. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Mimpiku tentang Skripsi

on 3 May 2012

 

Sekitar 32 derajat celcius sengat Surabayaku. Beberapa menit saja, aku mengarahkan ‘Appa’ (si mio) menuju tepi danau kampus C UNAIR. Kuambil posisi duduk di atas paving, bersandar di bawah rindang pohon. Menikmati sunyi danau, menyegarkan diri sejenak dari iklim perkuliahan semester 6. Kutinjukan tanganku ke udara, semangaatt!

Ngomong-ngomong.. Tanggal 16 Mei nanti, aku harus menyerahkan peminatan keilmuan kesehatan masyarakat. Dari TUJUH bidang ilmu, insyaAllah akan kupilih satu yang mungkin termasuk jarang diminati mahasiswa FKM : Departemen Biostatistika dan Kependudukan (khususnya di bagian demografi/kependudukannya) ^__^ sudah mencoba menerka judul proposal skripsi, sih.. tapi sayangnya belum istikhoroh untuk memantapkan hati.

Enam peminatan yang lain adalah AKK (Administrasi dan Kebijakan Kesehatan), PKIP (Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku), Gizi Masyarakat, Kesehatan Lingkungan, K3, dan Epidemiologi. Justru peminatan Biostatistika dan Kependudukan inilah yang belum pernah saya lirik di awal dibandingkan beberapa yang lain. Terinspirasi mengambil kependudukan, karena beberapa saat yang lalu iseng-iseng mengamati judul-judul skripsi yang tertera pada catalog di ruang baca.

Saya pun teringat sebuah tugas esai pada mata kuliah tersebut di Semester dua lalu kalau gak salah, saya mendapat bagian tugas esai dengan tema “Phobia Feminisme” (yang memberi tema dosen saya lho..), hal ini semakin memicu saya untuk menulis skripsi pada bidang ini. Siapa tahu, saya bisa menerjemahkan pemikiran Islam tentang pergaulan remaja, rumah tangga, perkawinan, hingga meng-counter perang pemikiran yang memuat konsep tentang gaya hidup remaja, legalitas gay dan lesbian, feminism, dan sebagainya. Pada tugas semester dua lalu, saya telah menunaikan esai tersebut dengan sudut pandang agama Islam ^__^, semoga pada skripsi ini juga bisa.. Bismillah, sebuah tantangan, menerjang teori dari barat.

Nah, bicara skripsi.. Sebagai lulusan mahasiswa kelak, tentu ada tanggung jawab yang dipikul. Ada manfaat yang diberikan pada masyarakat. Saya ingin, membuat skripsi tentang kependudukan dan nanti mengemasnya dalam bentuk buku. Ya, buku.. Karena skripsi kelak hanya akan terarsip rapi di ruang baca dan perpustakaan, mungkin yang memiliki kemungkinan memanfaatkannya hanya adik-adik mahasiswa yang butuh rujukan, atau.. yah orang-orang tertentu yang mau membacanya –itu kalau ada yang mau baca–. Intinya, mungkin hanya segelintir kalangan yang akan memanfaatkannya.

Sayang sekali bukan, jika tidak ada optimalisasi pemanfaatan skripsi. Maka, selain menjadikannya jurnal seperti pada umumnya, menyampaikan informasi-informasi yang terkandung di dalamnya kepada stake holder terkait, saya ingin mengeditnya menjadi bahan sebuah buku yang bisa dikonsumsi oleh khalayak yang lebih luas. Siswa SMA, guru, sesama kolega sarjana, dan sebagainya..

Ah, ngimpi… Biar saja.. semoga bisa diniatkan baik, jadi kalau nggak kesampaian ya.. yang penting udah niat ^^ hehe..

Sebelum berkutat dengan magang dan skripsi, genapkan dulu semester 6 ini dengan 50 hari PKL di Probolinggo, Nisaa!! >__< Awal Ramadhanku nanti, di bumi PKL…


11 responses to “Mimpiku tentang Skripsi

  1. atik agustina says:

    salam kenal. aku juga sedang memikirkan judul skripsi nih. bingung, ternyata masuk peminatan bios ^^

    Like

  2. rezky batari says:

    Semangat yah mbak Nisa…

    Skripsi itu salah satu karya nyata dalam hidup kita, do ur best! SEMANGKA! SEMANGAT KARENA ALLAH..

    Like

  3. Cenya95 says:

    hmm… 16 mei… jelang libur panjang, Nisa mo setar… nich ?!
    semoga sukses…

    Like

  4. phiy says:

    kereen impiannya. Jarang2 ada mahasiswa yang mau bikin skripsinya jadi buku. Udah lulus aja bagus😀 Mudah2an kesampean ya nis🙂

    Like

  5. Fiyaa says:

    SEMANGAAAATTTTT~ :”)

    Like

  6. sudah mau skripsi aja, cepet ya😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: