. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Penyuluhan Pertama Kami ^_^

on 9 April 2010

Tanggal 13-15 November 2009 lalu, kami para mahasiswa baru mengikuti Basic Training of Public Health (BToPH) di Batu, yakni sebuah pelatihan dasar yang bertujuan untuk mengenalkan kami kepada bidang ilmu yang kelak akan kami geluti, kesehatan masyarakat. Supaya dapat sedikit feel-nya:mrgreen:.

Kami diajari cara menganalisis dan menyelesaikan permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat melalui pendekatan tujuh bidang ilmu yang ada. Juga brainstorming tentang isu-isu kesehatan yang beredar, kemudian diskusi-diskusi, ada pos malam, gathering night, outbond, hingga praktik langsung. Hm… yang terakhir ini nih yang paling ditunggu-tunggu…

Praktiknya berupa promosi kesehatan alias penyuluhan ke siswa-siswi SDN Songgokerto 1 dan SDN Songgokerto 2. Kami yang berjumlah hampir 150-an makhluk ini dibagi menjadi dua tim besar, yakni untuk SD 1 dan SD 2. Kemudian dibagi lagi menjadi tim penyuluh, tim BMG, tim media, tim pendamping kelas, dan tentunya ada kordinator lapangannya juga.

Nisa masuk tim apa? Kebetulan saya jadi anggota tim penyuluh:mrgreen:, dapat bagian bertanggung jawab menyuluh kepada adik-adik SDN Songgokerto 1 yang kelas 5, bersama kedua teman saya. Materi untuk kelas 5 adalah pentingnya memilah sampah.

Bismillah… bersama tim media dan pendamping kelas, kami memasuki kelas, usai upacara pembukaan tentunya.

Jeng-jeng-jeng!!

Giliran saya menyampaikan materi… Seperti biasa, saya suka salting, salah tingkah kalau harus bicara di depan banyak orang. Biasanya saya malah cengar-cengir gak jelas apa yang diomongin. Duhh… Nisa payaahh. Ayolah, Nisa! Kami harus menyampaikan materi sebaik mungkin supaya pemahaman didapatkan oleh sasaran, serta perilaku sehat bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Tak seperti yang saya sangka, murid-murid kelas lima tersebut begitu antusias. Mereka sangat pandai. Mereka berebut acung tangan saat diberi pertanyaan. Mereka bersemangat menirukan jargon-jargon dan lagu-lagu yang kami ajarkan. ^_^

Saya jadi terharu, adik-adik ini datang pagi hari di Hari Minggu, di mana yang lain pada libur sekolah. Sesampainya di sekolah, mereka menyapu kelas, duduk manis, dan antusias menerima materi dari kami.

Senangnyooo… padahal, saya yang udah ‘setua’ ini, belum tentu bisa seantusias mereka. Saya sering membunuh keingintahuan saya. Saya kerapkali ragu untuk bertanya saat dosen menerangkan di kelas. Saya jarang mengacungkan tangan, padahal di kepala saya berjajar-jajar berbagai pertanyaan dan rasa penasaran. =,= Nisa payaahh… Hhh… Saya jadi malu, saya ingin bersemangat juga, ah di kelas!! ^^/

Bagaimana pun saya terkesan dengan kelas tersebut. Apalagi saat murid-murid kelas 5 SD tersebut berebut mengacungkan tangan sambil berteriak, “Saya Bu!! Saya Bu!! Bu…!! Sayaaa…!!”, gubrak! jangan panggil BU atuh dik…:mrgreen:

* * *

Semua tertawa riang, kecuali seorang anak laki-laki yang duduk sendirian di bangku pojok. Dia dijauhi teman-teman sekelasnya karena lubang telinganya mengeluarkan cairan terus-menerus dan baunya tidak sedap. Di tengah-tengah jam, dia minta izin ke kamar mandi untuk membersihkan lubang telinganya. Anak laki itu, tubuhnya kecil dan ada penyakit kulit di tangannya.

Saat kelas dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan praktik memilah sampah, anak laki-laki tersebut masih saja sendirian. Tidak diterima di kelompok mana pun. Saat saya lirik sekelompok anak perempuan, mereka berteriak-teriak dan menjauh, “Aaaa… aaa.. Gak mau… gak mau sama dia….”.

“Eh… nggak boleh begitu, Dik… Uhm… Mbak ajak sekelompok sama teman-teman yang laki-laki aja ya..”

Begitu juga saat saya ajak ke kelompok anak laki-laki, semua menjauhi. Akhirnya saya bujuk teman-temannya.

“Ayo, kita semua kan berteman… :)”

Alhamdulillah… akhirnya bocah kecil itu bergabung dalam kelompok…. Saya sempat ngobrol dengan teman-temannya, mengajak mereka berteman dengan siapa pun, tidak bersikap menjauhi seperti itu… Saya juga mengajak bocah kecil tersebut agar ikut gembira bersama yang lain. Tapi usahaku sepertinya belum bisa diterima… T_T mungkin penyampaianku yang gak bagus.

Saya gak tahu bagaimana keseharian anak laki-laki tersebut. Mengapa dia dijauhi karena penyakit di telinganya? Bagaimana Bapak Ibu guru memberi perlakuan kepadanya dan teman-temannya? Bagaimana kehidupan keluarganya? Saya penasaran setengah mati.

Hingga waktu memisahkan kami… kasus anak laki-laki tadi mengganjal hati saya… merasa bersalah juga karena tak mampu selesaikan masalahnya.😥

T_T

* * *

Masih ada yang pingin diceritain, tapi lupa, apa ya… *kerek-korek memori*

Hehe… oiya, teman-teman, maaf ya Nisa jarang menjamah blogsphere T_T maaf… semoga dimudahkan..

Sebentar lagi ujian tengah semester, mohon doa dari teman-teman ^_^


78 responses to “Penyuluhan Pertama Kami ^_^

  1. Asop says:

    Waaaaah, semakin padat ya kegiatan Nisa…😀
    Yah, dinikmati aja dulu, selagi sempat. Kalo udah tingkat atas, bakal gak ketulungan sibuknya.🙂

    Like

  2. wi3nd says:

    suda lan9sun9 terjun yah nis,de9 de9kan mesti awale..

    alhamdulilah sukses,won9 sik piyik piyik bocahe,tapi cerdas yo🙂

    9ood L:uck yah wat ujiannya🙂

    Like

  3. diazhandsome says:

    mantap.. penyuluhan pertama aja sukses… selanjutnya juga sukses dong😉

    Like

  4. mubaroki says:

    belog walking sobat…

    Like

  5. endra says:

    sukses buat ujiannya….

    Like

  6. teringat waktu kekebun apel katanya ada peternakan yang luas, jadinya kecewa, anak-anak zoologi tak bisa membuat laporan tugas dan akhirnya harus diganti dengan kunjungan ke kebun binatang wonokromo

    Like

  7. Usup Supriyadi says:

    Assalamu’alaikumm Wr. Wb.
    Semoga dicatat sebagai amalan ya disisi Allah, segalanya harus ikhlas😀

    dan, inilah kunjungan perdanaku

    well, semangat ya buat ujiannya, semoga diberikan kemudahan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala😉

    Like

  8. […] penggunaan bahan bakar roda dua millik komuter adalah lima liter perminggu. Berarti sekarang pegang ranjen tiga belas liter, alias cukup untuk dua minggu ke […]

    Like

  9. An says:

    Tetap semangat , tetap sehat supaya bisa makan2 dan jalan2.:mrgreen:

    maap bru s4 mampir.
    sukses ujiannya ya, mbak🙂

    Like

  10. hanif says:

    Dulu pas masih mahasiswa, saat teman presentasi di depan yang ada di pikiran kami cuma “BANTAI DENGAN PERTANYAAN!!!!”. Jadi sang presenter kaget (*Glek…nelen ludah) pas sebagian besar teman2nya pada angkat tangan saat dia bilang “ada pertanyaan?”. Padahal seringkali akunya cuma ikutan ngacung padahal g punya pertanyaan HE HE HE. Namun, dengan itu klas kami jadi kondusif dan dosen sekiler apapun TAKLUK DI TANGAN KAMI..HA HA HA *menirukan gaya pahlawan bertopeng.

    Like

  11. achoey says:

    Sukses ya aktifitas penyuluhannya🙂

    Like

  12. kawanlama95 says:

    nis peyuluhannya gimana di deket rumah saya aja. mau ga

    Like

  13. hellgalicious says:

    haha seru banget ya acaranya
    gue juga sering salting tuh kalo ngomong di depan orang banyak
    hihi

    Like

  14. oRiDo™ says:

    seru..
    seru..
    berinteraksi dengan banyak orang dan dengan suasana yang menyenangkan..🙂

    Like

  15. Irfan says:

    jangan panggil ibu?? kan “saya udah setua ini” nis!:mrgreen:

    aneh ya….dijauhi hanya karena mempunyai keterbatasan fisik…..
    *semangat anakku!😀

    Like

  16. hak1m says:

    yang menarik dari setiap pengalaman pertama adalah pengalaman itu sendiri.. he he.. karena ant dah sudah menjalankan satu step pertama tersebut… kini waktunya melangkah… semoga kedepan bener-bener bermanfaat bagi masyarakat… sip sip sip… salam

    Like

  17. Mas Ben says:

    Halloooo, gimana dengan ujiannya ?
    Sukses yooooo🙂

    Salam bentoelisan
    Mas Ben

    Like

  18. yang habis nyasar says:

    dek..,

    Like

  19. Ifan Jayadi says:

    Cerita yang penuh dengan pembelajaran, mendidik, sekaligus lucu

    Like

  20. demoffy says:

    Hmmm….
    \semoga succes…🙂

    o ya ada award untuk kamu… dikerja’in ya kalau ada waktu…
    harus dikerja’in…🙂

    Like

  21. yanrmhd says:

    hehe,,asik tuh…😀
    tampaknya Nisa orgnya lembut ya, smpei selesai pun
    msih memikirkan nasib si anak,, keren…

    Okey, tetep smangat!!! smoga berhasil…

    keep spirit, and do the best…
    bismillah… \m/

    Like

    • Nisa says:

      iya, terjun langsung itu asyik ^^/

      itu… kepikiran terus karena nisa gak bisa bantu… payah ya nisa ni… =,=

      siipp!! semangat..!!

      Semoga berhasil juga, amiin…

      Semangat! man jadda wajada, bismillah…

      Like

  22. sunflo says:

    hehehe… latihan tuk terjun di masyarakat ya Niz.. ^^ fa kabar neeh lama tak jumpa… ^^

    Like

    • Nisa says:

      hu umph mbak ^^

      wadduhh… iya, maaf ya mbak, nisa jarang onlen di kompi soalnya T_T

      kabar Alhamdulillah… semoga embak juga, senantiasa dalam lindungan Allah… amin…

      Like

  23. sauskecap says:

    semangat belajar saya kalah jauh sama anak kelas 5 T_T

    sedih lihat anak yang terkucilkan…. kalau kita yang ngerasain gimana ya…

    Like

  24. yoan says:

    whohoho… ibu penyuluh… minta tanda tangan, bu?😆

    Like

  25. bidansmart says:

    salam kenal nisa..terimakasih sudah berkunjung ke blog saya..mmmm ibu penyuluh nie..bisa kontrak kerjasama ama saya nie buat ngasih penyuluhan ibu – ibu hamil dan penyuluhan buat bayinya sekalian ..hehehe…

    Like

  26. Hanif says:

    wah, anak laki2 di terakhir cerita. itu kenapa yah? kasihan saya mendengar tuturan penyakitnya, semoga cepat sembut.

    Like

  27. kakaakin says:

    Hehe… Mahasiswa FKM ya…
    Seru banget ya, saat memberi penyuluhan🙂
    Jadi inget jaman SD-ku dulu, ada juga teman yang conge-an kayak gitu🙂

    Salam hangat dari http://try2bcoolnsmart.wordpress.com/

    Like

  28. Wah asyik nih nis, sudah terjun langsung ke lapangan😀
    salam.

    Like

  29. ngupingers says:

    aihhh hijau banget nih..bikin seger benerrr

    Like

  30. Abu Ghalib says:

    saya bu…! saya bu…!
    hehehe
    selamat berkarya untuk kemajuan bangasa kita
    semoga sukses selalu😀

    Like

  31. darahbiroe says:

    ok dech
    moga sukses yaw untuk ujianya
    dan moga dengan penyuluhan penyuluhan gini bisa makin baik utk smuanya😀

    Like

  32. orange float says:

    semoga lulus ujian ya Nisa🙂

    Like

  33. bikpici says:

    bisa dtg ke sekolah ku ga?😀 di serpis deh klo ada yg mau nyuluh kesana:mrgreen:

    Like

  34. aguung says:

    wahhhhhhhh udah lama ga main kesini hihi
    apa kabar?

    Like

  35. septarius says:


    Sekalian mudik yo..
    He..he..

    Like

  36. (maaf) izin mengamankan KELIMAAXXXZZZZ dulu. Boleh kan?!
    Bersama anak2 kecil sebenarnya sangat menyenangkan…

    Like

  37. alamendah says:

    (maaf) izin mengamankan KEEMPAT dulu. Boleh kan?!
    Sebuah pengalaman yang sangat berharga ketika harus menyampaikan tentang pentingnya memanage sampah kepada para calon penguasa bumi ini…

    Like

  38. Salam Kenal….
    Nice posting….
    Terima kasih atas kunjungannya

    Like

  39. ususpanjang says:

    wahh pemandangan sebuah sekolah yang sudah sangat jarang ditemukan dikota2 besar, terlebih lagi jakarta. semoga ilmu yang diajarkan mbak nisa dapat berguna kelak bagi adik2 tersebut😀

    Like

  40. ususpanjang says:

    amankan pertama dulu😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: