. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

#bertekad

on 23 August 2013

Semoga syawal dan seterusnya ni bisa menjadi pribadi yang lebih baik😥 *sangat sangat menyadari kesalahan…*. Episode : Berjuang melatih diri melipatgandakan SABAR.

Ibnu Qayyim : Sabar adalah menahan jiwa dari berkeluh kesah dan marah, menahan lisan dari mengeluh, dan menahan anggota badan dari perbuatan menyimpang.

bismillah,, semoga bisa menghapus kesalahan yang lalu,, semoga bisa membiasakan diri dengan hal-hal yang lebih baik dan bermanfaat #bertekad T_T!. Harus bisa.

Hal ini bisa dimulai dari aktivitas harian. Semisal mengganti kebiasaan banyaknya ngobrol dan bercanda di ruang tengah asrama dengan aktivitas membaca buku, tadabur ayat al-quran, atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga (beres-beres, nyuci, dkk). Bercanda memang kelihatannya enak, tapi… jika terlalu banyak bisa mematikan hati. *Di dinding ruang tengah asrama sebenarnya sudah ada tulisan pengingat “Ngobrol?! Udah 2 Juz belum?” tapi tetap saja kerap terabaikan… T_T*

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata : Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Janganlah kalian banyak tertawa, karena banyak tertawa akan mematikan hati.” (HR. At-Tirmizi no. 2227, Ibnu Majah no. 4183, & dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Al-Jami’ no. 7435)

#bertekad semoga Nisa bisa senantiasa memperbaiki dan meluruskan niat, memperbaiki kualitas ibadah, berakhlak yang baik (khususnya berlatih agar tetap berbuat baik kepada orang lain meski disakiti sebagaimana Abu Bakar Ash Shiddiq, “Jadilah seperti Pohon Kayu yang lebat buahnya,  tumbuh di tepi jalan, dilempar buahnya dengan batu, tetapi tetap dibalas dengan buah”), dsb..

Karena saya sangat menyadari kelemahan diri berupa “sebel jika orang lain terus-menerus salah paham hingga ujung-ujungnya terkesan menyalahkan meski sudah saya beri penjelasan tentang kondisi sesungguhnya, tentang kendala yang dihadapi, dan bagaimana seharusnya solusi dipikirkan bersama”. Dan selama 1 tahun belakangan ini saya merasa diuji dengan keadaan-keadaan yang memunculkan kelemahan tersebut.. Dan saya merasa belum lulus ujian.

Lalu di bulan syawal ini, saya mengalami sekelumit kejadian yang secara tak langsung menjadi nasihat yang mendalam dan sangat mengena di hati. ^___^

Hm, iya. Betul juga. Tak perlu risau atas prasangka orang lain. Ingatlah kesalahan pribadi yang dilakukan pada orang lain, tapi segera lupakan kesalahan orang lain pada diri sendiri. Sebaliknya, ingatlah kebaikan orang lain dan segera lupakan kebaikan diri sendiri. Dan jangan marah, Nisa.. Memaafkan dan bersabar adalah jauh lebih baik..

Astaghfirullahal’adziim.. Seharusnya saya bersyukur atas koreksi yang disampaikan oleh rekan-rekan dalam beramanah, itu berarti bentuk perhatian agar saya bisa menjalankan amanah dengan lebih baik. Kelak amanah akan dipertanggungjawabkan di hari akhir😥 waduh.. seharusnya saya enggak boleh sebel dan kudu berusaha memperbaiki kekurangan, meski kendala menerjang… #muhasabah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, bahwa ada seorang laki-laki berkata kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam: “Berilah wasiat kepadaku”. Sabda Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Janganlah engkau marah”. Maka diulanginya permintaan itu beberapa kali. Sabda beliau: “Janganlah engkau marah”.(HR. al-Bukhari)

Sahabat Nabi Ibnu Umar radhiyallaahu ‘anhu berkata : Tidak ada luapan yang lebih besar pahalanya di sisi Allah selain daripada luapan kemarahan yang ditahan oleh seseorang hamba demi menggapai wajah Allah (riwayat al-Bukhari dalam Adabul Mufrad)

Bismillah…  #bertekad #berubah #menjadilebihbaik. Syawal bulan peningkatan ^__^/


9 responses to “#bertekad

  1. rangtalu says:

    ha, saya turut serta “membakar” semoga makin semangat..

    *) komen ini sudah basi, sepertinya😀

    Like

  2. wi3nd says:

    semangaaat..!!!

    bulatkan tekad mari kita sama sama belajar menjadi pribadi yang lebih sabar,ikhlas dan husnuzon🙂
    **itu juga berlaku buat saya de

    Like

  3. rusydi hikmawan says:

    sukur tersadar sy di sini. memang harus terus berusaha menjadi lebih baik, bertekad memperbaiki diri terus menerus

    Like

  4. hlga says:

    mantap quotenya yang pertama
    ternyata sabar itu cakupannya luas ya
    gak cuma asal nahan marah doang

    yang jelas kalo pas marah langsung aja wudhu
    ini yang saya tau selama ini sih
    hehehe

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: