. . . menCOBA menCARI deDAUNan yang berSERAKan . . .

… tempatku belajar banyak hal …

Oleh-Oleh dari Rumah Gurunda

on 26 January 2014

Beragam hikmah bisa dipetik dari sebuah perjalanan, apalagi usai silaturrahim ke rumah para gurunda…🙂. Oleh-oleh sepulang dari rumah 3 asatidz penghafal Al-Quran,,

.: Ustadz Maknun :.

Sore itu saya dan teman-teman asrama PQA berkunjung ke rumah Ustadz Baidlun Maknun di Sukolilo Surabaya, pembina program ITS menghafal. Kami bertanya tentang kisah perjalanan menghafal beliau dahulu. Lulus dari SD beliau langsung menghafal Al-Quran dengan tanpa bersekolah SMP dan SMA. Namun, beliau tetap bisa berkuliah (mungkin beasiswa untuk penghafal Quran) dan kini telah menyelesaikan studi magisternya. Tak hanya mahasiswa, rupanya beliau juga kerap mengajar tahsin pada dosen dan pejabat kampus. MasyaAllah, luar biasa ya. “Ya kaya gini kalau punya ilmu yang bermanfaat, ngalir terus ya kemanfaatannya untuk ummat”, pikir saya.

Pesan beliau tentang menghafal Al-Quran, “yang terpenting adalah keistiqomahan..” #makjlebb.

.: Ustadzah Miya :.

Saya bersama Mbak Halimah dan Dek Aim bersilaturrahim ke rumah Ustadzah Miya di Jombang pada 1 muharram 1435 Hijriyah lalu. Malam harinya diajak, paginya berangkat. Sebelum berangkat ada syuro BPH Janur 13, lalu capcus ke Jombang dalam keadaan perut yang cuma terganjal, artinya belum sarapan berat. Alhasil mabuk perjalanan ~__~.

Lama tidak bersua dengan beliau.. Seorang hafidzah yang pernah menjadi pengajar program tahfidz di Masjid Asy Syifa. Kata beliau, “Mbak Nisa ini yang dulu suka menghilang..”.😦 Saya dulu sering gak masuk, bahkan dalam hitungan berbulan-bulan. Sedikiiitt sekali ayat yang bisa saya pertahankan hafalannya…..

Alhamdulillah, saat berjumpa kami memperoleh nasihat dan motivasi. Luangkan waktu, sekali duduk kalau bisa “langsung jadi” hafalannya minimal satu halaman. Nanti kalau sudah terbiasa, insyaAllah seminggu lima halaman itu mudah…  #makjlebb. Di hari libur, beliau dan suami biasa murajaah bersama, dari pagi sampai siang sebanyak 10 juz. ^__^ luar biasa,,

.: Ustadz Ali Ridho :.

Kali ini dengan lebih banyak santri program tahsin dan tahfidz, juga bersama Ustadzah Romlah, kami berkunjung ke rumah Ustadz Ali. Saat itu bersamaan dengan momen pasca lahirnya anak beliau yang ketiga. Setelah bertanya kabar, seperti biasa kami meminta taujih. Hehe…

Setiap diri kita pasti memiliki cita-cita, baik yang sifatnya dunia maupun akhirat. Namun, posisi pencapaian dari setiap cita-cita adalah berbeda. Tingkatan cita-cita tersebut meliputi :

Pertama, daairotun amal. Yakni hanya “ingin” tetapi tidak jelas upaya nya. Katanya ingin menghafal Al-Quran tapi hanya ingin-ingin saja..

Kedua, daairotul ‘azam. Yaitu sudah bertekad kuat dan sudah mulai mencari-cari cara untuk mencapainya. Kalau ingin menghafal, sudah mulai bergabung di program pembinaan tahfidz..

Ketiga, daairotul ‘amal. Seseorang sudah memulai pencapaian cita-citanya. Sudah mulai setoran hafalan, misalnya. Namun, banyak orang yang terhenti pada tingkatan ini. Ada yang baru dapat 5 juz sudah berhenti, teman Ustadz Ali ada yang sudah hafal 20 juz kemudian berhenti. “Hingga sembilan tahun berpisah lalu saat bertemu kembali ternyata hafalannya tidak bertambah.”

Keempat, daairotul istiqomah. Yaitu seseorang menjaga kelanggengan amalnya🙂. Jika sudah hafal 30 juz ya terus dijaga…

Jadiii…. di manakah letak posisi cita-citamu, Nisa? T________T

cita-citakuu


8 responses to “Oleh-Oleh dari Rumah Gurunda

  1. wi3nd says:

    odoj aja belum apalagi murajah😦
    suka iri kalo liat yang pada murajah, ini aja disuruh ngapalin jus 30 belum apal apal juga dik..😦

    semangat semangat abis itu mandek maning

    Like

  2. sunarno2010 says:

    untuk menghafal belum bisa istiqomah, odoj dululah, nanti pelan-pelan memantapkan ke arah sana, doakan semoga masih diberi waktu dan kesempatan

    Like

  3. titintitan says:

    kamu dimna, Tin posisinya? T.T

    Like

  4. Cenya95 says:

    Assalamualaikum,
    Salam IBSN, Sudah lama tak mampir ke sini. Ternyata masih eksis… Luar biasa… masih menjaga konsistensi ngeblog.
    “4 jempol.com”

    btw, Nisa sudah hapal brapa jus?
    Salam untuk keluarga dari Batavia.

    Like

    • Nisa says:

      Wa’alaikumsalam warohmatullah wabarokatuh pak ^__^

      alhamdulillah.. meski udah gak sesering dan serame dulu, hehe..

      nisa baru sedikit sekali pak,, T_T

      dari Jayakarta melesat ke Malang,, terima kasih sudah mampir njih..🙂, salam silaturrahim..

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: