. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Dan Kepingan Salju pun Menyelimuti Kebun Sayur

on 13 March 2009

bluesnowflake Jarum pendek jam dinding kuno yang bertengger di atas lukisan belum beranjak sempurna dari angka lima, tengah mendekati si lengkung enam. Aku menerima pesan singkat dari Emily, “Nisa,, jangan lupa..berangkat pagi,, aku aja ni udah berangkat”. Ouh, aku harus segera berangkat!! Berangkat lebih pagi, walau jam kerja dimulai pukul 06.45, kami berharap bisa tiba jauh lebih pagi. ^__^ Berharap bisa melakukan lebih!

Aku pun siap tuk hadapi hari dengan tas ransel berat dan jaket tebal menyelimuti. Hari ini dingin begitu menusuk tulang rusuk dan persendianku. Bismillah… tetap semangat dan berharap yang lebih baik untuk hari ini. Kubuka pintu dengan perlahan… Subhanallah… salju……!! Pantas saja… dingin… amat dingin…! Kelelahan semalam membuatku tak sadar bahwa kristal-kristal putih menghiasi langit-langit hariku. Ya, aku baru ingat… hari ini memasuki musim salju dan artinya…. musim di mana tiada panen di kebunku!!! Benar, tidak ada berkebun dan memanen di pekan-pekan ini. Ah, sedih sekali rasanya…. kupandang lekat-lekat hamparan kebun di depan rumah mungilku. Belum sempat kumainkan violin untuk kebun sayur imutku, tiba-tiba sang bos menghubungi, “Ayo…. buruan berangkat kerja…”. Ah, baiklah… karena mulai hari ini tidak ada pekerjaan kebun, aku langsung menuju ke peternakan.

Dengan sound efek drap-drap sepatu boot, kumelangkah cepat menuju kediaman hewan-hewan lucu tersebut. Alhamdulillah, aku datang lebih pagi dari hari kemarin. Baiklah, kumulai mengumpulkan telur-telur ayam, memerah susu sapi, memanen bulu hangat domba-domba, memandikan kuda kesayanganku dan tentunya mengecek kesehatan mereka. Di musim salju, hewan-hewan rentan terhadap penyakit sehingga kami harus memberikan perhatian lebih. Ya, lebih dan lebih…! Senang sekali pagi ini, dan untuk melengkapi semangat hari ini, kami pun mampir sebentar melaksanakan shalat dhuha. Menghela napas…. hmm… nikmat sekali… dari lantai tiga ruangan ini, kumelihat indahnya alam… yang kadang tak sempat kuperhatikan di sela-sela aktivitasku.

Dengan makin semangat dan seusai bekerja di peternakan, kubergegas menuju sebuah tambang di dekat Danau Popurin. Banyak sekali tugas,, aku harus menyelesaikan tugas di tambang tersebut, berharap bisa melakukan lebih juga, sekali lagi, karena tidak ada panen raya di musim ini. Fiuhh…. dan akhirnya, rona merah senja tiba.. walau goresan indah itu tak muncul kali ini karena tertutup kepingan-kepingan salju. Namun aku sadar, hari makin sore. Tak ingin melewatkan kesempatan, sebelum hari gelap, aku berlari menghampiri pohon besar di dekat kebun, sekadar mengintip keadaan kawanan lebah dan berharap menemukan si manis madu di rumah heksagon sempurna tersebut. Ah, manis sekali… kududuk di bawah pohon, sejenak menghirup nikmatnya udara segar… Sebelum maghrib, bos datang mengecek hasil kerjaku. Alhamdulillah.. lega rasanya.

Kumasih terduduk di bawah pohon dengan kepulan yang tampak seperti asap dari mulut, saking dinginnya… kumulai merenung perlahan… mencoba menikmati kepingan salju yang turunnya kadang tak terduga dan tak tentu waktunya.. once more, tak tentu waktunya. Musim salju yang benar-benar tak pernah kuduga sebelumnya… dan dalam dinginnya sore tanpa cumulus itu, kucoba menikmati hari-hari tanpa kebun dan tanpa panen tentunya, walau sedih karena harus meninggalkan kebun di musim ini, kumencoba mencari sisi positif,, bahwa salju harus dinikmati karena kupasti juga akan rindu pada salju-salju jika ia telah meleleh, mencair dimakan waktu. Dan akhirnya kusadari betul, aku benar-benar menikmati turunnya salju di kebunku, indahnya kepingan salju ini… yang turun perhalan, dengan detail yang elok menawan, Subhanallah…. Semoga hari esok lebih baik… ^__^

[ imajinasi : turn off ]

Hayyah…. larut dalam imajinasi nuih, dan yang sebenernya ingin kusampaikan hanyalah… Pamit rumiyin nggihh… hehe… pamit dulu ya kawan-kawan, mendadak salju nich di Malang, haLlahh, Nis…:mrgreen: Lagu endless love ala violin, dentingan piano Tale of Autumn, dan sayatan biola winter sonata mengalun merdu… kunci pintu kamar, matiin pijaran lampu TL (kok dadi koyok mak Fitri), rebahkan tubuh di atas kasur, ambil selimut, tutupin sampai menutup wajah, air mata menetes lembut di pipi.. (gedubrak!! ngaco…! ngibuul…. Bukanne malah ketiduran dan mimpi kalo besok udah UNAS?! Hahh!! UNAS!! Tuwh kan, ngigau mode ON, wiikikikk…).

Multiple alien signatures detected!! Hayyah… salah ding… UNAS detected!! Tapi karena gak begitu yakin bakalan hiatus sepenuhnya, izinkan daku tuk singgah sesekali di rumah kawan-kawan, karena kupasti kangen ma tulisan-tulisan indah dan seru di sana ^^. Dengan segala keterbatasan, dan dengan tanpa mengurangi rasa hormat, mohon maaf jika kebun ini tertutup salju tuk sementara waktu sehingga tidak bisa menjamu kawan-kawan dengan hasil panen sekadarnya like as usually (panen singkong kalee,, enak nuih..:P), mohon maaf pula jika daku belum sempat menebar benih di sana dan di sini… ^^ haduwhh… ngomong apa lu, Nis? Sekali lagi, mohon maaf lahir dan batin, maaf… Nisa banyak salah…maaf… mohon doanya ya teman-teman… terima kasih sebanyak-banyaknya untuk kupu-kupu cantik, keluarga baru yang mengisi hari-hari Nisa… matur suwun sanget… o,iya.. the last… Sekadar renungan juga, Nisa nemu sajak-sajak indah yang ditulis oleh Kenzo Takada di sebuah buku pas main ke kost an temen nih,

Pohon itu hijau

Pepohonan itu hijau

Kita terlalu sering melihat pohon hijau

Sehingga kita sering lupa bahwa

ada pula pohon merah

Tetapi bila semua pohon bewarna merah

Aku akan senang berkisah padamu

tentang pohon yang hijau

Betapa indahnya dunia

(Kenzo Takada)

Hidup ini begitu indah, terkadang karena dihimpit kesibukan dunia, kita lupa… bahwa dunia ini begitu indah. Subhanallah… pemandangan alam di bumi Allah ini begitu indah dan menentramkan hati pula, ^_^ cobalah duduk dan merenung sejenak, menikmati aliran air di kaki, memandang langit, melihat segarnya dedaunan hijau, mengamati kapas-kapas lembut di atas langit, menghirup hawa segar, menikmati turunnya rintikan hujan, berusaha menikmati semuanya, menghayati manfaat-manfaat dan hikmah yang ada di balik itu semua,,,, mari mensyukuri segala nikmat dari Allah yang tak terhingga jumlahnya. Alhamdulillah…. Tersenyumlah, ada sesuatu yang amat dalam, yang kita tak sanggup mengukur kedalamannya dengan rumus fisika, hanya Allah Yang Maha Tahu. Sesuatu yang harus diselami agar kita bisa berkawan akrab dengannya. Ada hati yang harus dirawat, agar terjaga kesuburannya… Keep semangat!! ^^ =========================================================================== Kepingan salju itu amat indah, walau terkadang terasa dingin menyentuh kulit, coba biarkanlah dia meleleh dengan sendirinya. Entah itu kapan, jika Allah menghendaki, kelak akan tiba masanya… ^^ =========================================================================== winter — Khalifatun Nisa — Malang, 11 Maret 2009 ; Hari yang penuh semangat… semangat ya, untuk semuanya… ^^


84 responses to “Dan Kepingan Salju pun Menyelimuti Kebun Sayur

  1. bisovimara says:

    pasti dingin bgt tuh salju hehe

    Like

  2. madi says:

    duhh jg pengen megang salju..
    suatu saat nanti aku punya impian bisa megang salju tentunya di eropa..
    salam kenal..

    Like

  3. mahardhika says:

    hmmmmmmmmmm…………….jumpa lagi…
    laa katanya mw post lagi..
    mana nieh.. hayu hayu hayu….😀

    Like

  4. salam,

    met ya, maen ke gw

    Like

  5. […] anjar kaltim 2. trinil 3. delpa 4. fajar 5. fanz 6. freddy 7. Nisa 8. achoey 9. anto 84 10. […]

    Like

  6. siwi says:

    Aaaahhh.. Aku jadi ingin melihat salju.. Sepertinya menyenangkan😀

    Like

  7. mahardhika says:

    Laaa… lagi mw ujian kok masi sempat cheeting… bandel, belajar gih,😀

    Like

  8. kahfinyster says:

    keren bgt,,

    imajinasinya mantef,,hehe,,

    Like

  9. Selamat Sore…
    Salam Kenal dari Balikpapan…
    Boleh bertukar link..?🙂

    Like

  10. husnun says:

    Tulisan sing kipa ilakes. maune ayas kadit itreng, barang ayas moco maneh, e alah…jebule…Ayas salut ambek umak, menulis terus menjadi catatan sejarah. Eh..lek te UNAS yo presi sik a jes

    Like

  11. hanif says:

    Dalam surat ar rahman kita ditanya Allah 33 kali “Maka nikmat manakah yang akan kamu dustakan?”

    dan kitapun tak bisa menjawab pertanyaan itu…

    Like

  12. tie2n says:

    sina..aq ada award buatmu..diharapkan mau menerima dan mengambilnya🙂

    Like

  13. gwgw says:

    mbak drizz…kok gg update ?
    eloh kan kreatif ?

    Like

  14. cantigi says:

    artikel & imajinasinya keren..

    Like

  15. hmcahyo says:

    bangun2🙂

    Like

  16. rayyahidayat says:

    Wah, imajinasi tingkat tinggi.
    Sumber idenya dari mana Mba?
    Terimakasih sudah berbagi inspirasi.

    salam,
    rayahidayat:)

    Like

  17. tuker link….
    OK?

    Like

  18. Cengkunek says:

    cerpennya sastra banget
    orang kayak saya susah ngertinya😀

    Like

  19. Itmam says:

    pengen gangguin nisa yang lagi belajar ah..:mrgreen:

    Like

  20. tie2n says:

    sin…semangat tyus..euy,,,
    belajar..belajar…kan mo UAN…🙂

    Like

  21. anto84 says:

    nisa…nisa aku datang buat kamu kok….

    Like

  22. shofiyah says:

    hi hi kera ngalam neh?
    baru nyadar
    salam ukhuwah
    barakallahufiky ^_^

    Like

  23. ok says:

    nissss…mau dong saljunya biar cuma khayalan wakakakakak…

    Like

  24. isfiya says:

    Huwehhhh ndukkk…kowe kok urit-urit ae ngrungokno winter sonata… tak thuthuki loh… hahaha wis suwe ra mlaku-mlaku saiki gaya nulismu malih ketularan sastrawan-sastrawan kae…sopo ma’e….

    Owalah nduk nduk ojo kakean ngimpi…mosok nang Malang ono salju… sing ono salju=salah jurusan (numpak angkot be’e)…

    “Nisor mejo ono ulane, ndlosor ning mejo ndang sinaune” hahaha parikan mekso….

    Like

  25. hmcahyo says:

    🙂
    🙂
    🙂

    belajar-belajar…. UAN

    jgn ngeblog dulu🙂

    tapi kalo sempat gpp:mrgreen:

    Like

  26. yodama says:

    What a wonderful world. We see skies of blue, clouds of white. Subhanalloh.

    Met sinau. Smg t’capai apa yg dicita2kan.

    Like

  27. sapi says:

    wah..bagus banget tulisannya.. sangat imajinatif ^^v semoga kamu bs melewasi UNAS dengan baik ya dek🙂 semangaaatt ^^v

    nb:
    maaf ya say, baru bisa berkunjung..semoga anisa-nisa-sina- selalu sehat, semangat dan ceria🙂

    Like

  28. komuter says:

    postingan yang menarik,
    salju ?
    he..he..he..

    Like

  29. nmdian says:

    Bagus tulisannya. Perlu imajinasi yang kuat untuk itu. Semoga sukses UNAS-nya ya…

    Like

  30. Itmam says:

    hayo cah ayu.. sinau.. sinau..!!
    moga dapat raih prestasi yang gemilang!!

    Like

  31. anto84 says:

    walah2 mampir lagi neh

    Like

  32. hmcahyo says:

    🙂
    🙂

    Like

  33. Rizal says:

    Dik Nisa… terima kasih untuk kunjungannya ya🙂
    Ah iya, ada postingan untuk Nisa loh.. khusus untuk dik Nisa di Blog nya kakak…
    Salam sukses untuk Adik..

    Like

  34. baru tau nih
    di malang ada salju🙂

    salam kenal
    kunjungan balik

    Like

  35. septarius says:

    tulisannya beda banget kali ini

    makin keyen, tetep belajar

    semangat!..

    Like

  36. scouteng says:

    tak pikir di eropa, ealah ternyata di malang

    Like

  37. Ayah says:

    Assalamualaikum…kunjungan balasan, trimsh telah singgah diblog Ayah yg penuh derita…
    Musim salju…indah bertaburan kelip mutiara …
    beterbangan laksana kapas tertiup angin…
    Duhai cinta…kemana kau kan pergi….

    Salam hangat selalu dari Ayah…

    Like

  38. hmcahyo says:

    ahh sini lagi ahh… kalo ini dari rumah nis😀

    Like

  39. SanG BaYAnG says:

    Menanam buih imajinaya,Di tengah salju lamunan gadis muda.
    Menggulirkan butiran-butiran kata,Di antara mekarnya bunga.
    Mengalunankan kata sapa,Memberi pesona maya.
    Memanjakan pengunjung berjuta,Dengan nikmatnya buah karya.
    Akupun datang ke tengah kota,sekedar berteduh dan menyapa.
    Hai..Nisa..!!!
    Makasih atas kunjunganya..
    Ehehehehe..
    Kata-kataku wagu..uhu..hu..hu..
    Maklum..maklum.. anak desa..bukan pujangga..wakxkxkxkxkx..

    Like

  40. Asop says:

    Waaaaah…. imajinasi yang hebat… ^^ Menunjukkan betapa lugu dan sucinya engkau…

    tidak seperti imajinasi lelaki hidung belang yang membayangkan tidak2… pikiran mereka sudah terlalu kotor teramat kotor sampe2 ngebayanginnya pun menjijikkan bikin muntah…
    *jelas aku ga termasuk ke dalam golongan ini*

    Moga lancar UNAS-nya! Amin! udah mau UNAS, habis lulus, mau ngelanjutin ke mana nih?🙂

    Sama-sama, maapin dosa saya juga yah… ^_^

    Like

  41. silmikaffa says:

    Assalãmu`alaykum🙂
    kunjungan balik teh Nisa, skalian izin blogroll ya!
    Hatur nuhun udah mampir di rumahku😀

    Like

  42. Selalu bersyukur adalah kualitas hati paling penting.😀😀😀
    ini yg selalu aku ingat dari buku yg pernah ku baca🙂

    Like

  43. aribicara says:

    Renugan yang Indah dari seorang NISA …

    Allah menghamparkan langit dan bumi ini beserta isinya dan berjuta keindahan didalamnya, tentunya bukan tanpa makna.

    Didalamnya tercipta dan terkandung NIKMAT tiada taranya.

    Untuk mengucapkan Satu nikmat sebuah udara saja sudah tak terkira besarnya, belum lagi berjuta2 nikmat yg mungkin kita sendiri tak pernah mengcapkan syukur atas nikmat_NYA.

    Dan kita sering tidak punya MALU saat sering menangis hanya sesuatu yang sangat jauh rendah dan jauh lebih kecil lagi sedikit dibandingkan dengan Berjuta2 Nikmat yg diberikan Oleh ALLAH untuk kita.

    Dan kita masih saja melakukan kesalahan2 itu berkali2 …

    Aku berlindung dari yg demikian ..

    To Rindu >>>>….

    Manusia takkan Bisa mebayangkan keindahan dan Kebesaran Tuhan … Terlalu kecil dan hina diri kita membayangkan keagungan_NYA…

    Salam Nisa…🙂

    Like

  44. achoey says:

    kau pandai merangkai kata
    hebat

    kau adalah sosok penuh semangat
    manta

    Like

  45. DIAJENG says:

    hayooo..belajar..belajar….:)

    Like

  46. hmcahyo says:

    ini di kantor looh😀

    Like

  47. hmcahyo says:

    halo niss.. komen pertama setelah sakit🙂

    Like

  48. anto84 says:

    sungguh maha esa pencipNYA

    Hi Friend.. Interesting post.. Nice cool blog.. Keep up the good work.. Do visit my blog and post your comments.. Take care mate.. Cheers!!!

    Like

  49. alhamdulillah, trnyata nisa masih idup, hehe..!
    komen yg di blog mas grubik yah,
    tu mah cuma komentar iseng n penuh bingung, hehe
    kesel dengan dunia pendidikan sekarang nis..!
    menuntut ilmu itu ibadah kan?
    tapi sekarang dah mulai hilang nuansa2 ibadahnyah
    semua serba materialistis, kapitalis, hedonis,liberalis dan is is yg lainnyah
    baik ituh pemerintahnyah, kebijakannyah, sekolahnyah, orangtuanyah
    bahkan anak2 yg ngejalaninnyah…
    walaupun tentu gak semuanyah…
    makanyah, kak dukung juga klo nisa jadi guru…
    guru yg tujuanyah ibadah…
    hehe, moga gak bingung nis…!

    Like

  50. grubik says:

    Halah, baru juga aku mengenalmu, lha kok wis pamit, piye to? Ya wis tak tunggu kembalimu nanti di saat itu..
    Met belajar ya nduk cah pinter, jemput masa depan, yang mudah-mudahan indah itu, ya indah kalo kau benar2 tau cara menikmati keindahannya,
    Ah, semoga kita makin pinter menikmati semua keindahan ini ya?

    Like

  51. wi3nd says:

    so nice..🙂

    makasi suda sin99ah..🙂

    Like

  52. Om Shani says:

    Adem bener kali ya……..

    Salam kenal aja n jangan lupa mampir ya

    ku tunggu kritik dan sarannya

    http://ikasmanco.co.cc/index.php?option=com_content&view=category&layout=blog&id=50&Itemid=66

    Like

  53. mamas86 says:

    Terasa…. Adem Benerrrrr….:mrgreen:

    Like

  54. mamas86 says:

    Wahhh…. Langsung maknyuzzz…. Adem benerrrrr…..

    Like

  55. DIAJENG says:

    Biar tidak lupa akan Ciptaan-NYA yang begitu agung…saat kita dimanapun…nikmati setiap jengkal apa yg terlihat oleh mata kita🙂

    Like

  56. DIAJENG says:

    Sunggguh indah Ciptaan-NYA,benar2 maha sempurna🙂

    Like

  57. berpantun says:

    pingin…….liat salju itu dan kugenggam dalam tanganku…

    entah kapan bisa merasakannya

    salam kenal dulu ya

    Like

  58. Harsa says:

    hummm kalo yang gw tangkep dari puisinya Kenzo Takada, hijau itu adalah diri sendiri (diri kita) dan merah itu adalah diri orang lain….

    Ada kalanya kita asik dengan diri sendiri, sampai-sampai lupa dengan diri orang lain. Dan ketika kita berada ditengah-tengah orang lain, kita tetap harus menjadi diri sendiri.

    bukan begitu bukan? bukan yah?😛 bingungkan?

    Slamat UAN dan sukses selalu yah…

    Like

  59. dateng lagi nih, hehe..
    semangat terus yah..!

    Like

  60. Nug says:

    Alam yang indah..
    Hati yang tak terukur kedalamannya dan perlu dirawat..
    Kepingan salju yang menyentuh kulit dan meleleh sendiri..
    Hm..
    Semua refleksi Kebesaran dan Kekuasaan Allah Yang Maha Mengetahui dan Maha Indah..🙂

    Like

  61. kalbu says:

    seandainya saja salju itu benar-benar turun di kebun yah saya yah…..

    Like

  62. Itmam says:

    eh nduk… katanya mau UAN… kok blogwalking mulu🙂
    met belajar ya!!! Al Azhar University menanti prestasimu loh🙂

    Like

  63. nanzzzcy says:

    ah..indahnyaa..
    aku jg suka salju dan berharap suatu hari bisa ngeliat langsung hehehe..

    yuukk..berimajinasi lagi.. :p

    Like

  64. Hejis says:

    Kok pake UNAS, UNAS segala. Mbok gak usah. Langsung minta ijazah, boleh gak?

    UNAS ntu opo to mbak?🙄

    Like

  65. high desert says:

    tulisan bagus.

    thanks

    Like

  66. fuchmye says:

    Salju….. Snow….. awalnya selalu “s”… “s”… sssssssssss……
    diam…. mere”s”ap penuh “s”entuhan lembut
    dingin s..s..s.. sejuk
    setidaknya nuansanya seperti hati yang tentram tenang…..

    Like

  67. dapet dri mana tuh gambar???
    birunya keren….

    lam kenal!

    Like

  68. Kalbu says:

    Seru banget!!

    Like

  69. BikPici™ says:

    SubhnAllah “ngayal” keren:mrgreen: berbakat jadi penulis!

    Like

  70. Saljunya menyelimuti kebun sayur … asyik juga membayangkannya.

    Semoga dimudahkan dalam menghadapi cobaan (unas) … sukses! Salam

    Like

  71. Allah itu witir n cinta yg witir
    hetrik itu witir
    so, hetrik itu dicintai Allah
    hidup hetrik..!
    hetrik is the best..!

    hehe..

    Like

  72. moga UAN nya sukses ya nis..!
    n cita2 nya bisa tercapai
    cita2 yg mana ya???
    ahli gizi apa guru?

    hmm, didoain tercapai dua2nya deh..!
    guru yg ahli gizi
    n ahli gizi yg guru..

    S.M.A.N.G.K.A..!

    Like

  73. afwan baru nomen nih..!
    akhir2 ni males blogging
    g tau knp..

    btw dr awal baca
    tulisan ini mang bagus
    tasybih n majaz ny tak terduga

    poko e keren..!

    Like

  74. wooww…. nice post nech…🙂

    ****

    Kabare baek baek saja… N ru blogwalking nech.. coz kerjaan numpuk (segudang)😀

    Like

  75. langitjiwa says:

    salju itu meleleh di jejemarimu

    selamat siang,nisa

    Like

  76. agunk agriza says:

    wes . . keren ..

    Like

  77. Rindu says:

    Ketika kita melihat dunia begini indah, terbayang betapa indah penciptanya …

    Like

  78. ikrar says:

    hmm tulisannya menyentuh banget…

    berbakat jadi penulis nih…

    hebat deh…🙂

    Like

  79. mahardhika says:

    nisa… nisa…. nisaa….
    aku datang nis…
    emm ada bakat terpendam nie..
    keep… dengerin kata mang itmam ya, laa.. ada mamas agung juga… bersyukurlah atas segala nikmat Nya ^_^

    Like

  80. Nisa….. makin keren aja postingannya…
    semoga sukses ya nduk buat unas nya…🙂

    Like

  81. Itmam says:

    kehidupan memang indah, bila sang pelaku kehidupan menyadari dan mensyukuri setiap nikmat yang Allah berikan🙂

    Like

  82. idham says:

    wah… postingan bagus lagi nih…
    kamu ternyata pinter juga ya nis…
    tapi btw..
    kamu mau kemana sih, kok muter muter begitu…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: