. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Catatan IMSS 2012 : Penjuru Negeri

on 29 August 2012

Telefon itu berdering secara tiba-tiba di siang hari, memberi sebuah kejutan tentang penawaran menggantikan seorang peserta IMSS 2012 (International Muslim Students Summit) yang dihelat oleh FSLDKN (Forum Silaturahmi Lembaga Dakwah Kampus Nasional) dengan tuan rumah ITB. Seketika saya mantap menyanggupi tawaran tersebut. Dan sesegera mungkin mengurusi perizinan dari kedua orang tua, dosen pembimbing PKL (Praktik Kerja Lapangan), juga teman-teman sekelompok PKL Desa Prasi Probolinggo.

Tak disangka, izin begitu sulit saya dapatkan khususnya dari kedua orang tua. Bapak dan ibu khawatir jika saya terlalu aktif di kegiatan hingga tidak fokus di perkuliahan. Saya pun mencoba meyakinkan beliau berdua bahwa dakwah ini seimbang, tidak mengesampingkan yang lain. Dan amanah di PKL juga insyaAllah ditunaikan dengan kesungguhan. “Tenang, Pak… Justru insyaAllah di ITB bisa dapat banyak motivasi dari teman-teman kerohanian Islam yang berprestasi.. Bisa kenal banyak orang dari penjuru negeri artinya memperluas jaringan juga.”. Akhirnya, pada hari deadline konfirmasi fiksasi bisa berangkat ke IMSS 2012, segala perizinan telah saya kantongi. Bandung, aku dataangg!

13 Juli 2012. Gerbong 4 Kereta Api Pasundan dipenuhi oleh ikhwah rombongan dari UNAIR, ITS, UBAYA, Unijoyo Madura, dan Universitas Negeri Mataram. Dengan penuh semangat, kami siap menghadapi 17 jam perjalanan menuju Stasiun Kiaracondong Bandung. Banyak pemandangan unik dalam perjalanan ini, mulai dari adanya pengamen yang terlihat seram dengan telinga dilubangi lebar lalu lubang tersebut dijejali dengan puntung-puntung rokok,  pengamen transgender dengan lagu andalannya “wer ewer ewer”, juga pecel bunga kecombrang yang amat kami nantikan untuk dibeli. Sensasi rasa bunga yang membuat kami cuma bisa nyengir karena rasanya yang tak biasa : kombinasi sirih dan mint.:mrgreen:

14 Juli 2012. Dini hari sekitar pukul 01.30 kami sampai di Masjid Salman ITB dan untuk sementara beristirahat di sana. Bersama saudari-saudari lain yang telah datang lebih dulu. Lalu pada siang harinya, dengan sebuah bis mini, kami diantarkan menuju penginapan. Saya mendapat sebuah kamar di Darul Muthmainnah, kompleks Daarut Tauuhid-nya AA Gym. Sekamar dengan akhwat-akhwat asal Karawang. Dan saya pun mempelajari kosa kata baru, “Punten… sok atuh, Teh!”

15 Juli 2012. Pembukaan IMSS 2012 di Sasana Budaya Ganesha ITB. Sekitar 1700 ikhwah dari penjuru negeri memenuhi ruang ini. Amazing! Para peserta yang datang dari jauh ada yang berlayar dengan kapal selama 3 hari 2 malam, ada juga naik pesawat dengan biaya tak sedikit. Subhanallah.. Tapi pengorbanan itu seolah terbayar lunas dengan indahnya silaturrahim antar LDK (Lembaga Dakwah Kampus) dari berbagai daerah ini. Dari pertemuan ini, kami bisa berbagi cerita mengenai perjalanan dakwah di kampus masing-masing. Ingin rasanya mengikuti jejak LDK yang telah melaju pesat.. Ingin pula menjadi pemuda berprestasi seperti kader-kader yang masuk dalam nominasi IYIL (Islamic Youth Indonesian Leader). Saya.. Kapan ya bisa berjuang dan berprestasi seperti mereka?

16 Juli 2012. Tak hanya persaudaraan yang terjalin, tetapi juga imu dan wawasan yang insyaAllah bertambah dari acara ini. Serangkaian acara IMSS 2012 terdiri dari agenda pararel yang terdiri dari sekolah SKI, sidang komisi, dan Islamic Fair (bedah buku dan bazaar). Yang saya ikuti hari ini adalah bedah buku Dalam Dekapan Ukhuwah oleh Pak Salim A.Fillah, bedah buku Playing God yang dibawakan Pak Roelly Roestam, dan materi tentang Dakwah dengan Film yang disampaikan oleh Bapak Habiburrahman El-Shirazy. Hari ini saya beli Buku Api Sejarah😀

17 Juli 2012. Tak ingin melewatkan kelas Syiar Media dan Komunitas. Saya, Ukh Indri dari UM, dan Ukh Yanita dari IAIN Jambi bergandengan tangan dan berjalan cepat dengan setengah berlari menuju ruang Oktagon 9027. “Padahal yang lainnya biasa aja jalan. Ini kita kenapa ya pakai lari-lari?”, sambil tertawa geli dengan kegejean dan keakraban kami yang tiba-tiba ini. Oh, rupanya kami terlalu bersemangat!

18 Juli 2012. Oh, Noo!! Hari terakhir IMSS 2012. Hiks.. Check out dari penginapan dan mengikuti agenda di ITB. Adalah IYMC (Indonesian Youth Muslim Creation) Award yang diawali dengan Seminar “Membangun Bangsa dari Desa” oleh wirausahawan sukses Goris Mustaqim dilanjutkan dengan presentasi karya dari pemenang IYMC Award kategori pemberdayaan masyarakat, inovasi dan teknologi, juga wirausaha. Wah, rasanya benar-benar jadi suntikan motivasi. Banyak permasalahan di negeri ini yang menanti kontribusi kita..

Agenda berikutnya adalah longmarch dari kampus ITB menuju monument perjuangan. Dengan orasi peduli Palestine, juga menghadirkan KNRP dan tokoh mayarakat di daerah bencana Merapi yang mendapat bantuan dari Palestina, “Padahal, saudara-saudara kita di Palestina tengah menghadapi kondisi yang begitu sulit, tapi sempat-sempatnya mereka memikirkan hingga memberi bantuan pada kita yang hanya menjadi korban bencana alam.” Nyata sudah bahwa persaudaraan ini diikat oleh kesamaan aqidah. Meloncati geografis wilayah dan suku bangsa. Palestina benar-benar sepetak bumi cinta yang pasti membuatmu cemburu pada kesungguhan jihadnya..

Tak lupa, pembacaan deklarasi hasil dari International Conference on Anti-Islamophia Movement pun dikumandangkan. 31 Perwakilan dari Bangladesh, Taiwan, Indonesia, Mesir, Filiphina, dan Senegal menyampaikan bahwa Islam adalah agama yang damai, terbuka, dan menjunjung tinggi toleransi, saling menghargai dan memahami.

Di akhir, acara ini resmi ditutup oleh pidato Gubernur Jawa Barat. Beliau memberi pesan, “Man jadda wa jadaa.. Anu teyeng tangtu pareng, sa bisa bisa harus bisa! InsyaAllah pasti bisa…”

Ratusan balon bewarna merah, putih, dan hijau dilepas ke angkasa..

Tempat bersejarah tersebut menjadi saksi penutupan acara IMSS 2012 ini.

19 Juli 2012. Masih terlalu cepat rasanya untuk pulang, separuh hati seolah masih tertinggal di Bandung.. Meski raga begitu lelah, rasanya kobar semangat dalam jiwa masih terus menyala. Tetap dengan deru Kereta Api Pasundan, Surabaya telah menanti..

* * *

Dalam sendiri, aku pun bergumam.. Bahwa perjalanan dakwah yang kita alami di kampus mungkin cuma sekelumit miniatur, dari kepingan mozaik dakwah di dunia nyata, di berbagai penjuru negeri ini..


14 responses to “Catatan IMSS 2012 : Penjuru Negeri

  1. retno says:

    masyaallah. baca note ini, merinding. dan semangat itu kembali membuncah. hampir setahun yang lalu. betapa dakwah itu terlalu besar dan kuat untuk dilupakan. salam ukhuwah dari bandung, mbak. semoga semangat dakwah semakin meluas ke seluruh penjuru. ^^

    Like

  2. Subhanallah,,🙂
    salam dari temen2 LDK IMAM UNPAM mba’e.. http://www.imamunpam.com😀

    Like

  3. Eva says:

    Have a good day yah …

    Like

  4. wah sayang kakak sudah bukan lagi pelajar nih
    seru pastinya🙂

    Like

  5. septarius says:

    ..
    wah manteb Dik Nisa..
    makin melebarkan sayap nih..😉
    ..

    Like

  6. Assalaamu’alaikum wr.wb, Nisa…

    Perjalanan ke Bandung sangat mengasyikkan ya, 17 jam sangat lama sekali.
    Saya yakin banyak ilmu yang bermanfaat diperolehi hasil dari IMSS yang dihadiri. Mudahan bisa membantu sesiapa sahaja yang membutuhkan ilmu Islam melalui pengalaman yang diselusuri.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

    Like

  7. ORENJECK says:

    mbolangnya seru ;D

    Like

  8. haha seru banget nih. aku sempet mau ikut tapi abstraknya gak diterima :”>

    Like

    • Nisa says:

      waah, tapi masih mending udah coba bikin abstrak.. sina hadir cuma sebagai peserta perwakilan unair, bukan sebagai peserta international ^^”

      Like

  9. ahsanfile says:

    Semoga acaranya berkah dan diberi kelancaran … amiin

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: