. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Yang Tak Menjemukan..

on 22 April 2012

Gambar di atas adalah keisengan kami saat ingin menyegarkan pikiran sejenak atas jam perkuliahan yang panjang. Tentu saya bilang panjang karena semester enam ini merupakan semester pemampatan bagi kami, artinya 1 SKS yang semula hanya 50 menit mekar jadi 80 menit. Jika ada 5 SKS perkuliahan dalam sehari, tinggal dikalikan saja..

Masih mending kalau sejenak nggambar-nggambar atau nulis, yang parah adalah ketika berpuluh-puluh menit memejamkan mata alias tertidur di kelas, byuuh.. =__=. Catatan buruk!

Tapi kali ini ada yang beda dengan perkuliahan kami. Usai Pak Dosen menerangkan, beliau meminta kami berkelompok dan mendiskusikan sebuah masalah. Yakni perkara gizi buruk yang ada di semua kabupaten yang ada di Pulau Madura. Kami diminta untuk mengidentifikasi masalah dan akar masalah, menentukan tujuan umum dan khusus, menentukan strata untuk penentuan kebijakan dan strategi, hingga matriks program yang diusulkan.

Alhamdulillah, diskusi on the spot seperti ini jelas lebih interaktif dan membuat tidak mengantuk ^^. Akhirnya saya melek 100 persen.

Kemudian penugasan tersebut diturunkan dalam bentuk pekerjaan individu, dengan lokasi kabupaten yang boleh berbeda. Ditulis dalam note FB dan penilaian ditentukan melalui jumlah komentar relevan yang masuk dalam postingan note. Wah, boleh juga. Selain melatih kami dalam hal baca dan tulis, melatih kekritisan dalam analisis masalah, membuat feel makin terasah dalam keilmuan kesehatan masyarakat, tentu menambah silaturrahim dengan teman sekelas di dunia note FB ^^ (jujur kami jarang melakukannya, saya pun hanya pernah membuat catatan di mana yang ditandai/di-tag hanya teman kampus yang punya kaitan dalam organisasi, malah yang pure teman sekelas belum pernah..). Dari note pula, kita bisa mengenalkan keilmuan FKM kepada teman-teman lain yang singgah pada tulisan kita.

Semoga lebih banyak lagi stimulus kreativitas dan inovasi yang ada dalam kegiatan belajar mengajar dalam perkuliahan, yang berselingan dengan penyampaian materi secara klasikal.

*Sebuah testimoni, dari mahasiswi semester 6 yang masih suka bernostalgia dengan asyiknya menuntut ilmu di bangku sekolah saat SMP dulu😀, hehe..


16 responses to “Yang Tak Menjemukan..

  1. hanif says:

    Assalamu’alaikum
    Lama tidak berkunjung..he he he masih seputar kuliah? Semenjak di dunia nyata (baru baca bukunya Ippho Santosa kalau dunia kampus itu masih dunia nirwana…nyaman soalnya) materi kuliah yang kudapat di kampus pada ilang sendiri2. Padahal besok ada reuni di awal bulan Mei..dan kau tahu? Ternyata ada banyak ilmu yang tidak kita dapatkan di dunia kampus. Sangat berbeda dan butuh kesabaran ekstra. Saat kau wisuda dan memasuki ranah dunia kerja…wuihhhh kita harus benar2 kreatif di lapangan *pengalaman pribadi….
    Ok Nis…share terus tentang duniamu. Masih banyak dedaunan yang berserakan yang harus kau kumpulkan…Kalau dah kumpul bisa dibikin pupuk kompos tuh, terus disedekahin uangnya ke masyarakat yang gizinya buruk.🙂 bercanda…Yang jelas…Mari terus berkontribusi dan bermanfaat untuk banyak orang.

    Like

    • Nisa says:

      Wa’alaikumsalam Warohmatullah Wabarokatuh.. Iyaa.. lama nian ndak ngeblog sampeyan ini..

      Wahh.. iya, aku pun yakin, banyak hal di luar sana yang tak pernah kubayangkan saat berada di bangku kampus ini..

      Hehhe,, sip wae lah, saya sepakat.. Berjuang menebar manfaat, bismillah..😀

      Like

  2. haiii…salam persahabatan slalu yaaa…:)

    Like

  3. fi says:

    ga sabar ingin mengenakan toga🙂

    Kaifa haal ukhtiy?

    Like

  4. Ace Maxs says:

    salam kenal gan🙂

    Like

  5. baru kali ini ada dosen yg ngasih tugas bikin note di FB
    keren… dosen gaul yah mbak? –> memanfaatkan socmed

    Like

  6. phiy says:

    jadi yg komennya banyak nilainya bagus gitu nis? Inovatif banget dosennya. Pasti dosennya jg doyan main fesbuk😛

    Like

  7. koq bisa begitu ?😮 , 1 sks jdi 80 menit !

    mirip sama tugas akhir matakuliah saya, bedanya ndak ditulis di fb

    semangat Sin !

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: