. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Dosa Besar, Apa Sajakah itu?

on 8 August 2012

Hendak pindahan rumah kontrakan, nyicil mengemasi barang. Yang pertama kali saya rapikan adalah buku-buku. Termasuk tumpukan buku catatan kajian dan syuro ^__^. Mengamati catatan saat masih tahun awal kuliah dulu hingga sekarang, rasanya ada kemunduran “kerapian”, hiks.. “Kok dulu tulisan tanganku bagus ya?” Nah, daripada catatan-catatan ini hanya tertumpuk begitu saja, mending diarsipkan di postingan blog ya..

Nah.. ini catatan kajian Forum Belajar Islam (FBI) dari ustadz IKADI pada 6 April 2010 di Masjid Nuruzzaman. Tentang dosa BESAR.

Orang mu’min melihat dosa seperti gunung yang akan menimpa dirinya, orang fasiq/munafiq melihat dosa seperti lalat yang hinggap di hidungnya

Yang termasuk dalam dosa besar adalah :

  1. Ghibah, namimah (adu domba), fitnah
  2. Berlaku kejam terhadap orang lemah
  3. Memakan harta anak yatim
  4. Mencuri, menyuap (risywah), mengurangi timbangan
  5. Dosa besar yang diakibatkan oleh aspek ibadah :
    • Meninggalkan sholat dengan sengaja
    • Mengakhirkan waktu sholat tanpa udzur syar’i
    • Menolak membayar zakat
    • Tidak puasa pada bulan ramadhan tanpa udzur syar’i
    • Tidak berhaji padahal mampu
    • Meninggalkan sholat jumat 3 kali secara sengaja
    • Tidak bersih dalam istinja’
  6. Dosa besar yang diakibatkan oleh :
    • Berzina
    • Menuduh orang mukmin berbuat zina
    • Perempuan yang tabarruj
    • Laki-laki serupa perempuan, dan sebaliknya
    • Durhaka kepada kedua orang tua
  7. Dosa kecil yang menjadi dosa besar
    • Dosa kecil yang dilakukan dengan terus-menerus
    • Menyepelekan dosa
    • Melihat dosa-dosa yang telah dilakukan dengan perasaan bangga..
    • Menggampangkan taubat, “ah nanti kan bisa taubat”
    • Menampak-nampakkan dosa kecil
    • Dosa kecil yang dilakukan oleh orang yang sudah punya ilmunya. Padahal orang yang berilmu dengan yang tidak berilmu bedanya bagaikan langit dan bumi..

Demikian sedikit resume kajian tentang dosa-dosa besar, semoga kita bisa terhindar darinya. Aamiin..


7 responses to “Dosa Besar, Apa Sajakah itu?

  1. hanis says:

    naudzubillah… istighfar, istighfar…

    Like

  2. SanG BaYAnG says:

    Emang nduk.., awale aku ya ragu apa iki bener tulisanmukah..??? :mrgreen: Kq beda🙄
    Hmmm.., atau mungkin sekarang sudah tambah dewasa yah..😛😛😛

    Like

  3. Ahmad Alkadri says:

    Syirik termasuk dosa besar juga kan ya mbak?🙂

    Like

  4. catatan syuro’ nya gak sekalian diarsipkan di blog mbak?
    hehe…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: