. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Last Train

on 10 July 2009

last4train

Belasan tahun yang lalu

kami berlarian di batu-batu yang menggunduk

bersanding bersama rel kereta api

di bawah mentari

meletakkan logam-logam koin

pada rel kereta api

membiarkannya digilas, halus…

aku hanya mendekat sebentar

lalu berteriak dan kembali berlari

menuruni bebatuan itu

memasuki teduhnya rumah kecil

kecil, sangat kecil…

di dekat rel kereta api

rumah tua beralaskan tanah

berdinding anyaman bambu

bertaut senyum dengan lubang di sana-sini

dan aku tidak sempat memeriksa

apakah air hujan bisa menetes

. . .

kini rumah itu telah tiada…

entah bagaimana kisahnya…

aku tak paham… dan tak pernah berani bertanya…

rumah kecil yang mungkin hadir di mimpiku

saat ia pulang ke Samben…

rumah seorang wanita tua

yang telah menjadi bagian dari keluarga kami…

nb :

*Judul “Last Train” minjem dari lagunya mbak Yui. Dan percaya atau tidak, terakhir kali saya naik kereta api  adalah saat belasan tahun yang lalu🙂

*Foto di atas hanyalah gambar yang diambil dari jendela bus saat saya pergi ke Jogja, tetapi melihat ke luar bus sering mengingatkanku tentang kisah di tepian rel kereta api.

*Sudah, sudah. Entah kenapa mengingat semua ini membuat saya menangis sesenggukan, tak ingin bercerita…😦

Kau bisa merasakan sesuatu, kawan?


100 responses to “Last Train

  1. idham says:

    kereta api terakhir bukannya filem perjuangan nis…

    Like

  2. tigaw says:

    hihihikkkk jadi sedih juga nih…
    teus rel kereta apinya masih adakan?
    hihihikkkkk…..
    jangan sedih dong sdik manis.
    salam sahabat jauh dari balikpapan nih dan disini ndak ada rel kereta api lho…

    Like

  3. Siapa wanita tua itu Nisa?
    Nenekkah ? yang jarang dikunjungi?
    Kangen ? atau merasa bersalah tak pernah mampir lg…?

    Like

  4. wi3nd says:

    rasa..??
    hemm sebuah memoriam yan9 nda in9in dilupakan ya nis.??

    its somethin9..apa yakh snif..snif..lahh dah kaya pramal ajah😛 hehehe

    Like

  5. kata aa gym, setiap kita mau melesat dan tancap gas jangan lupa liat spion..!

    ah, masa lalu memang indah
    agar bisa menatap tegak masa depan
    dan melesat tancap gas..
    sukses nis!!

    *komen gak nyambung*:mrgreen:

    Like

  6. kawanlama95 says:

    Setiap kisah selalu mengasikan untuk dikenang. dan akupun mengenang tentang aLAM RUMAHKU SILAHKAN datang ya. abis sholat magrib meyapamu saudaraku

    Like

  7. Hariez says:

    Pandangan masa lalu yang terlintas ya Nis..?? hmm…aku sempat mengartikan tulisan ini kereta terakhir karena melihat judul tapi pas membaca, ouwww….mengenang masa lalu…😀

    -salam- ^_^

    Like

  8. JAUHDIMATA says:

    tak ada kenang
    tak ada rasa
    tak ada cinta

    karena saya belum pernah naik kereta api😀

    Like

  9. Afif says:

    nice picture..
    Pemandangan yg indah, gaya bahasa yg indah.
    Izin link yah🙂

    Like

  10. sambengan says:

    saya malah jadi inget yang dulu-dulu, waktu kecil, rumahku juga beralaskan tanah dan berdinding bambu! tapi kayaknya masa kecil itu penuh keceriaan ya?

    Like

  11. irawan says:

    kapan ya beta terarkhir kali naik kereta…jujur beta sempet naik kereta cuma pas ke malang jaman dulu….skrng hampir dipastikan gak pernah lagi…maklum jelajahnya sudah antar pulau…kira2 kpn ya..ada kereta antar pulau…??? he..he..kyknya gak mungkin ngarepin hal semacam itu di indonesia saat ini… bgn jembatan suramadu aja lamanya minta ampun… namun sebagai warga jatim beta jg bangga atas hasil karya jembatan suramadu…akhirnya kita punya jembatan terpanjang seindonesia yg menghubungkan jawa madura..

    oh iya kok jd nglantur kemana-mana ya..beta kan cuma mo kasih info klo kmu dapat award jg dr beta….terserah mo diapain awardnya karena beta yakin kmu mungkin dah byk dpt beginian,,he,,he

    Like

  12. Si Gembala says:

    Kenangan masa kecil terkadang menghadirkan getar tersendiri…..ada sebuah kenyamanan,keelokan dan kesenangan yang hanya bisa dipahami oleh naifnya masa kanak-kanak…

    Like

  13. Saya gak pernah naek kereta api tuh..(gaptek??) hehe….

    Like

  14. morishige says:

    sajak yang bagus.

    perjalanan memang banyak memberikan pembelajaran pada manusia. karena itu saya senang jalan-jalan.. hehe..

    Like

  15. Asyik bgd…
    Puisi dan picture nyatu bangeeetss…🙂

    Salam silaturahim…😉

    Like

  16. aliyah says:

    Assalamu’alaykum

    ishbiri ukht, tak ada yang abadi..hmm jadi ingat dulu mbak juga naruh uang logam di rel kereta api..ternyata mental ilang..hihiy..^^V

    sepupu ana klo denger suara kereta api jingkat-jingkat kegirangan cuz di rumahnya jauuuhhh banget dari rel kereta api..ga kerasa dia skrg dah lulus SMA..anak kecil ga kerasa yah gedenya..hehe..*sok tua*

    Like

    • Nisa says:

      Wa’alaikumsalam wa rahmatullah wa barakatuh… ^^

      Hmm… iya ukht… heuu… kok mental.. >_< kalo nisa mah… penyettt ^^

      hihi… nisa juga kali yah… gak kerasa dah makin gede… ^^

      Like

      • aliyah says:

        barakallahufiky ukhtiy…

        wah penyet jadi pengen liat jadinya..abis dulu waktu SD naruh di rel kereta ga ketemu waktu dicari pas keretanya dah lewat..kayaknya mental dan ilang gitu..

        SEMANGAT dek nisa..^^V

        Like

  17. Acha says:

    duuuh.. pengen naik kereta api …. menikmati pemandangan yg begitu indaaaaah…
    seumur hidup sy blm pernah naik kereta api….
    _salam anget_

    Like

  18. Iklan Baris says:

    Memang benar, semua yang pernah hadir diantra kita itu menjadi kenangan, dan mengingatkan suasana saat itu!
    saya juga teringant dengan rumah beralaskan tanah dan berdinding anyaman bambu, rasanya ingin kembali!
    Stop
    Dreaming Start Action

    Like

  19. tuyi says:

    Kenangan yang tak terlupakan ya Nis…?

    Like

  20. Abdul Cholik says:

    wah dimana tuh lokasi sebenarnya kok ada kata Samben,soalnya diJombang juga ada desa namanya Kesamben.
    mantap puisinya nduk.Maju terus dengan artikel yang bermanfaat dan menarik lainnya.
    Salam dari pakde di Surabaya.

    Like

    • Nisa says:

      itu di Mbrongkos pak e… hihii…

      mohon doanya ya pak.. supaya saya dimudahkan dalam menulis.. ^^

      wah, salam juga pakde ^^ surabaya, deket nuh ma malang ^^

      Like

  21. achoey says:

    mengenang masa lalu
    memang indah
    🙂

    Like

  22. emm.. saya juga ngga nangkep memori apa yang bikin terharu, nisa?

    tapi…

    saya terbawa sama suasana gubug di pinggir rel, yang selalu berdentam-dentum disana-sini saat kereta melintas…

    ada keheningan di setiap sudut gubugnya, lalu menghentak-hentak memecah bumi saat kereta berlaju!

    taju-taju pedang cahaya matahari yang menerobos masuk dari anyaman bambu dindingnya bikin mesra. serasa tak mau pergi dari sana. lalu taju taju pedang itu tersesaki debu saat kereta mengangkat pasir pasir relnya!

    emang sekarang gubugnya dimana, nis?
    punya sodara kah?

    Like

    • Nisa says:

      maaf mas… nisa gak bisa menggambarkannya dalam bentuk tulisan nih kayaknya >_<

      hmmm… bukan terharu, mungkin lebih tepatnya, merasa bersalah… ^^

      Owhh… subhanallah… suasana yang indah mas🙂

      gubugnya sudah gak ada…. dan saya gak tau gimana lenyapnya…

      bukan sekadar saudara… ^^

      Like

  23. kawanlama95 says:

    aduh de nisa , mau naik kereta api ya. udah kalo liburan naik aja ya sama kawan2 kek atau sama keluarga juga boleh

    Like

  24. phiy says:

    terakhir kali aku naik kereta, kira2 seminggu yang lalu😀
    rumahku deket stasiun, kalo jalan jauh, pilihan tepatnya ya kereta. ngga ada romantisasinya sama sekali. yg ada malah keluhan😆

    kalo baca pusi di atas, kerasa ko gimana suasana di sana🙂

    Like

    • Nisa says:

      Hiahhh…. jadi udah bosen gitu ya mbak, hihii… udah biasa sih.. kalo nisa mah katrok tenaann… jadi hal kecil bisa kerasa keren gitu kali ya… ^^

      Hmm… semoga ^^ bisa kerasa..

      Like

  25. Riffy says:

    hua………….
    gunungnya cantiiiiik .
    [???]

    Like

  26. diazhandsome says:

    aduuhh… kadang gak ngerti juga ngomong apa. hehehe…

    Like

  27. Ade says:

    Jadi pengen pulang kampung..😦
    *menghitung hari.. september sebentar lagi*

    Like

  28. marv says:

    Gambar gunungnya mengingatkan aku sama rumahku yang dulu. Rumah yang menjadi saksi masa kanak-kanakku. rumahku menghadap timur. setiap pagi, kami suka menikmati matahari yang terbit dari celah gunung. pemandangannya begitu indah, antara gunung dan rumahku tidak ada yang membatasi selain jalan hamparan sawah luas yang menghijau. saat musim panen tiba aku suka memanjat pohon di dekat pematang sawah, sambil merasakan hembusan angin dengan aroma padi….
    kini, rumah itu udah gak ada lagi…

    Like

  29. D3pd says:

    Pencurian gambar yang bagus. ^_^…V chayoo, yeaacchhh…

    Like

  30. Irfan says:

    Met Mlem.. Maaf OOT..
    Saya minta dukungannya di kontes ngeTop ngeTren yaa sob.
    Caranya gmpg banget,, cuma pokoknya kasih komentar di postingan saya..
    TeriMakasih sebelumnyaa..

    Like

  31. muhamaze says:

    waduuh nis, omahmu dimana seh? kok kenangan2mu bener2 bersinggungan terus sama aku.. dulu kutaruh paku besar di rel, biarkan kerata melindasnya, jadilah pisau2an…
    yah… kita senasib seiman hehe…

    Like

    • Nisa says:

      Rumah saya di Malang mas… cerita di atas bukan rumah saya🙂

      Iyooo!! Aku juga naruhh pakkkuuu… haha… sama besi2 kecil gak jelas pokoknya taruh semua di atas rel, hihii..

      >_<

      Like

  32. Irfan says:

    Met sore.. Maaf OOT..
    Saya minta dukungannya di kontes ngeTop ngeTren yaa sob.
    Caranya gmpg banget,, cuma pokoknya kasih komentar di postingan saya..
    Makasih sebelumnyaa..🙂

    Like

  33. pemandangannya bagus… hehehe

    Like

  34. faza says:

    Aku kembali,
    tapaki jejak-jejak langkah masa lalu
    tak indah memang dalam kenangan
    namun semburatnya tetap bersahaja di pikiran
    Terima kasih masa lalu,
    Kau bentuk daku dengan segala kekuranganmu
    Kau tempa aku lewati lingkaran waktu
    kenanganku, apapun itu…
    kau abadi dalam relung terdalam hatiku

    mudah2an mewakili yach
    c u….

    Like

  35. ~noe~ says:

    “aku tak paham… dan tak pernah berani bertanya…”
    itulah kenapa dirimu cuma bisa menangis sesenggukan.
    memang kadang adakalanya kita lebih baik tidak tahu tentang sejarahnya, namun jika itu cukup mengganggu, bahkan ketika sekedar mengingat saja, maka kuatkanlah hati untuk berusaha mencari tahu. bisa saja sejarah yang terungkap bisa menginspirasi kehidupan mendatang. minimal posting blog ke depan😀

    Like

    • Nisa says:

      bagaimana ya pak ya… saya benar-benar tak bisa bertanya… semua masih berkaitan dengan saat ini, seseorang yang saya maksud di sana masih ada, dekat dengan saya, tetapi saya merasa penuh kesalahan… dan tak ingin menambah catatan buruk saya dengan pertanyaan itu… ^^ terima kasih pak…
      mungkin suatu saat saya akan bicara…

      Like

  36. accan says:

    wah,,, Puisinya.. Cip deh. 🙂
    Flashback ni ceritanya.. 😦

    tukeran link ya.. 😀

    Like

    • Nisa says:

      Iya can… masa lalu… namun masih bertaut dengan saat ini…

      blog accan udah nisa pasang link-nya sejak beberapa bulan yang laluu… >_<

      Like

  37. Nisa says:

    barusan chat sama kakak…

    “keunggulan kereta api: yg ekonomi murah banget, pemandangan ke luar jendela lebih indah ketimbang bis
    bisa melihat hamparan sawah yg hijau, lorong2 sepur peninggalan Belanda, pegunungan, sungai, dll”

    hwaa… pengen naik keretaa… >_<

    Like

  38. Hamster Copo says:

    Heem..aku merasakan bahwa adek kangen sama rumah itu dan nenek tua..emang itu sering terjadi kepada setiap orang berada diluar jendela bus itu dikarenakan angin sepoi-sepoi yang membuat kita damai dan ingin mengenang masa lalu…huuh jadi mellow niih hehehe

    Like

    • Nisa says:

      Iya… melihat ke luar jendela mengingatkanku banyak hal… ^^

      Nisa jadi beneran pengen naik bis ma kereta nih ^^

      Gak papa, mellow gak dilarang kok😀

      Like

  39. Aden Kejawen says:

    Masa lalu itu memang indah dikenang walau sakit tapi tetap indah setidaknya bagiku

    Like

  40. Wach kenangan masa kecil ternyata, haru memang kalo bekas2nya tak lagi terlihat

    Like

  41. AeArc says:

    wah.. nyentuh banget puisinya..😀

    Like

  42. diazhandsome says:

    gak tau deh… emang bukan menyenangkan sih kalo ente. kalo gw mah menyenangkaaannn… hahaha

    (halah, ampe terharu gitu?)

    Like

    • Nisa says:

      Jiaahh… iya… masa kanak-kanak emang menyenangkan yaz.. sangat!!

      Tapi.. gak selamanya kayak gituu.. ^^ Ada “sesuatu” yang gak bisa dimengerti oleh Nisa kecil, hehe…

      *lebay mode on*

      akuutt… akuuut..

      Like

  43. yoan says:

    perpisahan, kehilangan, kenangan…

    those feelings can be so damn hurts, nis…

    Like

  44. zulhaq says:

    yahh ternyata tadi masuk dua kali
    kayaknya sekarang kelimaxxxxxxxxxxx
    asyikkk kelimaxxxxxxx….

    hhhmm, ternyata ini kisa lama yang mengingatkan akan saat indah waktu itu.

    btw, link-ku jangan pake mas yah, pake Zulhaq langsung aja biar posisinya paling bawah. dan kalo bisa di tulis Zulhaq Sinting…

    makasih…

    Like

  45. zulhaq says:

    keduaxxxxxxxxxx
    gambarnya kok agak samar samar yah

    Like

  46. nakjaDimande says:

    rasa..

    ada kenangan disitu
    tentu saja milikmu sendiri, nisa
    bundo bisa merasakan..

    **beginilah klo dah tua, semua rasa tau..

    Like

  47. zulhaq says:

    keduaxxxxxxxxxx
    gambarnya kok agak samar samar yah
    linknya dah aku pasang balik nisa

    Like

  48. wah ini cerita atau puisi yach???

    Tapi kok rasanya natural banget …

    Like

  49. diazhandsome says:

    gak bisa ngerasain…😀

    tapi kayaknya kalo kenangan masa kecil itu emang kenangan yang menyenangkan…

    btw… PERTAMAAXX!!!

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: