. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

ibsn : Ayo, Nis… Lakukan Sesuatu…!!

on 3 May 2009

Malam yang cerah, penuh senyum dan semangat, v(^_^)/.
Namun aku lupa, apakah ada rembulan dan bintang yang menghiasi langit saat itu..
Kami datang menuju tenda dengan beragam perasaan..
Ah, tepatnya AKU… entah mengenai yang lain…
Alhamdulillah… Aku BAHAGIA, karena malam itu aku banyak BELAJAR… ^^
Ada perasaan LEGA, karena aku telah maju tanpa gentar. Menenggelamkan musuh-musuh hatiku,, membenamkannya jauh-jauh.. setidaknya, tidak seperti kejadian di beberapa bulan yang lalu… kekalahanku yang lain, fiuhh…
KECEWA ? Pasti ada walau sedikit,,😦
Ouh… dan tetap saja, ada rasa BERSALAH, karena khawatir belum menunjukkan yang terbaik….. T_T
Sudah, kupikir tak ada gunanya berlarut menyalahkan diri sendiri.
Sekarang yang kupikirkan hanyalah…. Aku harus melakukan sesuatu!!! Sesuatu yang lain, yang bermanfaat…

* * * * *

pmr

“Mari, kita cek barang bawaan masing-masing! Udah komplit blum?”
“Siip… !!”
“Hm… Selanjutnya kita periksa perkakas tiap kelompok…”
Dan kami pun melakukan beberapa kali pencontrengan di list barang-barang bawaan.
Bismillahirrohmanirrohiim…. kami pun berangkat ke sebuah desa di daerah kabupaten Malang, lokasi lomba PMR ~Palang Merah Remaja~ Wira (PMR tingkat SMA) dengan riang gembira, penuh melodi merduu…^^
Sajian pemandangan alam bisa kami nikmati dari atas truk, persawahan yang luas…. hijau… hijau… dan hijau…. semilir angin dan hangat mentari mengukir simpul senyum di relungku. Subhanalloh…
Sepanjang perlajalan, kami tersenyum bersama🙂

Beberapa jam kemudian, kami sampai di sebuah gelanggang olahraga. Hamparan tanah luas dengan sedikit rerumputan kering. Puluhan tenda para peserta dari penjuru Jawa Timur telah didirikan dengan rapi. Berjajar penuh warna, dengan beberapa pemanis dekorasi, bendera PMR, dan bendera PMI berkibar dengan gagah.

Fiuhh… kami datang cukup akhir rupanya:mrgreen:.

Sesegera mungkin, kami bergotong royong memindahkan timbunan barang bawaan dari atas truk menuju kavling tanah tenda kami yang letaknya di paling ujung. Lumayan jauh untuk hitungan berbolak-balik mengimbal membawa barang berat, kira-kira seratus meter jaraknya. ^^ Ditemani desir angin kering dan sengatan mentari, keringat manis ini pun bercucuran…

JRENG-JENG-JENG..!!

Dua buah tenda tidur, satu buah tenda instan dengan gambar crayon sinchan di pintunya, dan sebuah bangunan terpal untuk ruang tamu serta dapur umum telah kami bangun dengan rajutan kebersamaan dan rasa kesatuan. Alhamdulillah…

Lalu kami melingkar di atas tikar, mendengarkan arahan guru dan kakak pembina kami. Dan tak lupa, mendengarkan urutan penampilan di medan “lomba” perang PMR ini… sambil sesekali bercanda dan mengumpulkan semangat, di bawah teduhnya dedaunan tebu yang mulai menguning, dengan sepoi angin yang berhembus… ^_^.

Yak, jadwal bertanding telah rampung ditulis dengan rapi dan dipajang di “ruang tamu”.
Kupandang lekat tulisan-tulisan itu, kubaca berulang kali… dan….
Ups..!! Rupanya aku harus berangkat malam ini!!

Hanya ini, satu-satunya yang bisa kuikuti… lomba cerdas tangkas >_< !!
Sebenarnya ingin sekali beraksi dalam kancah pelaku pertolongan pertama… ^^ Tapi… bagaimana ya…? Untuk menjadi anggota D, yaitu pasien saja, aku masih terlalu mungil (dalam perlombaan, ada batas minimum berat badan sebagai pasien)… T_T lhah, bagaimana mau jadi penolong… ??

Bisa ambruk dan pingsan di tengah jalur yang katanya puluhan kilometer jauhnya, dengan berbagai pos dan rintangan yang tak pernah terbayangkan sebelumnya… Sambil membawa tandu bambu komplit dengan pasien di pundak, selama berjam-jam lamanya… *ini cuma sepenggal kisah yang diceritakan sahabat saya yang menjadi anggota tim pertolongan pertama, sebenernya lebih ekstrem ding* ^_^
Baiklah,, kupikir ini cuma perlombaan, dan yang terpenting, aku tetap bisa menjadi tim penolong dalam kehidupanku sehari-hari.. semoga saja…*menghela nafas panjang*

* * * * *

Senja pun mengakhiri mentari, berganti isya’ yang amat menentukan.
“Bismillah… kita berangkaat..!!” v(^_^)/
Dan malam itu, kami berada dalam pertempuran grup yang sangat sengit !! Melawan tim yang sebagian anggotanya sudah menang di JUMBARA -ini tingkat nasional-.

Deg !! Semua bermain sangat baik..!!
Ting, waktu pun terasa amat singkat. . .
merambat… merenggut detak jantung yang terlena..
Soal demi soal habis dilahap dalam babak penyisihan ini.
Fiuh.. ternyata tim kami tidak lolos . . . ^^
Semua peserta yang ada di ruangan bersalaman… ^^

* * * * *

Empat hari tiga malam…
Bukan waktu yang singkat untukku, seorang pelajar yang duduk di bangku kelas XII *yang mau UN niy*, yang kini mendapat dispensasi tidak hadir dalam kegiatan belajar di sekolah karena mengikuti lomba PMR.
Dan ini adalah malam pertama, sekaligus terakhir untuk waktu beraksiku.
Putar otak, tenangkan diri… hirup udara Desa Senggreng dulu yak…
Masih ada beberapa hari jatahku menuntut ilmu di gelanggang ini.
Ayolah… teriakkan penyemangat itu, Nis… Oyeahh.. Harus kumanfaatkan sebaik mungkin !!

GANBATTE KUDASAI…!!

Hmm.. dan ternyata memang banyak yang bisa dilakukan ^__^ fufufu…
Salah satunya, menjadi suporter, pendengar setia, dan sie doa, he he…
*tapi tetep terbesit keinginan buat ikutan ke medan perang… hihi.. maklum yah..*
Walau tak ada lagi lomba yang kuikuti, setidaknya aku ingin membantu kawanku yang menjadi pendamping tim kami. Dia yang bertanggung jawab terhadap dapur umum…

Menyiapkan makanan dan minuman, mengatur menu makan sesuai harga, variasi, nilai gizi, serta menjaga kenikmatannya ^^ . .
Menyiapkan air bersih dengan menimbanya di sumur warga dan membawa kaleng-kaleng itu dengan sok kuat, he he.. berlama-lama di situ bisa bikin badan kekar, tangan dempal kaya gatotkaca😛

Saat yang lain berangkat menuju medan perang, dia tetap di tenda… menjaga tempat berteduh kami, hikz…
Oh, kawan…. Aku hanya bisa menemanimu….😀 khikihkhii…

* * * * *

lakukan-sesuatu-yak

maaf, ini hanya sekelumit…
secuil kecil kenangan indah ikut lomba…
sepucuk cerita,
yang tak ingin kuhapus begitu saja dalam ruang memoriku,
sekecil apapun perjalanan itu, akan kutulis dan kujadikan pelajaran…
dan hari ini kujadikan sebuah penyemangat,
mengobati hati yang bertanya, “Apa yang bisa kulakukan ?”
mengobati raga yang kadang terbesit tuk ‘malas melakukan sesuatu’..
Baiklah,

Ayo, Nis… Lakukan Sesuatu…!!

* * * * *


94 responses to “ibsn : Ayo, Nis… Lakukan Sesuatu…!!

  1. ini wktu lomba apa ?
    pramuka ?
    ato lomba postingan ?

    Like

  2. kiraitomy says:

    Menyiapkan makanan dan minuman, mengatur menu makan sesuai harga, variasi, nilai gizi, serta menjaga kenikmatannya ^^ . .
    Menyiapkan air bersih dengan menimbanya di sumur warga dan membawa kaleng-kaleng itu dengan sok kuat,

    cocoknya jadi apa ya????

    Like

  3. mahardhika says:

    waduuu… baru bisa komen nih…. celingak celinguk uda pd ngumpul disini yak…
    hmm sabarrr…. ga menang jg gpp, ini adalah sukses yg tertunda, itu kata eyang2 jaman dulu hikz…
    yo’i do something…manjat2 po’on, pencet2 keyboard, keluarlah dan jangan takut,.. hadapi dunia dengan menarii ^^

    Like

  4. unas-nya dah kelar yah?
    hore…

    Like

  5. uvi07 says:

    assalamu’alaikum…
    khuy nis….

    ayuh lakukan sesuatu, jangan cuma tidur mlulu….
    he, ngikut ma judulna jha yak…

    wassalaam
    keep istiqomah…
    n ma’al hamaasah….!

    Like

    • Nisa says:

      Wa’alaikumsalam warohmatullahi wabarokatuh akh…
      nggih… nggihh…
      an lakukan sesuatu..
      Let’s go to school…😀
      hamasaah..!!

      Like

  6. semangat semangat

    Like

  7. Rindu says:

    Untuk mengusir rasa malas, awali hari dengan sedekah, Rp.1000,- cukup

    Like

  8. diazhandsome says:

    wah, bahasanya agak-agak putis nih. kurang bisa dicerna oleh tubuh… hehe

    btw, salam kenal ya! diazhandsome

    Like

  9. muhamaze says:

    ganbatte kudasai..
    sungguh kenangan yang tangguh..
    jangan pernah biaskan semangat itu..
    jagalah kekar selamanya..

    Like

  10. WANDI thok says:

    PMR = Pokoke Melu Rame-rame. Nek Panglimane jeng Nisa mesthi dho ribut, rame, ruwet, rem-ok, redam, tapi nek wis neng ngarep, rawedi karo apa-apa, soale kabeh dho wedi😀

    Like

  11. WANDI thok says:

    Sip, ayo lakukan sesukamu eh sesuwatu, jangan sesupasir, bisa nglilipi kancane kemah.🙄 PMR = Padha Marahi Rame😀

    Like

  12. omiyan says:

    hitam putih yang tertulis adalah bukti perjalanan hidup kita

    Like

  13. Tuyi says:

    smoga menang ya Nis….

    Like

  14. wi3nd says:

    pMr tuch man9 seru ya nis,aku pernah kena kawat berduri pas bawa pasien mu nyelametin maksudna,lewat pa9er kawat..aahh seruu seruu..
    nda papa nis,meski nda masuk timmnya setidaknya nisa dkk,dapet pelajaran banyak dari situ..🙂

    do samethin9s de’..
    daku yakin u can 9ive the best🙂

    Like

    • Nisa says:

      Wah…!! Keren euy mbak wi3nd…!!
      Emang seru ya mbak ^_^
      Siip… kami belajar banyaakk banget dari situ v(^^)/
      Amin..
      Semoga yaaakk…

      Like

  15. grubik says:

    semua orang punya medan perangnya masing-masing…

    Like

  16. reallylife says:

    dan saya ikut mengatakannya dari jauh
    kamu… bisa

    Like

  17. irawan says:

    Makasih ya link ya…blog kmu sudah beta link jg…:)

    Like

  18. komuter says:

    ..GANBARIMASHOO..

    Like

  19. nanzzzcy says:

    wah..seru nih kyknya..
    trus..truss.. menang gak??😛

    Like

  20. rizky says:

    jgn sampe memori itu hilang walopun sejelek apapun memori itu..krn klo hilang berarti kena amnesia…gak mau kan?
    lam nal djeng

    Like

    • Nisa says:

      Iya, tak kan kuhapus dan sebaliknya,
      kujadikan pelajaran nihh mas😀
      Salam kenal juga,
      terima kasih ya dah berkenan mampir ^_^

      Like

  21. SanG BaYAnG says:

    Ayo..ayo..ayo..lakuin sesuatu yo..!!!
    Tapi lakuin apa yah..???
    Ah..kemah di bumi perkemahan kebun teh njamus deket tempatku aja yo..??? Mau gak..? Mau gak..?

    Like

    • Nisa says:

      Wiuhh.. KEMAAH…!!
      Mauuu… hihii…
      Ada bumi perkemahan yak di sana… enak euyy…
      Salam buat PINUS WARAK nggih mas…😀

      Like

  22. idham says:

    pengalaman yang sangat bermanfaat…kadang sangat indah kalo di kenang..
    nilai ibadah itu dilihat dari usahanya… kalo cepet berhasil pahalanya sedikit..
    yang penting lakukan sesuatu dengan iklas.. tanpa berpikir hasil terlebih dahulu…nanti kalo gagal susah bangkitnya… menyikapi kegagalan,anggaplah semua ibadah…

    Like

  23. Hi, good post. I have been pondering this topic,so thanks for sharing. I will definitely be coming back to your posts.

    Like

  24. Didien® says:

    pakabar nisa..??? nanti saya lakuakn sesuatu deh buat nisa:mrgreen:

    Like

    • Nisa says:

      Alhumdulillah mas didien…🙂
      hwa… ojok mas… aku ojo dipentungi… *lho, sapa yang bilang mentung?*
      dikasih duwit aja mas😀, xoxoxo…

      Like

  25. sengaja, pengen hetrix di kebunmu.
    sepi, jarang bgt yg hetrix…
    dah pada gak asyik nie!!

    Like

  26. seneng nie aku…
    engkau semakin bersemangat.
    jadi ketularan nie..!

    seorang pesimis brkata,
    “ya Allah aku punya masalah yang sangat besar!!”
    seorang optimis berkata,
    “hei masalah, aku punya Allah Yang Maha Besar!!”

    Like

    • Nisa says:

      apa yang dirasakan teman itu mudah sekali menular ya ?
      ada yang positif, ada yang negatif…
      mari kita saling menularkan yang positif…
      SEMANGATT…!!
      syukron ya ust, dah dikirimi pesan2 penyemangat😀

      Like

  27. perlombaan sejatinya adalah
    usaha mempersempit jarak
    antara kemampuan optimal diri
    dengan usaha yang dilakukan.

    semangat ya dek…!

    Like

    • Nisa says:

      iya, perlombaan ya… jadi inget imel yang dulu pernah ust. kirim ke Nisa,, tentang anak yang lomba balapan itu lho… aku suka ceritanya. Kutak Menangis Sewaktu Kalah…
      SEMANGKA…!!

      Like

  28. Waahh… awardnya banyak juga yach.. SELAMAT BERKARYA jaa….🙂

    Salam silaturahim…😉

    Like

    • Nisa says:

      waduhh… belum Nisa kerjain nihh mas PR2nya:mrgreen:
      salam silaturrohim… Lama gak jumpa mas *di dunia blog maksudnya*, pa kabar ?

      Like

  29. cenya95 says:

    Just do it, Nis !!!

    Like

  30. hanif says:

    Tulisan yang penuh dengan energi…dan sepertinya sikap sportif dan pembelajaran dalam lomba itu bisa kau nikmati sehingga benar-benar membekas dan menjadi satu jalan pembentukan diri. Pasti ada perasaan bahagia meski tak memenangkan lomba, iya kan ?

    Like

    • Nisa says:

      siip bethul nie mas hanif…
      aku begitu menikmatinya… ^_^
      Bingo..!! Ada!! Ada perasaan bahagia itu…
      Banyak pengalaman, pelajaran, dan teman baru saat mengikutinya…
      Sukses selalu ya mas v(^_^)/

      Like

  31. agung agriza says:

    Ayo, mbak Nis… Lakukan Sesuatu…!!
    Ayo, smua… Lakukan Sesuatu juga…!!🙂

    Like

    • Nisa says:

      iya gungg… ayo…
      ngapain gitu yak,
      hmm… temen-temen blogger, kita olahraga pagi nyokk…
      bis sholat subuh gitu, ngaji trus olahraga,
      truz sarapan,
      mandi, lalu.. monggo sholat dhuha… ^_^

      Like

  32. gwgw says:

    my motto is, “do something is much better than do nothing…”,
    so miss nisa,
    don’t ever stop to do something. 🙂

    *so english :-)*

    Like

    • Nisa says:

      Wah… mottonya keren mister😀
      baiklah, akan kulakukan…!! *nge-sok bertekad* baiklah.. ngeBLOG ah… hihii, nggelethek…

      Like

  33. melakukan sesuatu itu dah lebih baik dibandingin diam tanpa aksi.. dan pengalaman yang didapat dari apa yang sudah dilakukan itu jauh lebih berharga daripada pengalaman diam aja kan..🙂

    Like

    • Nisa says:

      Wah, benar sekali…
      Melakukan sesuatu, sekecil apapun sambil kita mencari pengalaman baru, mencari ilmu, menambah wawasan.. ^_^
      wah… daripada ongkang-ongkang gak ngapa-ngapain ya ^^

      Like

  34. septarius says:

    Ayo Nis lakukan sesuatu, bersih2 tenda,siapin makanan,cuci piring,nyuciin baju temen,dll😀
    biar keluar keringat manisnya hahaha..

    Like

    • Nisa says:

      hahahha..
      udah kok mas…
      nie keringat maniesnya, mau ngincipi ta ?
      *yaks,,, kok ada yang ngelemparin aku pake wortel*

      Like

  35. bocahbancar says:

    Hohohohooho….

    Senang sekali bisa ketemu kamu Nisa..
    Kamu akhwat yang energik, saya senang melihatnya..

    Ya, lakukan sesuatu, pasti bisa…

    Semangat……

    Ganbatte Kudasai….

    Like

  36. bocahbancar says:

    Hohohohooho….

    Senang sekali bisa ketemu kamu Nisa..
    Kamu akhwat yang energik, saya senang melihatnya..

    Ya, lakukan sesuatu, pasti bisa…

    Semangat……

    Like

  37. achoey says:

    sejak awal A bisa menebak
    Adik A ini hebat🙂

    Like

    • Nisa says:

      Tiap individu punya kehebatan tersendiri, right?
      kalo saya mah… bukan hebat kali ya..
      tapi hebringgg…!! ato.. hebOOH…!!
      ^_^ Sukses slalu ya kak achoey… ^_^

      Like

  38. yoan says:

    waduh, tersenyum bersama thok nis? kok kecutt… :))

    huehehe…

    ayo nis! lakukan sesuatu! nyuci2 ta opo ngono…:mrgreen:

    Like

  39. saya termasuk paling minim ikut lomba

    Like

  40. Harsa says:

    hummm…ada pepatah bijak bilang, nilai dari sebuah perlombaan terletak pada usaha dari memenangkan lomba itu, kalah atau menang tidak jadi masalah yang penting, hadirnya kita diperlombaan itu dapat diperhitungkan..🙂

    do your best,Nis….🙂

    Like

    • Nisa says:

      Yang terpenting USAHAnya, right?
      Nahh… kadang ada perasaan gak puas menyergap
      dan menilai diri sendiri bahwa kubelum berUSAHA dan berDOA semaksimal mungkin… T_T
      nuuh… berasa mbentur-mbenturin pala ke tembok lagi dah kalo udah kaya gitu…
      So, kita musti DOA, USAHA, n TAWAKAL… ^_^
      *duwh… maaf kalo saya salah ngomong…*

      Like

  41. just 'azzam says:

    Sebetulnya dirimu berhasil. Berhasil mencoba!

    Tetaplah berencana. Kalo gagal merencanakan, berarti merencanakan gagal.

    kemon, do samting. Btw, what will u do?

    Like

    • Nisa says:

      Wah, iya ya… sekiranya ku tLah mencoba😀
      O,iya… yang akan kulakukan :
      *sik, mengeluarkan jadwal kegiatan selama liburan*
      cabe rawit setengah kilo
      bawang putih satu kilo
      tempe kedele ma tahu sutro
      sayur bayem 500 rupiah
      ehh??? salah ngeluarin list belanjaan kie Nisa:mrgreen:

      Like

  42. Irfan says:

    lakukan apa yang bisa kau lakukan.
    lakukan apa yang bisa bikin manfaat buat diri sendiri dan orang lain…

    lakukan!hhhee…

    Like

    • Nisa says:

      Yah… sebisa mungkin kulakukan apa yang kubisa
      dan kan kucoba melakukan apa yang harus kulakukan
      ^_^ tapi kadang ngerasa bersalah juga,
      saat aku tak bisa melakukan sesuatu karena takut mencoba,
      berasa mentok-mentokin jidat ke tembok beton😦

      Like

  43. hmmh… jadi inget pas masih ikutan pramuka, ada pula lomba-lomba ketangkasan fisik. berhubung lombanya sedikit konyol, para kontestan (termasuk saya) malah pada jaim, jadinya nggak ada yang menang:mrgreen:

    Like

    • Nisa says:

      pramuka? wah!! Seru itu mas!
      Saya malah enggak pernah ikut pramuka.
      Yee… pramuka penggalang kok jaim,
      sebaliknya musti GOKILLZZ mas😀

      Like

  44. Itmam says:

    menilik masa lalu, untuk dijadikan sebagai ‘ibroh’ dimasa yang akan datang adalah hal bijak, kita lebih bisa ‘muhasabah nafsi’ (introspeksi diri) sehingga kita menjadi insan kamil yang selalu mampu untuk mensikapi keadaan, apapun itu.
    Semoga ^_^

    Like

  45. Itmam says:

    owalah nduk… kok naik truk pasir segala, kek mau nonton ‘bukan empat mata’nya toekoel…:mrgreen:

    Like

  46. masnoe® says:

    haiyah tidak lolos kirain saya dengan semangat banget dapet 3 medali ternyata keberhasilan yang tertunda

    Like

    • Nisa says:

      iya, pak…

      hohoo… kegagalan itu keberhasilan yang tertunda nggih ^^

      tetep semangaat… dan maju teruuz…

      *bawa obor semangatt… di tengah sawah, hihii…*

      Like

  47. Rian Xavier says:

    yup2. Lakukan sesuatu. Itu lombanya menang ga?

    Like

  48. Nisa says:

    Lagi kena sensasi menthok-menthok in kepala ke tembok… hayyah…
    jangan donk, Nis…
    Menthok in kepala ke bantal ajja dech … ^^

    *maaf pe ernya belum juga*

    *dijeweer..*

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: