. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Skripsiku, Apa Kabar ^^?

on 10 May 2013

Alhamdulillah.. Kemarin, satu amanah akademik tertunaikan. Yup, setelah sekian bulan terkuras urusan magang dan laporannya, alhamdulillah kemarin sudah mengumpulkan laporan yang telah di-softcover T__T *akhirnyaaaa… Magang sensasional, magang yang membuat wawasanku terbuka terhadap kehidupan para pengguna narkoba suntik (penasun) aktif dan yang sedang pulih…

Dan,,, setelah sekitar 5 bulan tidak konsul s.k.r.i.p.s.i, saya mantabkan diri untuk menghadap dosen pembimbing. Sesaat setelah saya meminta tanda tangan beliau sebagai ketua departemen di laporan magang saya😀. Diawali dengan mukaddimah, “Maaf, Pak.. Saya mahasiswi bimbingan skripsi Bapak.. Naah.. Sudah lama sekali saya tidak konsul.. Setelah urusan magang usai, saya mau memulai mengerjakan skripsi lagi…”.

Seperti sebelumnya, hanya sedikit melirik hasil print-print an proposal penelitian dan lebih fokus meminta penjelasan secara lisan dari saya. Agak ragu menyampaikan argumen, garapan ini wajar jika ditolak (lagi). Beliau menyarankan untuk melanjutkan revisi proposal yang telah saya buat di semester 7 lalu, yaitu proposal yang sesungguhnya saya kurang sreg melanjutkannya..

Entahlah, sungguh saya ingin bisa menulis skripsi yang bagus.. yang bisa mengalirkan banyak manfaat. Skripsi yang bisa meng-eksplore keilmuan lingkup peminatan yang telah kupilih. Ingin juga mengaitkannya dengan konsep dalam Islam, karena banyak isu yang sebenarnya dapat diangkat dari peminatan ini. Saya telah berupaya tapi belum juga bisa gol..

si fulanah dan fulanah sudah sidang.. fulanah dan fulanah lain sudah ambil data dan kini olah hasil.. sedangkan Nisa? softcover proposal saja belum,,,😥

“Ini sudah Mei lho, segera.”, kata dosen pembimbing saya. Mengingat-ingat deadline justru makin membuat puyeng saat berseluncur di antara jurnal-jurnal. “Itu malah sulit”, membuatku takut untuk mencoba ide yang lain. “Bisa, selesai Juni?” pertanyaan beliau yang satu ini cuma kujawab dengan cengar-cengir, haruskah orientasiku tertuju pada ‘mana yang paling memungkinkan untuk cepat selesai? Toh di FKM bobotnya skripsi cuma 3 SKS’.

Tapi, saat belum memberikan karya yang terbaik,, rasanya…..

Tanpa kusangka suatu hari saat ibu ke Surabaya menanggapi ucapanku tentang ngebut skripsi “Yah kalau bisa dikebut ya ndak papa.. tapi kalau nambah satu semester lagi gak papa kok, Nis.. yang penting dijaga kesehatannya..”

Ibu, banyak alasan kenapa Nisa harus segera lulus.. *itu pernah saya list menjelang sholat Dhuhur pada suatu hari lampau.

Sementara di hari-hari yang makin mendekati deadline ini, tumpukan-tumpukan amanah di kampus juga makin mewarnai^^’’. Syuro, syuro, syuro, eksekusi, dan tugas buat Mbak Nisa. Bismillah.. Jika Allah menghendaki, maka amanah akademik, amanah di kampus, amanah di dakwah hunian, dan segala amanah yang lain akan bisa ditunaikan. “Alaa~ inna nashrolloohi qoriib” – Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat (QS. Al-Baqoroh : 214)

Apapun yang terjadi nanti, baik suka atau pun tidak suka, insyaAllah merupakan ketetapan terbaik menurut Allah.. ^___^ jalani ujung semester 8 ini dengan. . . . . . . . keep #nevergiveup #LaaTahzan #LuruskanNiat #Tawakal #Doa #Ikhtiar dan… #JanganKaburdariAmanah.

Kata mbak di asrama, 5 S untuk SKRIPSI
Semangat menyelesaikan skripsi
Segera mengerjakan skripsi
Sebaik-baiknya berkomunikasi dengan dosen
Sebanyak2nya diskusi dan referensi
Sejauh-jauhnya dari penundaan
tapi hal pertama yang harus dilakukan adalah
SEDEKAT-DEKATNYA dengan ALLAH.
kita bisa, atas ijin Allah🙂

**lagi, menasihati diri sendiri, bicara dengan diri sendiri. Ma’an najah, nduk..


10 responses to “Skripsiku, Apa Kabar ^^?

  1. Lili says:

    Semangat… semoga dimudahkan dan cepat selesai…

    Like

  2. MY SURYA says:

    Hiyyyaa… Mbak Nisa,😀 Mari-mari kita selesaikan. Aku juga lagi perjuangan skripsi.
    Namun, tiada kata… saat pertama kali buka leptop dan terhubung dengan internet, hal pertama yang aku lakukan adalah menatap sayang, blog. Lalu curhat, haha..

    Semoga Juni, bisa kelar, insyaAllah…
    Yuuks, kita lanjutkan dan menghubungi pembimbing, lagi. Xxiixii.

    Semangat,!!

    “…**lagi, menasihati diri sendiri, bicara dengan diri sendiri. Ma’an najah, nduk..,” aku pun sedang mempraktikkan kalimat ini, Mbak.)

    Like

  3. wi3nd says:

    eaadaah..adekku sudah skripsi lagi *bengong…

    endingnya nanti juga tuntasssss..asal??





    dikerjakan tentunyaaaa..

    ayo smangaat de’..!!

    **big hugs

    Like

  4. Puji Lestari says:

    masih mending mbak, hanya 5 bulan gak konsul
    saya 1 tahun 8 bulan gak konsul, padahal olah data sudah sampai setengah jalan…
    alhamdulillah, sekarang sudah hampir di ujungnya, besok senin saya sudah sidang terakhir untuk skripsi😀

    Like

  5. hanif says:

    Ini tips dariku:
    Luangkan waktu 1 jam setiap hari untuk membuatnya.
    Cari orang/teman yang semangat ngebut skripsi…pokoknya yang bicaranya yang “skripsi melulu” biar terpacu..entah itu seangkatan atau adik angkatan.
    Tulis di kamarmu besar-besar SKRIPSI HARUS SELESAI BULAN JUNI 2013
    masih banyak cuma kalo 3 ini dilakukan kayaknya bakal cepet kelar
    *pengalaman pribadi

    Like

  6. orenjeck says:

    Sinna… yo dikerjakan pasti ada jalan menuju kemudahan, tinggal satu ini terus lulus lo…
    Klo difarmasi 5 sks skripsi… klo 3 sks mungkin aq juga bakal agak males (hihihi) tp patut disyukuri klo sinna semester ini tidak ada kuliah kan? daripada ribet kuliah dan sibuk ngelab (sulit mengatur waktu)

    Like

  7. Skripsi yg paling baik itu adalah skripsi yg SELESAI..🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: