. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Radiasikan Energi Positif

on 29 November 2010

Sebait cerita ketika menjadi panitia BToPH (Basic Training of Public Health) 2010 di sebuah wisma di Batu, 26-28 November 2010.

* * *

Kala itu adalah malam hari, tepat ketika adegan evaluasi oleh kakak-kakak sie disiplin pada adik-adik hendak berlangsung, kulihat beberapa anak usia SD datang mendekat ke lapangan tempat evaluasi. Melihat dan mengamati, “apa yang akan kakak-kakak ini lakukan?”, mungkin seperti itu gumam mereka.

“Dek, apa enggak apa-apa nih, anak-anak kecil ini melihat proses evaluasi?”, tanya Mbak Linda, istri dari dosen saya ketika itu.

“O, iya, Mbak, ada bentakan… gak baik ya buat mereka…”

Waduh, saya pun langsung menggiring anak-anak SD tersebut menjauh dari lapangan, menuju sebuah joglo dekat mushola. Ehh… dalam hitungan detik, ada yang langsung kembali lagi ke dekat lapangan dan ada pula yang masih saja melihat ke arah lapangan dari joglo tempat kami berada.

Saya pun berlari mengejar mereka yang kembali ke lapangan, “Dekk… ayok, kita main di sana…”

“Mbak, adik-adiknya balik lagii…” >_<

“Ayo, ayo, kita main di sana..”, Mbak Linda pun turun tangan, mengajak adik-adik menjauh dari lapangan.

Beberapa saat kemudian, kami berdua –saya dan Mbak Linda– sudah duduk di joglo yang tadi, sambil dikelilingi banyak anak SD, mulai dari kelas 2 SD hingga 6 SD. Dimulailah perbincangan dengan adik-adik yang begitu bersemangat tersebut. Mereka berasal dari Malang, Trenggalek, Surabaya, dan mungkin ada lagi dari kota lain.

Ini kali ke dua saya ke tempat ini. Dahulu menjadi peserta, kini panitia. Baru sekarang saya mengerti, bahwa tempat ini adalah semacam ‘rehabilitasi sosial’ bagi anak-anak. Ada pelajaran sosial di pagi hari, dan pelajaran intrakulikuler pada malam hari. Aspek ruhani pun saya nilai cukup terfasilitasi di sana.

Dari perbincangan dari mereka pun, kami mengetahui bahwa mereka punya latar belakang berbeda-beda. Ada yang karena kecanduan Play Station, sangat kasar dalam ucapan, kurang perhatian dari orang tua, dan lain-lain. Mereka tinggal di wisma selama satu bulan. Mencuci pakaian, setrika, dan bersih-bersih mereka lakukan secara mandiri. Jauh dari orang tua dan tinggal bersama teman-teman membuat mereka berlatih mengemban tanggung jawab.

Dari mereka kami pun tahu, bahwa mereka sudah hampir satu bulan tinggal di sana, hari Selasa 30 November mereka pun harus kembali pulang ke rumah. Maka sebelum perpisahan, akan ada rekreasi bersama ke Selecta, ada malam api unggun, ada pula yang saat itu sibuk berlatih Qiro’ah. Subhanallah..

Adik-adik yang ada di depan saya ini sangat baik dalam kemampuan berkomunikasi, mereka sangat suka diajak berbicara sambil ditatap kedua bola matanya. Mereka sangat lincah dan aktif. Saya hampir tidak percaya bahwa mereka adalah anak-anak yang sebelumnya mengalami suatu permasalahan.

Hingga hari ini, saya masih ingat pada bola mata adik-adik tersebut, seolah menyampaikan berjuta pesan pada kami, berjuta pancaran harapan dan masa depan.

Adik-adik itu.. Mereka punya energi penuh! Energi yang akan menjadi positif dengan dukungan dari diri mereka sendiri, lingkungan, sekolah, teman, guru, dan tentunya keluarga. Di usia mereka yang masih SD, mungkin lingkungan eksternal begitu memiliki peran penting. Di wisma tersebut, begitu banyak energi positif terpancar dari kata-kata yang tergantung di atap-atap dan ditempel di dinding-dinding. Juga dari guru-guru yang saya yakin penuh inspirasi. kehidupan di wisma menempa dan membentuk pribadi mereka menjadi lebih baik.

Intinya, mari kita berikan radiasi energi positif pada mereka, anak-anak di sekitar kita ^_^v

“Mbak Nisaa..!!”, sapa mereka saat saya berada di barisan depan dalam semi-outbond dari para alumni yang tergabung dalam PERSAKMI.

“:D”

* * *

Pulang kuliah, di mana saya harus mengerjakan tugas analisis, tetapi malah corat-coret beginii..:mrgreen:

 


3 responses to “Radiasikan Energi Positif

  1. Syah alfaraby says:

    wah, Sina menjadi ‘saksi’ para calon pemimpin disaat mereka kanak-kanak😀

    Like

  2. wi3nd says:

    ech..

    tak kiro opo,judule berbau ilmiah jeh😀

    mari nisa..

    *masalae anaknya sopo nis yang mau tak aksih radiasi postif,ndak ada anak anak e:mrgreen:
    wes nanti para ponakan aku ajalah he he…

    nisa piye kabaree??

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: