. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Tanggumong, Ta iye..!!

on 11 December 2011

Ahad malam, 10/12.

Sebelum syuro dimulai siang tadi, seru rasanya mendengarkan beberapa saudariku berbagi cerita tentang seminar yang diselenggarakan di Fakultas Kedokteran pada pagi harinya. Sebuah nasihat akan indahnya rajutan ukhuwah dari Ustadz Salim A. Fillah dan dua pembicara lain, di antaranya adalah seorang dokter dari BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia) yang menceritakan bagaimana saudara-saudara di Palestina menyambut hangat kehadirannya.

Hari ini memang banyak event besar, selain acara tersebut di FK. Ada Seminar Kecantikan dari DKI Farmasi yang menghadirkan pemeran Anna Althafunnisa, ada pula Seminar Sains Nasional dari UKMKI, juga Seminar Nasional MDG’s dari POKJA ISMKMI (Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia), dan sebagainya hingga kalau nggak salah jika ditotal ada TUJUH event mantab dalam satu hari ini.

Lalu, Nisa hadir di seminar yang mana? Dan apa yang ingin dibagi di sini?

Hohoo.. Saya melewatkan semuanya, karena satu hal : Pembekalan KKN-BBM (Kuliah Kerja Nyata- Belajar Bersama Masyarakat)😀. Dimulai dengan celingak-celinguk memastikan ada namaku pada papan pengumuman kelompok, lalu prosesi sok kenal sok akrab dengan mbak-mbak keperawatan.. Beberapa saat kemudian dimulailah..

Pembekalan dilangsungkan di Ruang Kahuripan perpustakaan kampus C lantai dua. Saya dan sekitar 1601 mahasiswa lain kebagian pembekalan shift pertama. KKN-BBM angkatan ke-45 ini berusaha babat alas, merintis program POSDAYA di tengah-tengah masyarakat. Tentang POSDAYA, lebih marem klik http://posdaya.com langsung ya ^^v

Nantinya, selama kurun waktu tanggal 17 Januari – 11 Februari 2012 kami akan disebar ke berbagai desa/kelurahan di Surabaya, Sidoarjo, Bojonegoro, Probolinggo, dan Sampang. Ada juga lho seleksi untuk yang berminat melakukan KKN di Halmahera dan Lampung🙂.

Saya pun alhamdulillah insyaAllah diplotting ke Kabupaten Sampang-Kecamatan Sampang-Desa TANGGUMONG. Percayakah, bahwa saya dan teman-teman sekelompok semula susah sekali mengingat dan melafalkan nama desa ini. Saya suka keliru, “Tenggumong, Temanggung, dsb”. Kami sekelompok pun bertemu dengan cara yang unik, karena pihak kampus tidak memfasilitasi mengkordinir pengumpulan anggota kelompok, maka saya dan beberapa teman membuat tulisan nama desa di kertas. Lalu diangkat tinggi-tinggi hingga berdatanganlah para anggota kelompok.

Komposisi dari kelompok saya adalah, terdiri dari semua fakultas kecuali FK dan FH (kalau nggak salah). Saya adalah FKM semata wayang, satu-satunya di sana. Soal angkatan, saya dan dua orang teman dari FKG dan FEB adalah yang paling muda karena masih semester 5. Kawan-kawan yang lain sudah semester 7😀. InsyaAllah terdiri dari 6 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.

Saat berkelompok, diskusi mengalir cukup segar dan kadang rada ngawur. Mulai dari yang serius merencanakan survei, kapan kumpul lagi, hingga yang gak jelas semisal rumor-rumor yang beredar. “Katanya gini, sih.. Ati-ati lho yang cewek kalau entar ditaksir sama orang sana, bakal langsung dinikahi lho.. Makanya ntar pada pake cincin aja biar dikira udah nikah..”. Gubrak, batin saya. Isu ini dan itu berseliweran makin gejeee ^^”’

Entahlah, warna-warni apa yang akan kuhadapi di KKN-BBM kelak.. Yang jelas tak boleh kulupa tuk sampaikan sepucuk doaku pada-Nya,

Allaahumma innii as-alukal hudaa wat tuqoo wal ‘afaafa wal ghinaa

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, terjaga dari dosa, dan kecukupan. (HR. Muslim).

Semoga tapak langkah ini senantiasa diiringi oleh ridho dan barokah dari Allah.. Semoga ibadahnya di sana bisa istiqomah. Semoga bisa memberikan kemanfaatan yang luas sekaligus mengamalkan ilmu dan mensyiarkan agama Islam di bumi KKN. Aamiin..

Ingat, Nak.. Di mana pun, dan kapan pun kau berada, Nisa.. Kau adalah seorang MUSLIMAH.

Ingat Nisa,, Sahabat Ustman bin ‘Affan pernah menyampaikan. Ada enam hal yang harus ditakuti oleh seorang mukmin : Pertama, takut kepada Allah jangan-jangan Allah mencabut keimanan kita. Kedua, takut kepada malaikat pencatat amal jangan-jangan mereka menulis amal kita dengan catatan yang sangat memalukan pada hari kiamat nanti. Ketiga, takut kepada setan jangan-jangan setan berhasil merusak amal yang kita kerjakan. Keempat, takut kepada malaikat izrail jangan-jangan ia mencabut nyawa kita saat kita lupa kepada Allah. Kelima, takut pada dunia, jangan-jangan dunia itu membuat kita terlena sehingga kita melupakan urusan akhirat. Dan keenam, takut kepada keluarga kita sendiri, jangan-jangan mereka telah menyibukkan kita untuk memenuhi urusan mereka, sehingga kita melupakan ketaatan kepada Allah..

So, genapkan bekalmu, sebelum KKN ^__^ bekal ruhiyah kuat, jasmaniyah sehat, ilmiyah paham, dan materi juga mencukupi sewajarnya..🙂.

*loh, dari daily notes kok berujung taujih, kabuuuurrr…:mrgreen:


35 responses to “Tanggumong, Ta iye..!!

  1. duniaku says:

    KKN memang sesuatu banget. sulit dilupakan momen2 saat KKN

    Like

  2. Cenya95 says:

    So, genapkan bekalmu, sebelum KKN…
    Cek dan ricek, sbelum brangkat, jangan sampai ganjil bekalnya, Nis…

    Like

  3. HaKim says:

    semangat melayani adalah ujung tombak keberhasilan mimpi-mimpi besar (Toyotomi Hideyoshi)

    Like

  4. hoIrON says:

    Aku cuma muter” aja nie,,ngecek backlink
    makasiih banyak udah setia masng link aku,,tapi sekarang blog aku tak pindah ke http://blog.hoiron.info/ jadi tolong diubah yaa soale url situ ada disana
    monggo di cek

    masalahnya url backlink kook enggak ada nama”nya??

    Like

  5. kakaakin says:

    KKN itu menyenangkan pada bagian interaksi dengan masyarakat. Namun saat berkaitan dengan tugas2, jadi males deh, hehe…
    Semoga sukses KKN-nya ya… Siapin bahan penyuluhan untuk masyarakat😉

    Like

  6. sunarno2010 says:

    sewaktu saya KKN dulu Nis, kata Pak Kadusnya kami belum boleh pulang kalau tidak bertambah gemuk.
    memang sih menunya menyenangkan, plus wisata ke desa-desa sekitar yang banyak memiliki kawah yang mempesona

    Like

  7. emm postingan yg bagus hehe

    Like

  8. fi says:

    KKN tu apa mba? @____@
    BBM apa juga? #__#
    FKM? T___T

    bikin salju2 caranya gimana mba?

    Like

    • Nisa says:

      KKN : Kuliah Kerja Nyata🙂

      BBM : Belajar Bersama Masyarakat🙂

      FKM : Fakultas Kesehatan Masyarakat🙂

      Bikin salju-salju ada di dashbord ^^v

      Like

  9. KKN😀
    asik nih kayake .
    kata e diantara semua kegiatan perkuliahan ini yang Paling seru dan berkesan:mrgreen:

    Tamunggong itu dmn ya -_-a baru kali ini denger

    wih😀 isunya koq keren, haha

    jadi ntar tgl 17Jan – 12Feb vacum ngeblog donk ?😮

    Like

  10. smoga lancar KKN-nya mbak,,
    Tanggumong,, baru denger nama desa itu..😀

    Like

  11. Semoga sukses KKN nya. Paragraf terakhir, bagus tuh buat mengingatkan kita supaya rasa takutnya bisa disalurkan ke tempat yang tepat🙂

    Like

  12. nh18 says:

    Nisa …
    Percaya sama saya … yang namanya KKN itu adalah sangat menantang … dan saya rasa akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan …

    Mengenai isu …?
    Aaahhh itu biasa … dimana-mana ada …
    Kuncinya cuma satu … Pandai-pandai jaga diri … jaga perilaku … jaga sikap … dan jaga perkataan.

    Salam saya
    (FYI berat badan saya naik 5 kg saat KKN …)

    Like

  13. bensdoing says:

    lagi mau KKN ya mb….
    seru lho…banyak kenangannya 😀
    sukses ya…!

    Like

  14. ~Amela~ says:

    sukses kknnya mbak😀

    Like

  15. wow asyik mau KKN😀
    pasti seru banget bertemu dengan orang-orang baru. selamat Nisa atas kesempatannya ke tanggumong. mudah2an bisa maksimal belajar dan berbagi manfaat dengan para warga ^^

    BTW, ahad malam bukannya tanggal 11 Desember? :p

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: