. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Never Ending Learning!

on 22 February 2012

“Terima kasih telah membuat kami lebih semangat belajar matematika dan Bahasa Inggris. Kami ingin sekali, kakak terus berada di sini selamanya. Meski tidak mungkin, karena kakak harus belajar di luar kota. Semoga cita-cita kakak tercapai..”, mungkin tidak persis seperti itu redaksionalnya, tapi kurang lebih semacam itulah isi surat yang tulus disampaikan adik-adik SD di desa tempat kami Kuliah Kerja Nyata dan Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM).

11 Februari 2012. Tibalah hari di mana kami harus meninggalkan Desa Asem Nonggal di Sampang Madura, setelah 23 hari menimba ilmu dan pengalaman bersama masyarakat setempat. Pagi itu usai berpamitan dengan keluarga Pak Kades, kami naik ke mobil menuju kecamatan untuk berkumpul dengan rombongan mahasiswa KKN Unair dari penjuru desa yang lain.

Saat mobil yang kami naiki melintas di depan sekolah, Dek Hikmah siswi kelas 6 SD dan kawannya melambai-lambaikan tangannya untuk menghentikan laju kami dan menyampaikan sepucuk surat tersebut. Lambaian mereka semakin jauh, dan kini yang kupandang dari jendela mobil hanyalah hamparan sawah nan hijau, lalu untuk keberapa kalinya saya meneteskan air mata.

* * *

Belajar dan mengajar, sungguh aktivitas yang takkan lekang dari masa kehidupan kita. Setidaknya jika dalam lingkup KKN, bukan hanya adik-adik sekolah tetapi juga bapak ibu guru, dan warga masyarakat di desa. Mereka memerlukan beragam informasi dan perkembangan pengetahuan yang dirasa kerap masih sulit diakses. Begitu pula dengan kami, para mahasiswa yang mencoba belajar mengamalkan apa yang kami peroleh di bangku kuliah sejalan dengan kebutuhan masyarakat dalam menyelesaikan masalah-masalah yang ada di desa.

Suatu siang dalam hari ketika masih bermukim di sana. Bersama sepoi angin di tengah hawa panas tanah garam Madura, berpikirku dalam sebuah refleksi perjalanan. Bahwa, Allah telah memberikan nikmat kesempatan menempuh pendidikan formal dengan akses yang lebih mudah daripada mereka yang ada di desa ini. Namun, selama ini kurasa masih jauh dari kata “bersungguh-sungguh”. Apa yang telah kudapat? Apa yang bisa kuberikan? Jika hanya mengejar nilai kumlaude, mungkin kau telah meraihnya. Tetapi apa itu yang dicari? Lalu bagaimana dengan keberkahan dan kemanfaatan ilmu?

“Pada hari kiamat seorang hamba akan ditanya tentang empat hal ; umurnya dia lewatkan untuk apa, masa mudanya dia habiskan untuk apa, hartanya dari mana dia dapatkan dan digunakan untuk apa dan apakah dia mengamalkan ilmunya.” (Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi)

 Tentu belajar tidak hanya di kelas. Melainkan di belahan bumi mana pun yang kita pijak, itulah madrasah. Semua orang yang kita temui adalah gurunya, dan pengalaman yang mewarnailah pelajarannya. Namun, ketika dihadapkan pada kesempatan menempuh pendidikan formal, tentu ada tanggung jawab yang diemban di balik kesempatan tersebut. Begitu pula bagi yang tidak belajar pada pendidikan formal di bangku sekolah, juga tetap ada tanggung jawab menyampaikan ilmu dan keterampilan apa pun yang ia punya kepada saudara-saudarinya yang lain. Sekecil apa pun itu, termasuk memberikan contoh akhlakul karimah. Itulah sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat-Nya.. Atas karunia akal dan hati.

Kepalkan tangan dan genggamlah tekad. Siapa pun kita, jangan pernah berhenti belajar dan menyampaikan apa yang telah kita pelajari, melalui lisan, tulisan, dan perbuatan. Aku, kau, kita, dan mereka sungguh indah tatkala mengeja ilmu Allah, karena-Nya, dan untuk mengharap ridho-Nya🙂, semoga..


20 responses to “Never Ending Learning!

  1. rumahniefha says:

    Semakin suka sama tulisan-tulisannya Nisa🙂

    Like

  2. KKN adalah masa-masa yang tak terlupakan bagi mahasiswa… melalaui kkn inilah ilmu yang didapat diamalkan pertama kali sebelum lulus, atau terjun ke dunia nyata..🙂

    Like

  3. ah, nostalgia masa KKN
    saya jadi kangen dengan Negeri Dongeng (tempat KKN saya dulu)

    Like

  4. sunarno2010 says:

    ada Khalitatunnisa yang daftar ke husnul? apakah Nisa yang ini atau kebetulan namanya sama?

    Like

  5. chartini says:

    Permisi, cuman mau share aja nih. ada info lomba bikin artikel. Hadiahnya lumayan ada 2 buah printer laser jet dan voucher. Caranya tinggal like fanpage >> http://www.facebook.com/anugrahpratamacom. Dan ikuti Contest menulis artikelnya.
    Terima kasih

    Like

  6. rangtalu says:

    inspiratif mbak..
    oh ya terimakasih undangannya ke grup blogger ikhwah..
    tautan blognya sudah ada di “rangtalu”

    Like

  7. HP Yitno says:

    Eh kelupaan, pasti murid murid sd itu merindukan kedatanganmu sobat. Sampai memberikan surat yang mewakili mereka semua. Kenapa suratnya nggak di foto dan dijadikan postingan aja sob. Biar menjadi kenangan yang berharga dan berkesan gitu.

    Like

  8. HP Yitno says:

    Tidak ada yang namanya berhenti kalau belajar. Karena hidup adalah belajar kawan.

    Like

  9. tanda seorang Pelajar itu jiwa sosialnya TINGGI .
    semoga KKN nya kemarin jadi suatu ajang ‘mengamalkan ilmu’😀

    Like

  10. sunarno2010 says:

    bagaimana KKN nya Nis? sukses? alhamdulillah, banyak hikmah yang bisa kita petik dalam setiap amanah yang kita jalani

    Like

  11. kewajiban seorang muslim ternyata bukan hanya mnuntut ilmu saja ya, namun juga harus mengamalkannya.

    hmmm,, pasti sangat terharu baca surat dari adik2 itu..🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: