. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Life Plan?

on 28 August 2012

Siapa yang sudah menulis peta hidup jangka pendek, tengah, panjang.. hingga usia tertentu.. Dengan tabel, gambar, bahkan detail seperti peta pikiran yang memiliki banyak cabang kemungkinan A-Z? Saya yakin, teman-teman pasti sudah punya life mapping.. Tidak seperti Nisa yang masih punya gambaran kasar tapi belum bisa detail per tahun.

Sebenarnya, ramadhan lalu mungkin momen yang pas untuk merampungkan life plan hingga usai 63 tahun😀, tapi entah kenapa saya buntu dan merasa bahwa untuk menyusun ini tidak bisa dilakukan seorang diri.. Meskipun sah-sah saja sih untuk membuatnya sesuka hati, toh nanti bisa di-update sesuai kebutuhan dan kondisi, tapi tetap saja… hiks.. Padahal saya sudah mencari inspirasi dari contoh-contoh life plan dari beberapa mahasiswa yang berprestasi, tapi belum juga bisa menyelesaikannya.

Lalu pada saat mudik lebaran kemarin, saat membuka lemari di kamar, saya tidak bisa menahan senyum saat menemukan selembar kertas dengan penuh tulisan warna-warni dengan berbagai jenis font. Ini mimpi-mimpi saat masih maba, dibuat semester 1 dulu! Terinspirasi dari video Jejak-Jejak Mimpi oleh Danang Ambar Prabowo tentang “tuliskan 100 mimpimu di atas kertas”. Meski cita-cita saya sudah sedikit banyak berubah tidak seperti tiga tahun yang lalu dan catatan mimpi tersebut rasanya tidak dibuat dengan SMART (specific, measurable, attainable, realistic and timely) tapi cukup me-refresh kembali semangat kala itu😉.

Dan malam ini, saat mengublek-ubek folder lama di laptop.. Saya kembali tersenyum saat menemukan “Resolusi Semester 3 dan 4” ^__^ Benar-benar lumayan recharge semangat.

Waahh.. mungkin banyak yang terlewatkan dari target-target yang lalu karena banyak hal.. Tentunya banyak yang harus dibenahi. InsyaAllah, perencanaan bisa menjadi salah satu awal yang baik. Semoga di Syawal ini, saya bisa merampungkan life plan dengan rapi:mrgreen:, dan bisa berdoa-berikhtiar-bertawakal semaksimal mungkin untuk memperjuangkannya😀


20 responses to “Life Plan?

    • Nisa says:

      😥

      ndak menyangka bahwa akh suko sepupu almarhumah.. Subhanallah.. peta hidupnya bagus, puzzle2 ^^ jadi pingin buat yang bagus kaya gitu juga… (almh) ukh novi yg inspiratif🙂

      Like

      • maznanda says:

        alhamdulillah.. punya sepupu keren gitu😀 dulu dia awalnya pengen ke Unair lho.. saran semua keluarga juga ke unair.. biar deket sama ane, kalo ada apa2 gampang.. malah udah liat2 kampusnya.. tapi pas denger Unair pake tes dia batal kesini.. ane saranin deh ke Undip ato UGM.. ada temen SMP ane di kedua kampus itu..

        iya bikin juga ukh.. itu dia bikinnya pas masih kelas 1 SMA. ane masih lack ispirasi pengen bikin kyk gimana. hasilnya, ane bikin target jangka pendek dulu apa yang ane kepingin capai di 2013.

        liat blognya juga ukh di novilialutfiatul.wordpress.com

        Like

        • Nisa says:

          ohh… ndak nyangka juga kalau sudah sempat liat2 fk unair😮

          subhanallah.. mantab ya…!
          malah parah ana pas masih kelas 1 SMA,, belum kepikiran life plan mungkin😦

          iya akh,, pertama ana mampir ke blog almarhumah saat ada berita bulan november lalu..

          Like

        • maznanda says:

          yah.. apalagi ane, SMA kelas 1 masih begajulan sangat. SMA kelas 3 malah mau “nembak” adik kelas, tapi Alhamdulillah gagal karena keduluan orang lain. “agak lurus” ya baru setaun belakangan ini, semenjak join UKKI PENS >.<

          oia, tulisan-tulisan di blog itu mau dibukukan lho.. insyaAllah januari nanti terbit. sekarang lagi dalam tahap editing. mohon doanya.

          Like

          • Nisa says:

            Alhamdulillah, selamat menjemput hidayah🙂, senang ya kita dipertemukan dengan “keluarga” baru di rohis, keluarga dunia dan akhirat insyaAllah.. ^^

            Subhanallah,, moga Allah memudahkan akh, nanti insyaAllah saya pesan bukunya.

            Like

          • maznanda says:

            syukron.. alhamdulillah.. tinggal istiqomahnya aja yg agak susah.. insyaAllah nanti dikabari.. di facebook ane share nti insyaAllah..

            Like

  1. SanG BaYAnG says:

    Link saya mbokyao diganti yang WP ini leh..😀

    Like

  2. hanis says:

    life planku realisasinya bnyk yg bergeser alias mundur, heee…

    Like

  3. Citra W. Hapsari says:

    rencana dan tujuan hidup harus senantiasa diperbaharui,..agar semakin terppacu dan bersemangaat! hehe

    Like

  4. Darmawan says:

    Life plan bisa diawali dengan menyusun targetan HARI INI.

    Like

  5. rangtalu says:

    tetap semangat..
    saya baru saja selesai merevisi peta hidup.. ada haluan yang berubah..🙂

    Like

  6. langit11 says:

    nisaaa..taqabalallahu minna wa minkum,….maaf smsnya lama tak berbalas, sok sibuk menjelang mudik-mudik-sampe balik lg. jd ga enak soal kaos😦

    Like

Leave a Reply

