. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Kaifa Haluki, “ilalangbumi”?

on 8 May 2011

Bismillah..

Hehe, kali ini saya ingin sedikit meng’evaluasi’ diri saya selama setahun lebih menjadi Plurker😀.

Bagaimana kabar duhai akun Plurk Nisa, ilalangbumi?

Dahulu saat pertama mengenal Plurk, saya penuhi kepala saya dengan tanda tanya, “Plurk ini apaan sih? Manfaatnya apa?”, dan berbagai ragam pertanyaan lain.

Kalau baca di wikipedia sih, katanya “Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter. Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com, pengirim pesan instan, atau pesan singkat.”

Semula saya mikirnya geje nih, ngapain juga nge-plurk? Enggak taulah dicoba aja, pikir saya waktu itu. Siapa tahu bisa menebar kebaikan dan peroleh manfaat, pasti juga di sana bakal ketemu banyak teman baru. Walhasil, bener juga ternyata. Saya punya “Plurk Family”, teman-teman yang baik di sana. Sampai-sampai saya pernah bertemu dengan beberapa orang aslinya😀.

Selain ada banyak teman, terkadang terjadi banyak diskusi dan arus informasi yang terwadahi di sana. Mulai diskusi baik dan buruknya membuka bisnis warnet, heboh-heboh share foto crop circle, obrolan politik yang berkecamuk di Mesir, berita gempa bumi sampai-sampai berita pernikahan juga ada di sana:mrgreen:.

Nah, itu sisi positif yang saya serap dari Plurker lain. Tapi selebihnya, ternyata kalau dari Nisa sendiri, selama setahun ini saya kebanyakan cuma main-main gak jelas. Kalau saya perhatikan isi Plurk saya, kok banyak yang enggak bermanfaat yaa… =_= Haduhh, Nisa.. Jangan-jangan.. asal-asalan bikin postingan Plurk cuma agar karma enggak turun? Jangan-jangan iyaa?!

Baiklah..!! Maka, saya simpulkan ada beberapa poin yang harus dilakukan untuk masa-masa (kalau mau bertahan) menjadi Plurker ke depannya ^_^..

Yang pertama, jaga dan pererat silaturrahim dengan saudara-saudari yang ada di sana, saling menasihati dalam kebaikan. Kebetulan sudah jarang sekali menanyakan kabar teman-teman Plurk Family😦. Ketulusan adalah salah satu dari unsur perekat ukhuwah, ucapkan salam terlebih dahulu kepada mereka.

Yang kedua, ayo Nisa posting Plurk yang bermanfaat. Paling tidak, taujih singkat, informasi terkini, atau memancing diskusi yang positif, jangan malah posting keluhan, apalagi gunjingan. Ini yang begitu penting. Sesungguhnya, ‘nyawa’ dari akun Plurk yang kita miliki adalah pada konten yang kita sampaikan di sana, bukan sekadar karma tinggi dan emote komplit.

Yang ketiga, tetap berusaha istiqomah dengan jati diri seorang muslimah yang baik. Dunia maya memang rawan sekali, dalam sekejap seseorang bisa menjadi sosok yang berbeda. Misalnya, kalau di dunia nyata begitu berhati-hati dalam menjaga kehalusan perkataan, terkadang di dunia maya malah sangat mudah berucap macem-macem. Nah, lho.. Dalam menggunakan emote pun rasanya harus pandai-pandai memilih ^^”.

Sekian paparan singkat mengenai evaluasi kinerja untuk seorang Plurker named ilalangbumi:mrgreen:, kini dibuka sesi pembaca dengan tiga penyanggah dan tiga orang penanya pertama😀. Monggo..

*semangat perbaikan!! (gym) (rock) (banana_dance)


22 responses to “Kaifa Haluki, “ilalangbumi”?

  1. salaam..
    saya dulu pernah bikin, tpi karena kebingungan mulu jadinya saya tinggalin aja…😀

    semoga makin semangat mba dalam tulis menulis di manapun tempatnya…🙂

    salaam…

    Like

  2. phiy says:

    aku juga punya plurk nis. Tapi buat keluhan pribadi aja:mrgreen: Untuk umum aku buka di twitter. hehe

    Like

  3. choirul says:

    saya pernah buat di plurk tapi g paham, akhirnya say atinggalkan he he he

    Like

  4. cenya95 says:

    Hmmm… ilalangbumi makin keren ajah…
    salut… suatu saat daku khan berkunjung ke tempat ilalangbumi… insyaallah
    salam dari batavia

    Like

  5. syah.alfaraby says:

    kayak twitter?😮
    ada fitur miniblog? kyaknya perlu dicoba tuh🙂
    :ngacir:

    Like

  6. menone says:

    baru ngerti sekarang menone hahahahahahaha,,,,,

    salam persahabatan selalu dr Menone

    Like

  7. Kakaakin says:

    Hehe… Semangat baru nih buat plurker😀
    Tapi aku gak buka2 akun plurk-ku lg.. Udah lamaa bgt..

    Like

Leave a Reply

