like

  17. akselman1mlg says:

    hetrik sekalian😀

    Like

  18. akselman1mlg says:

    nis… kalo posting spasi antar paragraphnya diperhatikan ya😀 he-he,he…😀

    Like

  19. akselman1mlg says:

    halo-halo ini Khalifatunnisa?
    :mrgreen:

    Like

  20. Hejis says:

    jalan raya di Indonesia adalah ladang pembunuhan terbesar di Indonesia. 10.000 jiwa melayang setiap tahun dengan sia-sia….

    Like

  21. blog walking sin..!

    hehe, ada yang panggil mas tuh..!

    wekekekek…!

    Like

  22. iwan says:

    wah aq dicuekin nih

    Like

    • amyuun mas Iwan, ngaturaken sedaya kalepatan, gak ada maksud mengacuhkan,,, lha gak tau kenapa, komentnya mas Iwan kok nyungsep di dashbor di bagian ‘SPAM’ … saya jadi gak tau kalo ada koment.. maaf ya mas..😉

      Like

  23. onizuka says:

    kalau saya suka sembunyi dari razia.. razia orang tampan heueheuheu.. ditunggu lagi ah kunjungannya di agcetisbyrjun.blogspot.com..

    Like

  24. eka yunizar says:

    singgah dulu nih lum sempat baca..😛
    lam kenal mas,makasih ya atas kunjungannya…🙂

    Like

  25. gwgw says:

    wedew, safety riding ya temannya…
    hampir sama deh dg gw, bisa dibaca kok🙂
    salam kenyal ya

    Like

  26. zoel says:

    ngelanggar dikit gpp kok😀

    Like

  27. iwan says:

    wah kalau aq kepepet gmana bisakan ngelanggar ntar kalau kagak kepepet baru deh….
    heheheh…..

    Like

  28. rocknoida says:

    PERNAHNYA NGEBUT😛

    cuma negor n ade post baru di blog ane

    Like

  29. rocknoida says:

    GA PERNAH ZIG ZAG

    Like

  30. rocknoida says:

    KALO GW MAH PENGENDARA YG BAIK DAN PATUH PERATURAN😛

    Like

  31. mumpung inget,

    hetrik juga ah..!

    Like

  32. eh, niat utk ga nglanggarnya dah dicatat kbaikan kali ya..!

    oia, jgn lupa aja berdo’a:
    1. doa pergi ke luar rumah
    2. doa naik kendaraan
    3. wadzkuriLlah haitsu maa kunti, ya ukhty..!
    4. n doa2 yg lainnya…

    smngt trus utk mngejar kbaikn dek..!

    Like

  33. seru…seru..!

    nglanggar mang ga baik.
    tp klo darurat, gpp kali.
    apalagi tujuannya utk ngejar kbaikn. mnntut ilmu kan fi sabilillah ya dek..! (hehe ini mah bkn mngamalkan dalil, tp mndalili amal)
    asal hati2 aja sin..!

    Like

  34. Fitri says:

    Eh bukan motor ya, jgn2 nggenjot becak kowe…pantesan betise sak tales bogor wekeke

    Like

    • Gedubrag!! Klontang..!! Gak sidoo sangar, malah aku kudu ngguyu mbayangin becak an ma Mbak Fitri iki.. wakakakk… awaaasss… kecepatan super…!! Becak e melaju di jalan turuun… swiinngg…!! Arrgghh… Mbak Fitri kehilangan kendali…!! JebYuur..!! nyebur empang e Pak Camat,,, aduwh biyung makk…

      Like

  35. Fitri says:

    Duh sin (lho kok kayak dosa wekeke) wis ga usah naek motor, tak boncengin ae jamin ngetril kek lomba motocross, uasyik lho…

    Like

  36. wah… ya ini nih tulisan seru…!
    nah, pertanyaannya, kalo kita uda ati2, sedangkan orang lain ga ati2 trus nabrak kita, gimana?

    *saya contohnya… :'(*

    Like

    • Hmm.. yah, semoga SETIAP pengendara sadar akan keselamatan dirinya sendiri maupun orang lain.. yah, kita hanya mampu berusaha dan berdoa wae.. selanjutnya, Allah yang menentukan,, saya juga pernah mas, udah ngati-ati ternyata kesenggol ma nyang laen.. ^^ Alhamdulillah,, gak knapa2 tapinya..

      Like

  37. idham says:

    kalo aq ga mau lah nglanggar meskipun dikit. dikit2 kan lama2 banyak juga. soal ngebut kadang kadang, tapi tetep waspada ….
    terburu buru itu sebenarnya ga perlu karena mengurangi kewaspadaan kita. Meskipun dah buru buru toh tetep terlambat juga? mengatasinya berangkat lebih awal…
    aman nyaman dan berwibawa…

    Like

  38. Ahmad jazi says:

    Yang penting hati2 kale ya…jaga keselamatan diri dan pengendara/pengguna jalan lainya. Klu kepepet, ngelanggar diki2 ga apa2 kalee…..yang penting awas kena tilang pak polantas.

    Like

  39. bokers says:

    boleh juga melakukan ntu smuwa kalo lagi kepepet,,,, hehehe

    Like

  40. Itmam says:

    namanya juga usaha,,, emang biasanya kendaraan roda empat tu [agak] “semau gwe” ketimpangan sosial masih menjadi peer tersendiri.

    Like

  41. Itmam says:

    kalo kepepet, nglanggar [dikit] rambu-rambu gpp kali😉

    Like

  42. Itmam says:

    PERTAMAX dulu ahhhhh….😀

    Like

  43. […] See the original post here:  Ingin Menjadi Pengendara yang Lebih Baik… […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: