. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Bangku-bangku yang Bergeser. . .

on 24 December 2009

Pagi itu kudapati hari yang mengganjal. Entahlah, saat itu seakan saya rasakan ada ruang kosong yang membuat celah sepi di atas sebuah bangku belajar yang sedang saya duduki.

Ada beberapa hal yang kurindukan di sekolah…

*Makhluk pagi

Seperti biasa, saya masuk kuliah sekitar pukul 08.00, enak kan?! Namun, tetap saja kadang saya terlambat, lalu ngeles pakai alasan, “Lagi kebagian piket bersih-bersih kontrakan.. hehe..” atau “Tadi piket masak sih..”, kalau gak gitu… uhm… ah… ada aja lah alasan! Padahal semua itu bukanlah sebuah penghambat untuk tepat waktu =,=’’. Pliss deh, Nisaa…!! *geram sama diri sendiri*. Padahal lagi nih.. dulu pas jaman SD, tiap hari saya dan kakak bisa berangkat ke sekolah sekitar pukul 05.15 pagi karena masuk sekolah jam enam. Berlanjut berangkat pagi hingga SMP, hingga teman-teman memberiku julukan “makhluk pagi”. Tapi apa yang kau lakukan sekarang Nisaa…??!! T_T menyedihkan….

*Sungkem

Kemarin-kemarin waktu sekolah di kampung sendiri, tiap berangkat sekolah, saya selalu cium tangan kedua orang tua, juga ke embok, dan menyalimi si adek. Berpamitan dan mohon doa restu pokoknya. Tapi sekarang di rantau….. hiks… waktu berangkat cuma ucap salam ke embak-embak. Hiks… setidaknya, saya berharap keluarga di rumah ingat dengan putrinya ini… Jauh di mato… dekat di hati:mrgreen:

*Kebersamaan itu… Aba-aba seruu!! Spirits sebelum memulai…

Sejak MI hingga MA (SD sampe SMA), tiap sebelum memulai pelajaran di kelas, kami berdoa dan mengeja Al-Quran bersama. Rasanya damai… gitu.. Lha sekarang… kelas begitu riuh, semua sibuk dengan diri sendiri. Apalagi waktu SD dan SMP, ada baris berbaris sebelum masuk kelas. Saat MTS (SMP), malah ada jadwal bergilir untuk memberi aba-aba saat baris, komando duduk dan berdiri, memberi salam, dan berdoa, juga memimpin mengaji. Aba-aba tersebut dalam Bahasa Arab, Inggris, dan Indonesia. Berganti tiap harinya dan setiap anak pasti dapat giliran. Saya paling suka kalau kebagian Bahasa Arab!:mrgreen: “Qiyaaman! Juluusan!!”

*Kelas kecil…

Jumlah peserta didik di kelas yang sekarang sekitar 90-an atau seratusan anak. Padahal, dahulu paling puol mungkin cuman 40-an. Menurut saya, kok lebih enak kalau muridnya sedikit ya…. rasanya lebih optimal. Itulah kenapa saya suka pada sebuah mata kuliah di mana perkuliahannya menggunakan metode tutorial, sekelas cuma 14 mahasiswa. Hiks… tapi di mata kuliah – mata kuliah yang lain…… @_@ saya gak bisa maksimal menangkap materi…

*Piket kelas

Karena saya termasuk yang bersemangat bersih-bersih kelas bareng, hiks… saya jadi merasa kehilangan yang namanya piket kelas, sekarang gak ada sih… T_T huwaa…

*Bocah bontot

Dari dulu saya paling suka bawa bekal dari rumah. Padahal, tas ransel udah penuh buku dan berat, ditambah tas jinjing berisi kotak makan dan minuman, teman-teman sampe suka keheranan dengan barang bawaan saya. Ini mau sekolah atau kemping??:mrgreen:. Terus, saya dulu suka bawa-bawa sebotol sambal ABC, kalau ada teman yang pingin sambal, pasti langsung panggil namaku tiga kali… “Sina, sina, sina… Bawa sambel? Aku mau dong…”. Hihii… sekarang saya masih pengen jadi bocah bontot, udah bawa tempat minum dan kotak maem juga sich dari rumah, cuman waktu mau berangkat kuliah saya musti berpikir keras, “Ini yang mau dibawa buat bekal apa….?”

.

Suatu pagi di kelas, saya terngiang-ngiang keceriaan lampau tersebut, dan tiba-tiba… “Nisaa… kamu nangis? Ehh… kenapa??”, teman yang duduk di sebelah saya sontak kebingungan. Pun begitu dengan saya, saya cuma ngelak, “Enggak kok….” sambil mbatin dalam hati, “Ih…. apa-apan sih aku iniii……!!” Dan setelah reda kegejean itu, saya malah ketiduran!! T_T Dosennya meninabobokanku… Tuh kaann… padahal dulu pas sekolah, Nisa gak kaya begitu di kelas…!!

Ya sudahlah, mungkin masih banyak lagi hal-hal kecil penuh kesan yang meninggalkanku, pergi digerus waktu. Namun, aku yakin, ada banyak hal baru saat ini, yang semoga gak kalah seru dengan dahulu…

Saat bangku-bangku bergeser…

Hari-hari berlalu sedikit berbeda…

Berganti…! Bukan berarti sepi…

Terus semangat menuntut ilmu ya ^_^v

Keterangan gambar :

atas : Bangku kelas kami dulu… ~XII IPA 1 ;

bawah : Almari kelas kami… rapi kan ^_^ *tumben rapi*


85 responses to “Bangku-bangku yang Bergeser. . .

  1. mbak daun says:

    Assalamu’alaykum..
    wah,iyah sayang mengingat kenangan memutar lagi kotak piringan hitam dan membiarkan jam pasir berbalik kadang bikin kita senyum2 sendiri dan terutama bisa belajar dari kesalahan dan mengambil hikmah atas kejadian itu..,

    Na’am sayang, berlarilah mengejar kereta selama kereta itu akan membawa ke tujuan yang anti harapkan…ahh, embak teh kangen dek nissa

    Like

  2. wi3nd says:

    jadi in9et masa masa sd,smp dan sMa nis..

    *dan an9anku pun terban9 kemasa itu..

    sempet ban9ed motoin tu ban9ku🙂

    Like

  3. atmakusumah says:

    Kegundahan yang sama ketika awal kuliah dulu, jauh dari kampung halaman, meninggalkan kenangan masa sma yang indah…
    Tapi masa kuliah juga pasti akan memberikan kesan yang mendalam buat kita…inilah masa transisi dimana kedewasaan menjadi sebuah pilihan…

    Tetep Semangat ya Nis…

    Like

    • Nisa says:

      Iya, tak bisa membalikkan waktu… Fiuhh…

      Kegunadahan yang kelak berujung indah..🙂

      InsyaAllah…

      Tetap SEMANGAT!!

      Terima kasih pak…😀

      Like

  4. marsudiyanto says:

    Suasana kelasnya mirip kelas tempat dimana saya bekerja setiap hari…

    Like

  5. morishige says:

    suasana kuliah memang berbeda. penuh kemandirian..:mrgreen:

    Like

  6. nh18 says:

    Nisa …
    Ini postingan sangat sederhana …
    Namun percaya atau tidak …
    saya memandangi foto jajaran bangku kelas yang kursinya di naikkan keatas …

    dan sontak saya merenung mengenang indahnya masa sekolah SD – SMP dulu …
    dan tak terasa … mata saya agak berkaca-kaca …
    Entah mengapa …

    So …
    Jangan pernah anggap remeh tulisan kita …
    kita pikir ini hanya sederhana saja …
    namun bisa jadi bagi orang lain … efeknya menjadi luar biasa …
    Sekali lagi …
    Postingan ini mampu membuat mata saya berkaca-kaca … hanya dengan memandangi bangku kosong tersebut …

    Salam saya Nis
    And Thanks for the nice posting …
    Masa sekolah memang tiada duanya …

    Like

  7. grubik says:

    nisa..nisa..nisa..
    *njaluk sambele*

    Like

  8. elia|bintang says:

    itu adalah lemari kelas terapi yang pernah saya liat.. soalnya dulu pas sekolah, saya dan anak2 lain sering kabur piket! haha.. tetap semangat menuntut ilmu!:mrgreen:

    Like

  9. noto says:

    Rasanya ingin balik SMA lagi, hehehe…

    Like

  10. ok says:

    huuaaaa aku tertipuuu kupikir cerita horor pasti ini gara2 keseringan nonton pilem, baiklah akan kukurangi dari 5 pilem ke 4.5 pilem hhahahaha…

    pakabarnya nih nisa?smga shat slalu🙂 have a nice studied🙂

    Like

  11. mahardhika says:

    wow rapi bngt nis….
    sekalina dong di kamarku hik hik hik……:)

    Semangat berkarya n menuntut ilmu, seep!!

    Like

  12. senangnya…..
    kembali ke bangku sekolah,,
    want to try it one more time? hehehe

    Like

  13. kayaknya aq balik lgi ni.. ehehe

    Like

  14. kidungjingga says:

    wehhh.. ada papan nama2 zat kimia ya itu di kelasnya..? mmmmhhh… nginget2 gimana dulu bikin singkatan buat ngapalinnya ya?
    dodol lupa ah!

    ih nisa, bikin saya jadi bernostalgia2an…
    *ngelamun

    Like

  15. arkasala says:

    masa-masa sekolah memang indah. Masalah belum banyak. Seiring tambah usia masalah menjadi lebih banyak lagi. Jadi nostalgia masa sekolah tepat buat refresh sejenak.
    Sayang sudah gak bisa kembali ke masa sekolah dulu lagi :mrgreen:

    Like

  16. HumorBendol says:

    hehe…lagi bernostalgia ya mbak?
    Semua dah berubah…
    Harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan baru
    hehe….
    Salam

    Like

  17. yangputri says:

    harimu sepertinya cerah sekali nis
    semangat terus ya

    Like

  18. Hariez says:

    hahaha…jelas berbeda Nis, bayangkan jika satu kelas SMU diisi seratus orang siswa, apa ndak klimpungan hahaha cobalah untuk merefresh diri sesekali ya sizt..do’a ku untuk kesuksesan mu Dik *maaf jika kupanggil kau Dik*

    -salam-

    Like

    • Nisa says:

      ^_^ hmm.. iya juga.. tapi kelimpungan juga kalau kuliah banyak anak… jadi riuhh😀

      Terima kasih ya mas😀

      Hehe.. gak papa kok dipanggil Dik, dipanggol Nduk juga gak apa…

      Asal jangn panggil Mas:mrgreen:

      Like

  19. sunflo says:

    iya tuh rapi banget nis, psssttt gara2 mo dipoto pa emang anak2 pada suka kerapian neeh…? moga2 yg alasan terakhir yaa…semangat dech!

    Like

    • Nisa says:

      Hhehe… waktu itu detik2 terakhir mau perpisahan, dan karena nisanya iseng, jadi nisa photo dechh😀

      Siipp!! Semangatt!!

      Semoga istiqomah njih..

      Like

  20. Irfan says:

    kelas saya waktu SMA malah gak punya lemari!😀

    dan duduk juga satu meja berdua. di foto diatas, kan satu-satu. enaknya…

    Like

    • Nisa says:

      Wahh.. lha barang-barangnya banyak nih mas.. butuh lemari…

      Eittsss… duduknya berdua kok. Itu karena mau ujian, jadi satu-satu…

      jangan salahh… enakan berdua daripada sendirin ^^

      Like

  21. h-run says:

    hihi.. awalnya pasa baca judulnya dah ngeri

    Like

  22. sedang blogwalking dan menemukan lagi situs mbak nisa. hm…. so what… pendidikan di indonesia?

    Like

  23. saya pernah kuliah sendirian pada dua mata kuliah, enaknya kenal akrab dengan dosen, bahkan sempat mematahkan mitos bahwa dosen tertentu tak bisa didekati mahasiswa

    Like

  24. d-Gadget says:

    hi nisa pakabar? kunjungan akhir pekan neh

    Like

  25. Didien says:

    dah lama ga mampir kesini…pakabar nisa??gmn kuliahnya?

    salam, ^_^

    Like

  26. Caride says:

    kunjunga silaturrahmi buat nisa

    Like

  27. kawanlama95 says:

    nis bangkunya udah diturunin belom

    Like

  28. bocahbancar says:

    HHm,…///,masa SMA, selalu meninggalkan kenangan yang berharga🙂

    Like

  29. dan says:

    Semangat yah.. ! Bagus sekali.. rapi.. rajin..

    Like

  30. septarius says:


    Seperti naik gunung semakin ke atas, makin berat dan menanjak medanya..

    Semangat Nis…!!
    ..

    Like

  31. syelviapoe3 says:

    Ada perbedaan antara dunia kuliah dan sekolah, nis…
    Apalagi jika Nisa sekarang sudah merantau…semuanya berbeda…
    dan mau tidak mau
    KIta harus memulai suatu kebiasaan yang baru…

    Kalo soal bawa bontot…gak masalah, kok, mesti kamu sudah kuliah…
    Lebih hemat lho, nis..he..he..

    Like

  32. masa lalu emang kenangan yang tak pernah lupa, bahkan jika perlu diungkapkan agar teringat terus… hehehe…

    Like

  33. dida says:

    semangat semangat!

    Like

  34. Ongki says:

    Wow, edan, isi lemarinya ditata rapi bgt… Bandingin dgn lemari saya, hahaha.. horror

    Like

  35. ilyasafsoh.com says:

    SMA : SEKOLAH MASA APAKAH?

    Like

  36. bri says:

    klo ngomongin sma yang bri nget cuma absensi^^
    semangat belajarnya eaa nisa….raihlah mimpi mu nak..ahahay…smile🙂

    Like

  37. zulhaq says:

    serasa masih ABG yang duduk di bangu SMU nih ha ha ha

    Like

  38. andrii says:

    title nya bikin jadi mikir dua kali😦

    Like

  39. RitaSusanti says:

    Iya pastinya suka merasa ada sesuatu yang hilang ya Nis, bila kita telah beralih dari satu masa ke masa berikutnya. Tapi memang begitulah hidup, akan terus berjalan toh?, tetap semangat belajar yah:)…

    Btw lemari kelasnya rapi banget dek, kalau kelasku dulu mana pernah se rapi itu hehehe…

    Like

  40. demoffy says:

    Wah rapinya…
    Q lum pernah menata lemariku serapi itu…:mrgreen:

    Like

  41. kawanlama95 says:

    ngeliat kursi di taro diatas meja seperti mau ngepel lantai , aku jadi inget waktu SD dulu

    Like

    • Nisa says:

      hehe… itu mau ujian, jadi dibersihin… *ketauan deh, biasanya gak sebersih iti*:mrgreen:

      hiya, pas SD, ngepel pakai kain sekuat tenaga >_< hihii… penuh keceriaan ^^

      Like

  42. hmcahyo says:

    bersiin rumahku nis sama ngajarin nadia bersih2:mrgreen:

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: