. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Brownky… =,=”’

on 28 January 2010

Selasa, 26 Januari 2010. Cerah langit Kota Surabaya hari ini. Lebih dari cerah, melainkan panas teng teng, terik! Sepulang dari kampus, saya dan seorang sahabat memutuskan untuk njajan mie ayam di warung dekat kontrakan.

Saat keluar dari pagar kontrakan, kawan saya tersebut bercerita, “Eh, tadi ada anjing lho, jalan-jalan di sekitar sini…” “Hiiii… enggak diiket sih, hhh… ngeri aku sama anjing, hiiiyy…”, sambil mengingat-ingat pengalaman buruk.

Pembicaraan tentang anjing pun berlalu begitu saja, kami berjalan santai, njujug warung incaran kami. “Dua mangkuk mie, es teh, sama es jeruk, Pak!” Saat menunggu pesanan datang, saya lihat salah seorang mbak kontrakan saya melintasi warung, hendak menuju kontrakan. “Eh, kuncinya di aku!”, ucap saya sambil merogoh saku rok. Saya pun bergegas keluar warung dan menghampiri si embak.

“Mbak, ni kuncinya kontrakan, di aku.” “Lho? Emang sampeyan ke mana, Dek?” “Hehe… mau maem mie ayam, Mbak, laper…” “Habis ini bisa ngantar aku ke Wisma PPSDMS, Dek?” “Wah, bentar lagi aku mau ke ITS, Mbak… Ada janji sama temen…” Saya dan si embak pun melakukan negosiasi. Hingga deal sebuah keputusan. “Oke?!” “Hiya, wis. Oke, Mbak..!! Aku mau makan mie duluu…!!”

Saya pun berbalik badan menuju warung, dan…. ENG-ING-ENG…!!

“Hwaa… aaa… aaa!” Saya histeris ketakutan, bercampur kaget yang tak terperi. Sesosok makhluk berbulu coklat cukup tebal menghampiri dan menabrak-nabrak kaki saya. Mirip Air Bud, tetapi lebih kecil. Seekor anjing!

Saya sangat ketakukan, saya kira di menjilat atau menggigit, ternyata hanya mendorong-dorong rok saya. Pikiran saya sudah sangat negatif soal anjing. T_T

Kemudian pemelihara –mungkin- anjing tersebut keluar –kalau gak sedari tadi berdiri di situ- mendengar kericuhan kami –saya dan anjing-, dia menyuruh anjing tersebut kembali masuk ke balik pagar. “Hei, masuk, masuk!”. Dan anjing tersebut menurut. Sementara saya masih terkejut dan ketakutan, shock! Saya berlari ke depan warung dan sesenggukan hampir menangis. Kawan saya bingung, kenapa….

“Aku takut, anjing….”

Ibu pawang anjing tersebut berkata kepada saya, “Ehh… jangan takut begitu, Brownky itu suka main-main. Gak gigit kok, paling cuma gini-gini (memperagakan aksi Brownky menghampiri orang)”

“Uhm… kaget juga tadi, Bu…..” “Gak papalah.. dia itu suka diajak main, digodain, Brownky, Brownky, gituuu…” “Hah?? Siapa, Bu, namanya? Prongki?” “Iya, Brownky.” “Ohh…” =,= saya cuma bisa ngaplo…

Sejenak saya langsung tersadar, duh… tololnya histerisku. Memalukan… saya enggak jadi nangis. Malah nanya ke kawan saya, “Eh… enggak kena liurnya kan? Alhamdulillah… kering. Tetep aja ah, ntar disucikan, jaga-jaga kalau kena..”

Saya dan kawan saya akhirnya malah cekikikan, geli. Ada-ada aja… barusan aja ngomongin anjing… Kami pun bercanda-bercanda ngobrolin Bwonky. Di samping itu, saya maluu banget, bisa sampai setakut itu. Mungkin karena trauma T_T

Dulu, saya dan teman-teman pernah dua kali dikejar-kejar anjing. Salah satunya, saking takutnya, kami sampai sembunyi, nyemplung di parit yang Alhamdulillah kering airnya.:mrgreen:

Selain dikejar anjing, saya pernah merasa sangat bersalah kepada kelinci peliharaan kami di pekarangan rumah. Saat itu mungkin saya masih berusia sekitar 8 tahun, kelas 3 SD. Saat itu saya lumayan sering tiba-tiba melek di tengah malam.

Dan di suatu malam, saya mendengar ribut-ribut suara di pekarangan. Glodak. Glodak. Ngik ngik. Hrrr… hrrr… Saya takut. Saya pikir pencuri hewan ternak. Di kampung saya dulu sering terjadi pencurian seperti itu. Saya ingat ternak ayam ayah saya dilahap habis oleh pencuri. Ayam-ayam siap panen yang telah dirawat dengan penuh kesabaran.

Karena takut, saya pura-pura tidak tahu. Saya berusaha kembali pejamkan mata. Namun, tidak sampai 30 menit kemudian, saya kembali terbangun. Saya masih belum berani turun dari atas kasur. Dan saya mendengar suara-suara makin riuh. Saya cuma bisa komat-kamit berdoa…

Suara glodak glodak, Hrr… Hrrr… itu makin jelas!! Suara anjing…. entah berapa jumlahnya. Saya sangat takut, membayangkan segerombolan anjing mengepung kelinci-kelinci kami. Saya pun turun dari kasur dan melangkah pelan ke jendela ruang tamu. Saya tak menemukan apa pun. Hanya suara.

Saya berusaha membangunkan ayah, ibu, juga kakak. Tak ada yang bergeming. Saya terus terjaga, takut. Lalu saya dengar lolongan anjing begitu keras. Haaauuuu….!! Ya Allah, saya kecil semakin takut. Saya gedor-gedor pintu kamar orang tua saya. Ayah bangun dengan santai sekali. Saya ceritakan semua sambil mengajak ayah ke kamar. Dengan santainya, ayah menggedor-gedor pintu saya yang mengarah ke pekarangan rumah, suara anjing tersebut lenyap.

Semua anjing berlarian ke luar pekarangan. Saya pun menuju ruang tamu dan melihat dari balik jendela. Wahh….. beberapa anjing herder kulihat di sana. Mungkin lebih dari lima ekor. Salah satunya melolong menatap purnama. Saya takut… lalu semua pergi….

Pagi harinya usai shalat subuh, saya dan kakak (yang akhirnya bangun juga, hiks) melihat kondisi pekarangan. Ada anak ayam hasil buruan kawanan anjing yang tertinggal. Juga kelinci kami yang bersembunyi di sudut, dekat perkakas, ketakutan… kasihan… tapi Alhamdulillah dia baik-baik saja.

Lalu kami menyusuri perkampungan, menemukan tetes-tetes darah yang mengarahkan langkah kami ke area persawahan.

“Kak, ada anjingnya!! Aku takut…” “Ssstt… tenang, pura-pura mau lempar batu ke dia…”

Seekor dari kawanan herder tertinggal, berlari jauh ke semak-semak di sawah… Saya merasa bersalah membiarkan kelinci dikeroyok, hampir dicuri kawanan anjing… =,= saya benar-benar penakut.

Masih terasa gimanaa gitu kalau ingat kejadian-kejadian tersebut. Entah diberi nama semanis Brownky, Scooby, atau apa, saya tetep ngrasa ngeri…. =,=

Brownky… oh… Brownky… jangan ajak main Nisa…. aku takut… T_T


52 responses to “Brownky… =,=”’

  1. dhebu says:

    tpi klo udah takut,,emang ga bisa dikompromi..
    cz aq juga takut klo ketemu anjing gedhe..klo anjing kcil mah luchu..
    lam kenal,,blokwalking

    Like

  2. atmakusumah says:

    Wah Nis…kalau sama anjing…asli saya takut…masih trauma pernah dikejar anjing…😀

    Like

  3. uvi07 says:

    assalamu’alaikum…
    silaturahmi laghi….stelah lama tak kunjung…
    alhamdulillah..mudah2an semua itu ada i’tibar yang dapat kita ambik…

    @mbak daun…kmana jha…
    hayyah hamaasah..mesti seleseken paling ga 8 jz..
    Allahumma yassir walaa tu’assir…

    *sang Pmilik pethak tanahnya baru Liburan panjang.,,,,,,”

    Like

  4. salam kenal mbak
    salam

    Like

  5. mbak daun says:

    Assalamu’alaykum..,
    huwahhhhhhhhhhhh..YOTSuba?!!

    ehehe alhamdulillah sekarang mbak lebih bisa menjaga waktu,bisa lumayan fokus..ndak disibukkan hal yang ndak penting..tapi tapi tapi liat yotsuba jadi ingat laghi deh..T.T *dasar lemah yah?*
    eh dek mbak kapan2 telf yah pengan tau kabar ena dan papa pembuat ilisilis sekarang…pripun?!
    twetap semangut kah?!!
    how yeah…salam SEMANGGI ^^v

    Like

    • Nisa says:

      Wa’alaykumsalam warohmatullah wabarokatuh.. ^^

      Alhamdulillah… Nisa masih belajar untuk itu😥

      Hihii… tafadhol mbak daun telf Nisa…
      jazakillah khoiron katsir… an seneng banget… ^^

      Sipp!! Semangat Tinggi!! >_<

      Like

  6. endra says:

    mending kabur deh kalo ada guguk di depan mata….

    Like

  7. irawan says:

    selamat datang dan bergabung lagi di dunia maya…😀

    Like

  8. Sugeng says:

    neng aku gak kaget kalo banyak orang di tanah jawa pada takut sama anjingm aku dulu juga begitu tapi sekarang setelah sering berinteraksi tapi bukan berarti aku menjelma jadi anjing😆 rsa takutku pada anjing sudah berkurang.
    tips ku kalo dikejar anjing, langsung “ndodok” kalo di Indonesiakan mungkin sama dengan jongkok😀
    salam hangat serta jabat erat selalu dari tabanan

    Like

  9. Rindu says:

    I am coming …🙂

    Like

  10. bri says:

    serruuu bener caitanya…🙂
    bri juga geli tuh ma guguk…

    Like

  11. sampai kapan pun, saya nyatakan perang sama anjing. huh.

    Like

  12. zulhaq says:

    jiaah ada yang takut

    Like

  13. Qie says:

    haha anjingnya kakashi.. sayah juga sangad benci dng yg namanya anjing thu😦

    Like

  14. wi3nd says:

    aku pernah punya anjin9 nis,dan sayan9 ban9ed…

    tapi sama ibu nda boleh,najis katana,dan malaikat jadi nda mau daten9

    walhasil lori[nama anjin9 kami] men9hilan9 entah kmana😦

    klu da parno susah ya nis wat dibuat suka,apala9i da trauma,..

    Like

  15. elia|bintang says:

    wah kl saya malah suka banget sama anjing.. satu2nya hewan piaraan yg bisa sayang sama tuannya sampe setia banget😀

    Like

  16. bocahbancar says:

    Sama, aku juga takut euy… hiiiiiiiiii😀

    Like

  17. septarius says:


    Waktu aku tinggal di bali gak keitung pengalaman buruk dgn anjing, karena hampir tiap rumah punya anjing..
    Tp yg ngeri itu anjing liar, menularkan rabies..
    Hii..
    ..
    Makanya kematian akibat rabies di bali cukup tinggi..
    ..

    Like

  18. phiy says:

    kalo dulu aku pernah liat anak puyuh dibantai ayam. Trauma sih, tapi untung ngga jadi takut sama ayam:mrgreen: Kalo sama anjing ga gitu takut, cuma rada waspada:mrgreen:

    Like

  19. sauskecap says:

    hahaha, saya juga takut, biar ukurannya mini…

    Like

  20. hmcahyo says:

    lho yang pertamax di ambil sendiri:mrgreen:

    Like

  21. pengalaman yang unik

    Like

  22. indra1082 says:

    Saya gak takut sama anjing, tapi geli, xixixi😀

    Like

  23. omagus says:

    saya juga punya sedikit trauma ama seekor **jing sialan..!

    Like

  24. Wempi says:

    namanya keren juga ya, brownky…
    temen wempi sekolah dulu ada namanya pino, kalo manggil dia, pino-pino-pino *sambil bersiul dan jentikkan jari*😆

    Like

  25. nakjaDimande says:

    Nisa, tak kenal maka tak sayang.. anjing itu lucu kok. klo nisa takut entar anjingnya malah ngga nyaman akibatnya dia jadi galak. makanya klo deket anjing Nisa santai aja, okeh!🙂

    Selamat ya Nisa ujian semesternya sudah selesai. semangat!

    Like

  26. areeavicenna says:

    ih… kok anjingnya naruto sih yg jadi icon. *gaterima*😯

    ane doakan yudisiumnya sukses,,,😆

    Like

  27. Nisa says:

    Maaf baru kembali ke blogsphere… T_T

    Alhamdulillah, tetek bengek ujian semester satu telah usai, ^_^

    KHS-nya baru keluar bulan Maret, mohon doanya… moga2 bagus, hiks…
    😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: