. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Pelajaran di Balik Sunyi.. ^^

on 20 February 2013

Bersyukur itu… Lebih dari berucap “alhamdulillah”, melainkan mengoptimalkan segala nikmat yang dilimpahkan Allah Subhanahu wa Ta’ala untuk beribadah.., iya gak? ^^

taujih muslimuda

Fa bi ayyi ālā-i rabbikumā tukadz-dzibān (maka Nikmat-nikmat Rabb kalian yang manakah yang kalian dustakan?), wahai jin dan manusia. Kalian mengingkarinya dengan mengatakan bahwa hal itu bukan dari Allah Ta‘ala. Demikianlah (penafsiran) semua Firman Allah “fa bi ayyi ālā-i rabbikumā tukadz-dzibān“ yang terdapat dalam surah Ar Rahman.

***

Sudah sekitar 4 hari ini saya mengidap sariawan akut😦. Banyaaak sekali dan periiihhh… Di atas, bawah, sisi samping, lidah, dll. Rasanya ingin selalu tutup mulut, daripada menahan sakit. Ahad dan Senin lalu masih mending, kemudian Selasa dan Rabu ini yang horor T_T. Sampai badan sempat demam dan susah sekali mengasup makanan.. Nyerinya sampai ke gigi.. Menggosok gigi pun tidak bisa merata seperti biasanya. Paling menyedihkan adalah, dua hari ini tilawah pun merosot karena susah sekali untuk melafalkan dengan baik. Sedih juga karena frekuensi senyum berkurang,, hiks.. Apapun yang berkaitan dengan gerak otot di dalam dan sekitar rongga mulut sangat saya batasi.. Parah banget.

Walhasil.. Saya lebih banyak diam dan bermuhasabah.

Barangkali, ini teguran dari Allah. Karena saat rongga mulut dalam keadaan sehat, lebih banyak kugunakan untuk berbicara yang tidak bermanfaat, daripada membaca dan menghafalkan Al-Quran😦. Ah, iya.. Belakangan ini sepertinya terlalu banyak bercanda.. Senin kemarin tes kelulusan juz pun perlu mengulang. Banyak yang belum kutunaikan dari amanah ini..

Jika lisan tak mampu berucap, alhamdulillah masih ada mata yang jeli dan telinga yang bersiaga mendengarkan murrotal.. ^^ ah, jadi ingat juga… Saudara-saudara di luar sana tak pernah menjadikan keterbatasan sebagai penghalang. Ada yang bisa menghafalkan Al-Quran meski tidak bisa melihat. Ada yang bisa menghafalkan Al-Quran meski cedal saat berbicara. Ada yang bisa menghafalkan Al-Quran meski baru memulainya di usia 40 tahun, dsb.. Bagaimana denganku?

Kukira ini teguran dari Allah, karena dua kali berturut-turut sengaja tidak berpuasa Senin-Kamis.. Padahal sistem pencernaan perlu beristirahat,, dan tentunya berjuang melawan hawa nafsu, itu teramat penting! Lupakah aku bahwa Al-Quran dan Puasa kelak akan menjadi syafaat di hari akhir?

Mungkin Allah mengingatkan, untuk selalu menjaga kesehatan. Kata ibu dokter spesialis dulu,, rombongan sariawan tersebut bisa efek dari maag yang kambuh😦. Ayah dulu juga sudah mengingatkan “habbatussauda”nya. Ibu juga, “madu” lho, Nis! Sebagai seorang akademisi kesehatan masyarakat seharusnya malu beribu malu karena belum mengamalkan ilmu.

Diam ini mengingatkan pada masa kecilku dulu. Saat diam di kamar rajin sekali menata dan membersihkan kamar. Juga memasang motivasi-motivasi di dinding kamar. Hehe.. Akhirnya tadi sore berhasil menata berkas-berkas di atas lemari ^^ dan kembali memasang “time schedule” kesayangan (papan yang awet sejak masih MTs soalnya, hehe). Ah, iya.. Pantas target acak adut, belakangan ini kok kurang terorganisir waktu dan energinya😦

Aku pun jadi lebih tersadar, bahwa di sekitarku banyak saudari yang baiiikk sekali ^^. Sesama penghuni di asrama pada memberi masukan ini dan itu agar lekas sembuh. Tadi pagi malah duet masak bubur sama Dek Jega, biar lebih mudah kalau makan.. Alhamdulillah buburnya enak lho😀

Semoga sakit ini tidak hanya berlalu begitu saja, tapi meninggalkan banyak pelajaran dan hikmah yang melekat..

Menjemput syukur, tak perlu menunggu saat sebuah nikmat dicerabut oleh Pemberi-Nya..🙂. Nikmat ini titipan. Nikmat ini amanah… Sehat dan waktu luang, jangan dilalaikan!

#menasihati diri sendiri😥
#monolog


7 responses to “Pelajaran di Balik Sunyi.. ^^

  1. Dulu para sahabat bersedih kalau tidak diuji dengan sakit.🙂

    Like

  2. masjustice says:

    Jadi inget waktu masih sendiri, setiap beberapa pekan shaum senin-kamis terlupakan, sariawan pun datang… Shumu tasihu itu bener banget lho…🙂

    Salam )I(

    Like

  3. […] 2. Neni 3. Ummu ElNurien 4. Yisha 5. Nisa 6. Fitray 7. Andriyanichie 8. Fety 9. Monda 10. Ely Meyer 11. Doelsoehono 12. Ardiansyah Pongo […]

    Like

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Nisa…

    Semoga cepat sembuh ya, Didoakan akan kembali aktif dengan rutin harian. Tatkala sakit barulah kita bisa mengetahui betapa beruntungnya menjadi sihat dan merasa bersyukur dengan segala kecergasan yang ada.

    Setiap sakit itu ada hikmah yang perlu kita sedari hadirnya. Allah menyayangi kita lebih daripada kita menyayangi diri sendiri. Jangan lupa makan ubatnya, Nisa. Senang dapat mengunjungi Nis kembali.

    Salam mesra dari Sarikei, Sarawak.😀

    Like

  5. fi says:

    Udah nyoba abothyl belum, Mba?
    Coba deh..🙂

    Like

  6. Ahmad Alkadri says:

    Jangan lupa minum obat juga… Terutama Vitamin C…🙂
    Semoga cepat sembuh.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: