. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Hal Kecil Apa ya? ^^”

on 25 July 2010

Suatu hari, seorang saudari mengirimkan sebuah pesan singkat yang isinya kira-kira begini, “Ayo-ayo kukasih pertanyaan, coba pikirkan dan cari tau, menurut kalian, kebaikan kecil apa yang jika kita lakukan, maka kemudian dampaknya begitu besar?”.

“Hm… apa ya… hmm… senyum deh😀 iya, enggak?”, jawabku sedikit ragu bercampur spontan.

Beberapa menit kutunggu balasan pesan darinya, tetapi tak kunjung juga dibalas. Iseng punya iseng, akhirnya kukirim pertanyaan tadi ke beberapa teman yang lain. Dan ternyata jawabannya beragam euy…

Kira-kira begini nih jawaban teman-teman…😀

“(^_^)..”, ni kata teman seperjuanganku yang penuh semangat. Ehm.. menurut Nisa, ini sih senyum. Hehe, sama ma jawabanku tadi rupanya. Kami memang laskar senyum🙂.

“ayo ayo kucoba jawab.. kayaknya pernah tapi lupa >_< berdoooaaaa, ehm silaturrahim.”, wah saudari kedua menjawab doa dan silaturrahim rupanya, siiipp lah.

“Buang sampah pada tempatnya dan berterima kasih”, nah, ini kata seorang sahabat sekampung serantauanku.

“Diam dan dzikir. . .”, Subhanallah… indah nian jika lisan ini bisa seperti itu…

“Menurutku, 3 perkara yang amalnya tak pernah putus, sehingga dampaknya begitu besar buat kita,, 1. Shodaqoh 2. Anak yang mendoakan ortunya 3. Ilmu yang bermanfaat. Gmn? bukan y?”. Wah, jujur, Nisa tidak menyangka bahwa seorang teman sekelas menjawab dengan apik begini.. *terharu, hayah!* Sedikit menambahkan, bahwa mungkin maksud teman saya untuk point pertama dan kedua adalah shodaqoh jariyah dan anak sholeh yang mendoakan orang tuanya. Hehe..

“Mengusap air mata seseorang, geje”. Wayah… nie dari seorang kawan baikku. Sip juga, menurutku, itu berarti kita hidup tidak hanya untuk diri sendiri, iya gak?!

“Kebaikan yang ikhlas.kawand ;)”, kata seorang kawan asli Madura.

“Senyum.”, Nah.. saudariku yang satu ini, selamat bergabung dalam laskar senyum😀

“Memaafkan”, satu kata yang sarat makna dari seorang kawan.

“Menurutku kebaikan kecil yang bisa berdampak besar adalah menanam pohon. Karena dari pohon yang kecil, kemudian akan tumbuh besar dan memberi manfaat yang besar pula. Jadi pohon pelindung, buahnya bisa dipetik, rantingnya untuk kayu, dsb n masih banyak lagi manfaatnya.”, ini jawaban dari seorang saudariku di madrasah lalu, inginku jumpa dengannya… Dan aku ingin seperti pohon yang baik🙂.

Dan yang terakhir, suatu kata dari saudariku di fakultas tetangga, FKH, “Jujur”.

Nahh… beragam banget kan jawabannya… Ehm,, kalo menurut temen-temen blogger di sini, apa coba??😀


27 responses to “Hal Kecil Apa ya? ^^”

  1. anung says:

    ya semua itu mbak, kecil tapi faidahnya besar, itu menunjukkan kemudahan islam karena dengan amalan kecil dan ringan tapi hasilnya besar

    Like

  2. wi3nd says:

    apa yah..
    gimana kalu ini :
    _ ucapan trimakasi..
    _ ucapan tolong

    dan senyum teutep🙂

    Like

  3. orenjeck says:

    ealah cc tanya buat ini to…… jawabanku g nyambung heheheh….. ^_^

    Like

  4. hanif says:

    Pantas saja simbokku dulu senang banget pas nanam pohon atau tanaman. jadi begitu ya? hm…

    Like

  5. alkautsar says:

    assalamu’alaikum…
    berkunjung…

    Like

  6. aryu says:

    apaaaaaa yaaaa… mendoakan org lain😀

    Like

  7. bajuqueen says:

    senyum senyum dn senyum🙂

    bkunjung dn beli y

    Like

  8. komuter says:

    hal kecil berdampak besar : blogwalking

    Like

  9. An says:

    Jujur itu simple tapi penting.
    Namun agak susah menilainya.

    Memaafkan juga bisa.
    Tapi ikhlas atau engga’nya qt ga tau.

    Yang paling mudah ya senyum.
    Secara fisik keliatan jelas, dan 1 senyuman bisa menularkan senyum ke org yg lain.
    *mbulet yo, hehe @_@

    Like

  10. Sadat ar Rayyan says:

    menyingkirkan “duri” dijalan🙂

    Like

  11. septarius says:

    ..
    Ya pasti Senyum lah..🙂
    ..
    Aku gabung laskar Senyum dong..🙂
    ..

    Like

  12. nurrahman says:

    mengucap syukur dgn iklhas🙂, alhamdulillah

    Like

  13. Wempi says:

    yang kecil ya, apa ya… yang besar ada😆

    Like

  14. achoey says:

    indahnya

    kebaikan kecil yang ikhlas dan dilakukan konsisten serta rutin
    itu berdampak indah

    Maaf saya baru ngeblog lagi nih hehe.
    Salam persohiblogan🙂

    Like

  15. D3pd says:

    Kunjungan pagi hariiiii

    Hayo semangat dan senyum mengawali hari yang penuh dengan kesuksesan,

    salam🙂

    Like

  16. alamendah says:

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Jawabnya pasti beragam karena emang banyak banget. Yang paling utama, biarpun kecil jika dilakukan dengan tulus saya yakin pasti membawa dampak yang besar

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: