. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

^_^ Kak…!!

on 24 May 2009

Siang yang terik, aku memboncengnya menuju mulut gang lain melalui jalan terabasan ini. Kami sangat senang melewati jalanan sempit dan berbatu ini, di kanan kiri jalan terdapat hamparan sawah hijau dengan teraseringnya yang rapi dan dari kejauhan terlihat gunung yang kokoh berdiri, memaku bumi. Sekadar menghilangkan penat, kami sepakat soal ini, alam jawabannya.

Hampir basah bola mataku saat mengantarkan kepergiannya, bercampur senang mengingat di tahun-tahun awalnya dulu aku hampir tidak pernah melihat tas ranselnya dari belakang, sekadar mengucapkan salam perpisahan…

Mungkin di awal-awal tahun lalu aku suka sok sibuk dengan urusanku sendiri, sampai tak pernah tahu kapan ia datang dan pergi. Saat ia telah berangkat, hanya sesal dan air mata kudapat.

Di gapura gang, ia menepuk pundakku yang diselimuti oleh jaket merah maroon pemberiannya. Jaket lembut dengan bordiran nama di lengan kirinya. Bukan namanya apalagi namaku, tapi deret nama ini bertuliskan “[nevergiveup]”.

“Never give up adikku, Assalamu’alaikum….”

* * *

Malam itu adalah suatu malam di hari-hari ujian madrasahku, tapi malam itu saya malah menemani adik saya -Ichan- yang masih TK bermain sampai malam:mrgreen:.

“Awas, chan…!! Hiyak! GooOooLll…!!”

Kami bermain serang dan tangkap baling-baling plastik. Bukan baling-baling bambunya Doraemon lho… ^^ hihii.. Malam yang penuh keceriaan, saya dan adik bercanda riang gembira, memenuhi ruang-ruang rumah dengan penuh tawa.

“Chan… udah chan…”, kupegang tubuhnya dan kurengguh pundaknya.

“Ahahahaha… Ichan gak bisa berhenti ketawa!! hag hahaha…!! Gara-gara Mbak Anis sehh, Ichan sampek ketawa terus!!”, adikku tertawa sambil guling-guling di atas kasur. Kucoba hentikan, tertawanya makin keras.

“Chan… sudah tho… gak baik, Chan… kalau kebanyakan tertawa itu…”, kata ayahku dari depan monitor komputer. Padahal ayahku juga seorang yang lucu, sering membuat kami terpingkal. Namun, kali ini Ichan benar-benar gak bisa direm…

“Haghaha, Lha gara-gara Mbak Anis ini lho, Hahaha…!!”, kata Ichan sambil duduk di belakang ayahku.

“Lhaahh… Aku gak ngapa-ngapain… Ichan ini lho… pancene.. kalo guyon ndableg, gak bisa berhentii!”, protesku sambil memegang tubuh Ichan, berharap bisa mengurangi getaran tawanya.

“Sudah,,, ketawa terus begitu apa nggak ingat kakakmu…? Apa sekarang kakak di sana juga sedang ketawa ato… gimana ya kabarnya…”

Hhh… iya. Lama sekali tidak ada kabar darinya.. lama tidak ada celoteh cerita darinya. Lama sekali kutunggu kehadirannya di ruang messenger.:mrgreen:. *Kak… ayo dung OL..* Hmm.. Kita telpon aja yuuk…

“Kak?”

“Sik, bentar… lagi di masjid..”

* * *

Malam ini kupandangi sebuah balok di atas lemari. Kuraih dan kubuka perIahan. Isinya sebuah album perangko yang telah penuh baris-baris plastiknya. Sebuah kenangan hobi kami yang hanya bertahan hingga awal tahun 2001, karena melambungnya harga ke angkasa. Mahal, menurutku yang saat itu masih duduk di bangku madrasah ibtidaiyah.

Hhh… jadi ingat masa lalu…

Dulu saya menganggapnya sebagai sebuah tembok besar dan tinggi yang selalu ingin saya loncati. Karena saya hampir selalu kalah di setiap permainan. Catur, otello, game-game di PC, monopoli, petak umpet, bulu tangkis, sepak bola, loncat tali:mrgreen:, bingo, bahkan di permainan macam ular tangga sekalipun. ^_^ tapi saya hepi-hepi aja ding! he he..

Selain itu, dia lebih pandai dan lebih baik prestasi belajarnya….. hmm… pantaslah kuanggap dia sebagai tembok.

Namun tembok itu terasa hangat… tembok yang melindungiku dari hembus angin… dinding yang mengajariku berbagai hal.

Dan seringkali aku tercengang mendengar nasihatnya. Membuatku malu, menekuk wajah, menunduk dalam-dalam, dan…. hhh… begitulah!!

“Nis… kalau bicara nggak boleh menaikkan suara… apalagi sama orang tua… kamu tau kan, bicara ah atau uf aja nggak boleh, lho…”

“………… iya………….”😦

“Kalau ada yang gak sesuai dengan maksudmu, tunggulah sampai mereka tuntas bicara, jangan menyela…”

Bertahun-tahun lamanya sudah nasihat itu ia sampaikan padaku… Bertahun-tahun lamanya!! Namun masih saja terngiang dalam benakku. Sejak saya masih kecil, saya suka sekali mendengarkan nasihatnya yang kadang panjang lebar, padahal selisih usia kami cuma 3,5 tahun. Sama-sama masih kecil….. tapi ia terlihat lebih tenang, dibandingkan diriku yang suka gegabah dan ceroboh ini…

* * *

Kak, inget gak…?!

Waktu di samping rumah dulu banyak pohon tebu. Kakak yang mencarikannya, lalu aku dan teman-teman yang mengisapnya, karena kau tak suka manis.😀. Kau fanatik asin!!

Dulu kita suka main ke sawah, trus nyari ikan cemplon di parit:mrgreen:. Ternyata jaring buat nangkap ikannya malah menangkap ‘sesuatu’ yang bikin kita ngakak. Apaan tuhh…:mrgreen:

Dulu kita selalu jalan pagi tiap hari Minggu… sama bapak diajak menghirup udara segaar… sudah lama gak kayak begini, terakhir kali waktu liburan tahun baru kemarin ya? dengan anggota baru tentunya, dek Ichan.

Kita pernah keranjingan game, sampai larut malem di depan layar kaca…😦 sekarang enggak lagi ya…? Ampuun Bu… kami kapok…

Kita pengen banget lompat ke layar kaca saat nonton pilem Laskar Pelangi ^_^ hihii…

Kak, inget gak…?!

Sampeyan tahun ini dah berusia 21 tahun… di 24 Mei ^_^ tentunya… ^^

Selamat ulang tahun ya… semoga barokah usianya, bahagia dunia dan akhirat… Amin…

Kita bahagiakan Ibu dan Bapak ya… ^_^

Kita bertiga, Kak Anas, Nisa, Ihsan…

jari 0kakak beradik

Maafkan aku… seorang Nisa, adikmu dengan segala ketidakdewasaannya, dengan segala kesalahan dan luka yang kubuat, baik yang sengaja maupun tidak…

* * *

^…Semoga kakakku gak baca tulisan ini duwh bakal malu sayya…^

^…Tapi kayaknya suatu saat bakal dibaca dehh, yawislah, tak nyiapin kardus buat nutupin muka…^

_______



118 responses to “^_^ Kak…!!

  1. zulhaq says:

    persahabatan yang indah!!!
    persahabatan yang luar biasa
    lanjutkan!!!

    Like

  2. Wah2, udah 1 bulan lebih telat baca nya… maap2 ya…

    btw, met ultah buat kakaknya ya…
    ternyata di usianya yang lebih muda dariku tapi dia lebih dewasa cara pandangnya dari aku ^_^

    semoga sukses selalu ya…

    Like

  3. cupu says:

    wuuh~~ ..* ketingaalan *
    lagi ada party nie ..
    happy bertday aja dechh buat kk nya…

    N
    salam knal mbak😀

    Like

  4. Raffaell says:

    Wah, kekaguman dengan kakak nya yah, hebat, bisa diekspresikan

    Like

  5. jadi ingat kakak2 saya. kakak sulung saya, sejak kecilpun sudah terlihat dewasa, dan sering menasihati saya ini-itu, menasihati saya untuk belajar dan memperjuangkan masa depan saya sendiri. sekarang, kami sudah sama-sama dewasa, sudah kudu faham betul soal persepsi baik buruk dan benar salah. sekiranya sekarang ini dia sudah menganggap saya seimbang dengannya. jadi dewasa itu adalah perkara lain yang terasa ganjil sekaligus wajar dalam hubungan saya dengan kakak saya…

    Like

  6. reallylife says:

    kak, ada postingan baru nda ya??

    Like

  7. muhamaze says:

    indah dan megah….
    semoga menjadi ibadah…

    Like

  8. Odie says:

    weh weh…selamat ulang tahun buat kakaknya…
    udah telat ni ya..hehehe
    Nice Story, you make me smile and cry when i read it..😀

    Like

  9. jadi teringat anakku yang kadang kalau tertawa tak terkendali sampai muntah

    Like

  10. masnoer® says:

    mateb ceritanya happy birtaday to sedulur mu

    Like

  11. habib says:

    wah..
    Saya sbgai kakak ngrasa lum bisa bimbing ade sndiri ni..

    Like

  12. mas8nur says:

    Aku terharu baca ceritamu, Nis….
    Aku anak terakhir dan sering banget rindu masa2 aku masih kecil dengan kakak yang banyak, suka ngatur2 sih tapi tetep sayang. Sekarang dah pada sibuk dg anak masing2 dan jarang ketemu. Sedih….

    Like

    • Nisa says:

      Alhamdulillah… Pak Nur punya banyak kakak ya…
      Saya juga seorang kakak yang kadang suka ngatur adek saya…
      itulah ungkapan kasih sayang seorang kakak terhadap adiknya…
      Seiring berjalannya waktu… ternyata semua itu bisa berubah ya, Pak… T_T jadi pingin nangiiss..
      Semoga bisa lebih sering berkumpul kembali… Apalagi sewaktu Hari Raya Idul Fitri,, biasanya kakak pulang kampung… menghapuskan biasan sedih itu…
      Paling enggak kalu nggak bisa kumpul2 ya nelpon…
      Saya masih kecil… belum tahu kehidupan rumah tangga kelak… *semoga dimudahkan oleh Allah Ta’alaa.. amin*

      Like

  13. gajah_pesing says:

    cerita yang mengasyikkan.. semangat ya….

    Like

  14. wi3nd says:

    hepi belated milad wat kakanya ya niss🙂

    its so nicve to have youn9er and familly like u all…

    Like

  15. radesya says:

    Met ultah buat kakaknya ya…
    Persaudaraan itu indah ya.., jadi ingat kakak deh😦

    Like

    • Nisa says:

      Alhamdulillah… indahnya persaudaraan, desya…
      Loh… kenapa ikonnya “:(“ cemberuut…
      Jadi ingat kakaknya ya… Maaf, rara…. kalo Nisa bikin rara sediih…
      Semoga segera melepas rindu dengan kakaknya ya..
      Kakaknya rara ada di mana sekarang…? Jauuh ya…
      Maaf… rara… Semangat ya, sobat…

      Like

  16. Atika says:

    Belajar dari masa lalu, tapi juga jangan terlalu terhanyut olehnya.
    Salam Kenal KaKa.
    Main2 ke blog ku ya..!!

    Like

    • Nisa says:

      Yup… Belajar dari pengalaman, dek…
      Salam kenal juga. Siipp… udah Nisa kunjungi, dekk…
      *bener adeek kann*
      makacieh ya dah mampir sejenakk…

      Like

  17. hariez says:

    posisiku berada di tengah seperti dikau sahabat..kuraas kakak mu bangga dengan apa yang telah kau ungkapkan…😀

    -salam- ^_^

    Like

  18. casual cutie says:

    jarinya mba nisa yang mana??? met ultah ke 21 ya…

    salam kenal ya mba..

    Like

    • Nisa says:

      Jariku yang mana ya… karena aku anak tengah, jadi yang gak kecil juga gak besar… yang jarinya sedang2… *walahh…*
      Salam kenal juga mbak… ^^
      Terima kasih ya dah main kemarii…

      Like

  19. Memang, kalau mengingat masa lalu kadang membuat kita,terhanyut oleh berbagai peristiwa yangpenuh keindahan. salam kenal….

    Like

  20. Sooo sweet sampe poto jari2 gitu🙂
    btw met ultah juga buat adiknya…

    Like

  21. oRiDo™ says:

    selamat yah…
    *jari yg bertiga.. siapa yg beruntung kedua tangannya bisa kena foto yah?? :D*

    Like

  22. mahardhika says:

    wah wah nis…. terharu banget liat 3 bersaudara ini…., tapi kok ada 8 jari ya?? kalo ber3 harusnya masing2 ngeluarin 2 jari jadi totalnya 6 jari. nah yg dua jari lagi sapa ya?? pasti ada yg ngeluarin dobel nih hehehe……

    Like

    • Nisa says:

      Mbak Ikaa…
      Mampir juga sampiyan akhirnya… lam nggak nongoll..
      Iya… hihiii… jari siapa yang dua itu ya… Xixiiixixiii… sereeemm kannn *sok mistis*
      ada yang dobel.. hayuuk jadi kuis. Siapa yang ngeluarin dobell hayyoo??

      Like

  23. hii…
    penuh hikmah…
    wew…

    subhanallah, salam buat semua, ya😉

    Like

    • Nisa says:

      ^^ InsyaAllah…
      *jujur, asline aku bingung kalau dititipi salam untuk keluargaku… lha aktivitas ngeBLOGku ini nggak begitu diketahui oleh mereka,,, hihii…*

      Like

  24. idham says:

    keluarga yang rukun…sangat menyenangkan…
    dan beruntung punya kaka yang sangat baik…
    mungkin sedikit orang seperti kamu nis..
    aku juga seorang kakak… tapi mungkin tidak sebaik kakakmu…

    Like

    • Nisa says:

      Amin.. Alhamdulillah…
      Semoga terus berlanjuut…
      Aku yakin, pean kakak yang baik, mas Idham…
      ^_^
      Mari kita sama2 berjuang. Aku juga seorang kakak…. tapi ancurr begini T_T hiks…
      SEMANGAT mas Idham…!!!
      aku jugaa…

      Like

  25. grubik says:

    wekekeke, saya hari ini juga ulang taon nis…

    salam buat kakakmu yo,

    Like

  26. hajriansyah says:

    bulan belah semangka, kata sandi firly.
    eh, nyambung gak sih, hehe…
    salam!

    Like

  27. Ayo…siapa itu..Ehem..ehem..

    Like

  28. hanif says:

    Jadi ingat kakakku yang di Jakarta, ah..semuanya sekarang sudah menikah dan dewasa

    Like

    • Nisa says:

      Owh… kakak’e ada yang di Jakarta ta mas…
      Wah.. pean anak ragil ya…
      Kapan menyusul menikah…:mrgreen:
      Semoga kelak terjalin ikatan yang sakinah, mawaddah, wa rohmah… amin..
      jangan lupa undangannya… *walah, kidding mas*
      ^_^

      Like

  29. ammadis says:

    Wah kompak yaa…

    Salam buat kakak nya yg heppi birthdei….

    Salm kompak semuanya….

    Like

  30. ini cerpen ato….
    cerita asli yah?
    hehe

    Like

  31. CSDW says:

    Minta Semangkok semangka jeng, plus jengkol😀
    Sekalian numpang tumpang http://wandisukoharjo.wordpress.com/2009/05/26/apa-kamu-bisa/

    Like

  32. gwgw says:

    aduh !….menyentuh banget nisa….
    pinter lo ngebawa suasana hati…*salut*

    Like

  33. SanG BaYAnG says:

    Ndak salah tu kalo mau nutupi muka pake kardus..???
    Lha..daun pisange ntu mau buat apa nis..???

    Apa tak ambile buat bungkus nasi jagung wae..wkxkxkxkxkxkxkxkx..

    Like

    • Nisa says:

      Dooh… ada orang yang nyeluk2 CIPLUK….😛
      *Pentung sang bayang pake paculll!!*
      Yoh… kepalaku tak tutupi kerdus, terus ditimbun daon pisang😛
      *huuuffhh… lama gak makan nasi jaguungg…. T_T pake jangan asem, pepes ikan, sambel, tempe renyah, krupuukk*

      Like

  34. yoan says:

    Haaah… Kakaaak… Jadi pengen punya kakak… Punya adek juga…
    Nisa asik ya, punya kakak ‘n adek…
    Akur2 ya nis…

    Saya cuma bisa ‘ngiri’:mrgreen:

    Like

  35. Fitri says:

    Lho kakak disini hahaha ngaku2, sini setoran dulu nis wee ini sih preman hahaha

    Like

  36. Pringgondani says:

    keluarga cemara…
    baek2 ya!😀

    Like

    • Nisa says:

      Heuu… kok tiba2 jadi keluarga cemara😀
      Yuupp… selamat datang dan salam kenal… ^^
      Terima kasih ya dah mampir kemarii…

      Like

  37. kenangamu says:

    aduhy..aku seorang kakak yang kadang masih galak sama adik sematawayang..
    mungkin nggak sih karna jarak yang terlalu jauh…

    Like

    • Nisa says:

      ehm… yukk, kita lakukan yang terbaik, mbak… untuk saudara kita… selagi nafas ini masih berhembus..
      ^^ Adiknya masih kecil ta? kok kadang digalakinn…:mrgreen:

      Like

  38. adiitya says:

    Met ultah buat kakak kamu ya nis,persaudaraan yang indah..jadi ingat keakraban aku sama sie..ah tapi sudahlah dia pasti bahagia disana..
    Makasih ya nis,pagi2 sudah mampir ke gubukku he he

    Like

    • Nisa says:

      Iya, met milad kak Anas..
      Indahnya persaudaraan ya mas, Adiit…
      Owh… mas Adit saudaranya Mbak Sassie ya..
      Semoga Almarhumah bahagia di sana, kita doakan Mbak Sie ya.. Al-Fatihah.. amin..
      Barakallahufik..
      Saya senang, pagi2 bisa lari-lari di sana:mrgreen:, sambil bawa obor SEMANGAT!! ^^

      Like

  39. Insan says:

    ^_^ heu heu…

    Like

  40. kawanlama95 says:

    Ya .Semangat terus . ya . selamat buat kakanya
    aku ga punya . adik biarlah engkau menjadi adikku

    Like

    • Nisa says:

      Iya, kak. Semangat.. gak boleh padam..
      ^_^ yupp.. met milad kak Anas..
      Monggo… kita sesama blogger ini kan bersaudara… ^^ indahnya…

      Like

  41. shofiyah says:

    Adik teh lutuuu pisan yah??
    nutupin muka ma kardus..hihihi jadi square mask dung..
    Ahh senangnya punya mas dan dede’
    mbak teh anak terakhir ga punya mas, ga punya dede’ cuma mbakYu an satu ituh sing paling ayu dhewe..(la yah wong cuma satue kok ^_^)
    hihihih….
    Klo butuh bantuan or apa-apa bisa di imel or sms dek..di FS lemot lambat kuro2 cihhh

    SEMANGDEK..Semangat adkuw..-> maksa yah?

    Like

    • Nisa says:

      Wiiikikikikk… hu umph… sguare face mbak so sayangg…:mrgreen:
      Alhamdulillah… nisa bahagia ada mereka di penggalan kisah kehidupan ini..
      ^_^ Mbak Yuu ne mbak so ini pasti sayang sama adik e yang ayuu dhewe juga😀
      Iya… InsyaAllah.. nisa SMS ajja mbak..
      YM kita kuro-kuro mode ON… wkwkwk..
      mbak so Fban ndak??
      SEMANGKAA..!!
      Hihihiiiy…

      Like

  42. septarius says:

    emange kk’mu kemana..??

    met ultah buat kk’mu..

    Like

  43. tidar99 says:

    kakak…
    aku rindu kata itu..
    met milad to u brother ya sist

    Like

  44. achoey says:

    Aku tak punya kakak
    Tapi aku punya adik
    Aku bangga pada adik-adikku

    Mungkin kakakmu pun begitu
    Karena adiknya sebaik kamu

    Met Milad buat kakakmu dik😀

    Like

    • Nisa says:

      Dan adik-adik pean bangga padamu, mas…
      Kau kakak yang baik juga🙂
      Saluut buat kang achoey..
      Yup.
      Met milad kakak…😛

      Like

  45. easy says:

    selamat ulangtahun ya buat kakaknya..
    semoga kedewasaan mengiringi langkahnya

    Like

  46. diajeng says:

    Semangka ya nis…ayo brkarya terus..kakak ikut berdoa untuk kesuksesanmu🙂

    Like

    • Nisa says:

      Nggih, mbak yuu… matur suwuun… siip deh.. semoga bisa terus berkarya😉
      Mbak DIAJENG pa kabar??
      Lama nggak main2 nihh…

      Like

  47. reallylife says:

    semangat ya??
    dan selamat ultah buat yang ultah ya

    Like

  48. muhamaze says:

    sungguh indaah persaudaraan itu
    semangat ya nis…

    Like

  49. Haduh… jujur sebenernya diriku speecless dna ngak tua mesti komen apaan klo posting kayak gini😛

    Yang penting semangat lah, ALLAH itu maha adil dan penyayang

    Like

  50. Irfan says:

    semangat juga! inget kakak…
    kakak, semoga mimpinya segara diraih…

    Like

  51. diazhandsome says:

    semangattt!!! tetep berjuan di zaman gombalisasi ini.. oke??

    Like

  52. imuhamadi says:

    nice post nis..!

    kakak yang baek + adek yg baek + adek yg lucu + bapak yg bijak = what a happy family..!!!

    (btw ibunya ko cm disebut saat kamu kapok?:mrgreen: )

    Like

    • Nisa says:

      Amin… Semoga bahagia dunia-akhirat..
      Ambil sapu tangan dulu,,, mesti mau nangis kalau pengen nulis tentang IBU…
      mendadak speechless…
      IBU…

      Like

  53. imuhamadi says:

    hmm,
    jadi inget kakak, adek2 di rumah nih.
    kangen euy..!
    jadi pengen pulang kampung lagi nih..!

    Like

    • Nisa says:

      Barakallahufik… Semoga bisa pulang kampung dan berjumpa dengan mereka ^^. Sebentar lagi mungkin aku merasakannya, ust..

      Like

  54. WANDI thok says:

    Kok masih seneng UT jeng… selama uang tahu ya😀

    Like

  55. WANDI thok says:

    Siap jeng, tak tunggu kabare ya,
    Nek semangat 45 jane yo tulisane dadi duawaaa banget. Suka nyang panjang-panjang ya jeng🙄😀

    Like

  56. WANDI thok says:

    Nek semangat, langsung hetriks komeng😀

    Like

  57. WANDI thok says:

    Wah, akhirnya…

    Like

  58. Nisa says:

    Maaf,,, lamaaa banget baru bisa apdet nihh… T_T
    saya sedang fokus mempersiapkan sesuatu… mohon doanya ya😀
    hmm… tapi saya kapok dah pamit hiatus gak jadi2…😛
    walhasil saya tetep ngeBLOG deh… tapi jarang-jarang…😉
    tetap SEMANGKA…!!
    Semangat Kawand!!

    Like

  59. Nisa says:

    SEMANGKA!!

    Semangat Kak!!

    ^_^

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: