. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Renta

on 1 May 2011

Pulang ke rumah begitu menyadarkanku bahwa begitu cepat waktu berlalu.. Meski senyumnya masih cemerlang, raganya masih segar, tak bisa dipungkiri bahwa rambutnya mulai dan semakin memutih.. Ibu dan Ayah, aku mencintai kalian karena Allah..

* * *

Suatu malam, aku sampai di depan rumah murid lesku. Tak langsung masuk ke dalam, aku malah menyisir pandangan ke sekitar, sejenak. Dari seberang jalan, kulihat wanita yang amat senja usianya lagi buta penglihatannya, berjalan sendirian. Sekuat mungkin ia kerahkan raga yang tak lagi sekuat dulu, sebisa mungkin ia optimalkan indera yang ada. Pelan dan teramat pelan wanita tersebut berjalan diliputi berderet resiko. Jika berjalan terlalu ke kiri bisa jatuh ke dalam got, terlalu ke arah kanan pun bisa terserempet kendaraan yang melaju di jalan raya. Bahkan, benda mati yang berdiam di hadapannya pun bisa menjadi petaka..

Entah apa yang terpikir saat itu, tiba-tiba hatiku ngilu. Aku pun segera masuk ke rumah murid lesku dan mengajar seperti biasa. Usai mengajar, ketika keluar rumah aku masih menyaksikan fenomena yang sama. Wanita tua itu, selama berpuluh-puluh menit ini beliau hanya berpindah puluhan meter saja!

Sepertinya, nenek itu baru pulang dari mencari ma’isyah. Serenta ini masih memikirkan bagaimana mencukupi kebutuhan sehari-harinya? Di mana pula anak-anaknya, tiadakah yang merawat? Cenuut, kini kepalaku menyusul nyut-nyutan. Ya Allah, kuatkan beliau..

Di malam yang lain di kota yang berbeda, aku melihat seorang kakek sedang duduk di balik kayu-kayu panjang yang diberdirikan menyandar pada dinding. Aku bertanya pada ayah, “Orang itu malam-malam kok duduk di situ, Pak? Kan dingin..”. Ayahku menjawab, “Beliau sedang menunggu dagangannya, Nis.. Ya kayu-kayu itu..”.

Subhanallah, di malam hari ketika mungkin para pemuda bersenang-senang menghabiskan uang orang tuanya, atau ketika kita bermalas-malasan di rumah yang hangat, kakek tua ini duduk berselimutkan dingin menjemput rizki dari-Nya dengan berjualan kayu..

* * *

Diam-diam, terkadang saya membayangkan bagaimana jika kelak saya berjumpa pada masa yang tak lagi berusia muda. Saya kepikiran, apakah saya masih bisa belajar? Menuntut ilmu kan sampai liang lahat, tapi bagaimana kalau-kalau sudah mengalami pikun? Bagaimana pula kondisi keluargaku?

Sudah, sudah, Nisa.. Berbaik sangka, persiapkan hari esok, dan kini lakukan yang terbaik..

Semoga kita hidup dalam keistiqomahan di jalan-Nya, dan semoga kelak kita menghembuskan nafas terakhir dalam keadaan khusnul khotimah. Amiin Yaa Rabbal ‘alamiin..

😥

*Malang, pukul 00:45. Ketika beragam hal menyembul-nyembul dari ruang hati, meski tak ada kompi or lepi, quickpress lewat hape pun jadi.
Cerita nenek tua itu teman saya yang mengalami, cuma saya mix sebagai ‘aku’ ^_^a..


15 responses to “Renta

  1. Galuh Lintang says:

    aku juga sedih mba….

    Like

  2. wi3nd says:

    amiiiin..

    suka miris kalu melihat mereka yang diujung senja masih berjibaku dengan pekerjaaan..😦

    Like

    • Nisa says:

      iya mbak😥 mesti aku jadi pingin nangis.. jadi malu juga karena tampak jelas bahwa semangat senja mereka lebih daripadaku yang masih muda ini..

      Like

  3. Silvi Anggraini says:

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://uangtebal.wordpress.com/

    Like

  4. Syah Alfaraby says:

    yang kakek tua dimana Sin?😮

    Like

  5. Memang sangat memilukan jika melihat orang tua yang masih tetap kesulitan bekerja…

    Like

  6. alamendah says:

    (Maaf) izin mengamankan PERTAMAX dulu. Boleh, kan?!
    Semoga Allah memudahkan urusan kita termasuk tatkala kita sudah diusia senja.

    Like

Leave a Reply

