. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Habis Terang, Terbitlah Buku ^^

on 6 April 2012

 Bismillah.. Islamic Book Fair Malang, Udah yang ke-13 lho.. “Habis Terang Terbitlah Buku”

Jumat, 6 April 2012. Lagi-lagi mengunjungi Islamic Book Fair alias IBF, kayak gak ada bosennya aja lu, Nis! Hehe..

Eitss.. Jangan salaah.. IBF selalu menyimpan kesan tersendiri bagi saya. Ada historinya. Dimulai dari awal pertama kali dibuka bertahun-tahun silam saat saya masih duduk di bangku MTs, sampai kini.. ^^

Tadinya mau ke sana sendirian, tapi lagi-lagi masih dikhawatirkan oleh orang tua, “Udah bisa nyebrang, ta?”. “Bisa.. kalau sepi..”, jawabku ragu pula, khawatir di tengah jalan raya semua kendaraan terlihat ada dobel nggak tahu posisi aslinya di ruas mana.. Meskipun bisa dengan menutup salah satu mata biar gak terlihat dobel. “Diantar bapak aja..”, kata bapak. Hmm.. Ya weslah, mumpung bapak ada semangat kuliner buku juga, kan bermanfaat untuk keluarga. Toh memang idealnya muslimah yang bepergian, ditemani mahram tho..

Hari ini agenda yang saya ikuti adalah Writing on The Spot Competion yang digarap oleh teman-teman Forum Lingkar Pena Malang, termasuk si Moly kawan belajar di NF (Nurul Fikri) dulu sebagai panitianya. Mendaftar di detik-detik akhir, Alhamdulillah masih bisa. Saya kira sudah terlambat. Puluhan peserta bersiap, saya pun mencari posisi.. Peserta meluber, sampai-sampai para peserta ikhwan dapat posisi di atas panggung! Saya celingak celinguk kebingungan, alhamdulillah dapat tempat di dekat meja, pas sekali karena saya gak punya alas untuk menulis. Mbak MC mengumumkan sebuah instruksi, “Semua peserta menulis sebuah tulisan fiksi dengan tema BBM. Dimulai, satu jam dari sekarang!”

Di atas kertas folio bergaris saya curahkan lintasan sembarang yang ada dalam benak, tanpa membuat kerangka, memikirkan karakter penokohan, kacau pokoknya langsung mengarang mode on, hiks.. Alhamdulillah, tepat satu jam, saya merampungkan cerpen berjudul TRUK. Pengumuman pemenang ada di korang Malang Post esok pagi, tapi bukan kemenangan tersebut yang jadi tujuan. Saya hanya ingin menang dari sosok ‘musuh’ dalam diri saya sendiri. Bahwa, belajar menulis tidak boleh diliputi rasa minder, minder, dan minder. Bahwa, menulis itu bisa dipelajari dan dilatih. Dengan melaju dalam sebuah kompetisi, meskipun nantinya tidak meraih juara, setidaknya telah membuat satu langkah ke depan, insyaAllah ^_^

Sejujurnya, kesan saat menggoreskan pena tadi adalah, K A K U … >___<, ya sudahlah.. lagi-lagi bisa berpartisipasi sudah menjadi pengalaman tersendiri. *iki memotivasi atau menghibur diri yo :p hehe

Pukul 15.35, saya berkeliling pameran buku, alhamdulillah saya dan bapak mendapat beberapa buku dengan harga miring ^^, hmm.. yang disayangkan pada sore ini adalah agenda Bedah Buku Rijaluddakwah bersama Pak Cahyadi Takariawan diganti dengan bedah buku yang lain.

Kami pun sudah cukup lelah. Diputuskanlah untuk pulang, meski saya sebenarnya juga masih ingin di lokasi IBF mengikuti bedah buku pengganti tersebut (sekalian siapa tahu ketemu dengan Ukh Wardah, teman saya akhwat UM) hingga nanti malam lihat penampilan grup nasyid Edcoustic sebentar saja. Bapak sempat menawarkan, “Nanti habis maghrib mau diantar lagi ke IBF tah? Nanti balik lagi ke sini..”, semula kuiyakan. Lalu kuralat, “Enggak usah wes, Pak.. Istirahat. Nanti malam waktunya baca buku yang sudah dibeli tadi..”.

Oiya, tadi juga berjumpa dengan adik-adik FKM angkatan 2011. Ada Adel, Eryna, Bettis, Rizky, Nurul, Itus. Dek Masyrifah juga katanya ikut, tapi tadi kok gak ketemu ^^. Mereka ini, pada bela-belain naik kereta api Surabaya-Malang buat hadir di IBF.🙂


12 responses to “Habis Terang, Terbitlah Buku ^^

  1. sukses slalu yaaa…:)

    Like

  2. buku adalah gudang ilmu
    thanks infonya

    Like

  3. wow bagus ,,

    jadi pengen baca,,

    Like

  4. ysalma says:

    buku jendela dunia,
    book fair ajang nyari buku murah,, banyak kegiatan berarti bonus tambahan ya.

    Like

  5. musyafucino says:

    salam dr ane owner musyafucino.wordpress.com

    Like

  6. musyafucino says:

    alhamdulillah ane jg mborong puluhan buku mskipun tuk smw itu harus rela kantong menipis dan memacu motor bututku puluhan kilometer ke kota malang dr rumahq. demi ilmu apa yg nggak🙂

    Like

  7. Mila says:

    sering sering ada pameran… lumayan buku murah🙂

    hehe [pengalaman pribadi]

    Like

  8. lho😮 malah saya tadi yang ketemu sma Wardah. dia ada di stan deketnya stand HTI.

    Like

  9. Arinda says:

    wah, mbak Nisa ga ngajak2😀

    Like

  10. beli buku apa aja mbak? di jogja udah yg ke-17 klo gak keliru IBFnya

    Like

Leave a Reply

