. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Restart

on 20 March 2011

Kuliah PAK (Penyakit Akibat Kerja) hari itu cukup menarik, digawangi oleh ibu dosen yang kini menjabat sebagai dekan fakultas kami, beliau mencoba membawa suasana yang berbeda. Ada waktu yang disisihkan untuk sekadar mengajak kami belajar dari angsa ^_^v

Pada musim tertentu, sekelompok angsa terbang bersama-sama dengan formasi V, yang ternyata formasi tersebut bermanfaat membuat efisiensi seluruh grup meningkat sebesar 71% jika dibandingkan dengan terbang sendiri-sendiri, kecuali ketua grup yang harus tetap menghadang angin di gada terdepan dengan energi penuh.

Meski begitu, ketua grup tak perlu khawatir. Para angsa memiliki kesadaran untuk berbagi kepemimpinan. Ketika leader merasa lelah, angsa yang lain akan bergantian menggantikannya. Begitu juga ketika ada salah satu pasukan angsa yang sakit, ia akan mundur dan dua ekor angsa akan turut mundur menemaninya hingga pulih kembali dan kemudian mereka kembali lagi mengejar barisan angsa yang lain. Para angsa terbang dengan satu koor suara yang ternyata berfungsi sebagai teriakan penyemangat.

Subhanallah.. Betapa team building amat diperlukan dalam mencapai tujuan bersama. Kami sekelas mungkin lalai akan hal itu. Kerap berjalan sendiri-sendiri dan melupakan kamus kompak dalam keseharian. Ada yang ingin melejit seorang diri, ada pula yang mengundurkan semangatnya sebelum genderang peperangan sesungguhnya bertabuh.. Di tengah perbedaan ini, mustinya kita bisa memainkan peran dengan baik. Mengalunkan melodi merdu di atas panggung orkestra..

Bukan hanya ibu dekan, dosen-dosen yang lain pun sekarang sering  menyelipkan ‘w e j a n g a n’ di sela-sela perkuliahan, yang jika saya boleh menengok ke belakang, nasihat-nasihat tersebut memang amat diperlukan bagi angkatan kami, di mana sudah 4 semester berjalan tetapi belum juga bisa dikatakan kompak.

Padahal, lagi-lagi jika melihat masa lampau, dahulu sekali saat saya masih SMP, rasanya membangun tim dan mendapatkan kekompakan adalah hal yang mengalir begitu saja. Tanpa perencanaan yang dipikir dengan rumit, semua berjalan dan diraih begitu saja. Padahal, dulu saya belum mengenal materi manajemen sumber daya manusia, belum kenal teori-teori tentang organisasi, juga tentang kepemimpinan..

. . .

Sudahlah, daripada terlalu banyak melongok ke belakang ntar malah jatuh atau kebentur tembok yang ada di depan:mrgreen:. Hayuk, kembali menggenapkan langkah-langkah menuju tujuan bersama.

Bismillah..

ps : itu photo kembang kamboja yang gugur di atas rumput taman yang ada di kampus :p


12 responses to “Restart

  1. niefha says:

    lama ndak kemari..🙂

    Like

  2. Meidhy Aja says:

    Hayoooo kita kompak seperti satu paket sapu lidi yang tidak mudah dipatahkan..
    mas kalah sama angsa…
    salam..

    Like

  3. Syah Alfaraby says:

    kalo liat belakang cukup pake ‘spion’ aja sin🙂

    wah, keren dosennya, ngajar mapel apa Dosennya?

    “nasihat-nasihat tersebut memang amat diperlukan bagi angkatan kami”
    semoga aja bukan cuma kamu yang berpikiran gini, ato mungkin nanti ada calon pemimpin yang sadar akan hal ini😀
    salam mangga !!

    Like

  4. Yups,, Gitu donk,,, Tetap semangat untuk melangkah ke depan,, akan ada lebih banyak pengalaman berharga yang sayang untuk dilewatkan daripada hanya mengeluh tidak jelas saja,,,

    Salam semangat selalu dari Bandung

    Like

  5. Meela says:

    menurut pengalaman, emang masa kuliah itu individualismenya sangat tinggi Sin.
    jangankan yang cuma teman sekelas, yang ngakunya sahabat aja ternyata dibelakang bisa jadi musuh kok.

    Like

    • Nisa says:

      iya mila..😦 musti disingkirkan ego-ego semacam itu ya🙂

      iya mil, lagi2 sepakat. itulah mengapa kita tidak boleh berlebihan dalam mencintai atau membenci seseorang, karena bisa jadi keadaan berbalik..

      Like

  6. anla arinda says:

    kampus C unair. Jadi inget kenangan buruk snmptn. Hahaha.

    Eh, kalo kurang kompak perlu pengkaderan lagi tuh, mbak😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: